Kapan Waktu Anak Boleh Punya HP Sendiri?

Jangan asal memberikan handphone kepada anak, ini waktu yang direkomendasikan atau boleh saat buah hati punya HP sendiri.

JEDA.ID — Kapan waktu yang tepat untuk anak boleh HP sendiri? Pertanyaan tersebut pastinya kerap muncul di benak orang tua.

Seperti yang diketahui, anak kecil memegang handphone atau HP sudah bukan lagi hal asing bagi orang tua.

Jarang Terekspos! 5 Artis Ini Ternyata Punya Suami Polisi Lho

Bagi beberapa orang tua, HP menjadi salah satu solusi untuk membuat si kecil tenang dan diam sehingga Anda bisa leluasa untuk melakukan sesuatu.

Namun, Anda sebagai orang tua harus waspada karena anak yang terlalu sering bermain handphone bisa berdampak buruk terhadap perkembangannya.

Gangguan Kecemasan Melanda? Tenang, Lakukan Ini

Jika takut dengan efeknya, sebenarnya waktu kapan sih anak boleh punya HP sendiri?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, Pamela Rutledge mengatakan tidak ada patokan khusus untuk memberikan HP kepada anak.

Oalah, Segini To Biaya Bikin Plat Nomor Cantik

“Pertanyaan sebenarnya adalah, ‘untuk apa HP itu?’ Tidak pada usia berapa anak itu menggunakannnya,” ujar Pamela dilansir Detik.com, 2017 silam.

Bukan usia yang menjadi paramater melainkan aktivitas yang sudah dikenali oleh anak. Pamela mencontohkan anak yang sudah boleh punya HP sendiri, yaitu ketika sudah aktif berolahraga.

Dear Ortu, Begini Cara Membuat Anak Bahagia Selama Di Rumah Saja Ala Kak Seto

tiktok paedofil

Ilustrasi anak main HP (FreepiK)

“Jika anak aktif berolahraga, dan di sana banyak sekali logistik serta emergency. Maka, itu adalah alasan yang dapat diterima,” tambah dia.

Anak yang Mandiri

Senada dengan Pamela, Editor Media di San Fransisco, Amerika Serikat, Caroline Knorr mengatakan kematangan dan kemampuan anak dalam bertanggung jawab jauh lebih penting dibandingkan dengan usia berapa anak itu punya HP sendiri.

Caroline menjelaskan jika anak Anda sudah lebih mandiri, biasanya duduk di bangku SMP maupun SMA, sang anak sudah siap untuk punya HP sendiri.

Efek Makan Telur Berlebihan Bikin Bisulan, Benar Enggak Ya?

Tingkat kemandirian anak bisa dikenali melalui beberapa pertanyaan berikut ini.

“Apakah anak Anda kehilangan barang-barangnya? Apakah ia biasanya seorang anak yang bertanggung jawab? Dapatkah Anda percaya padanya? Apakah dia mengerti bagaimana menggunakan HP dengan aman? Tingkat kedewasaan anak-anak bervariasi. Bahkan, akan berada di antara saudara kandungnya,” jelas Director of Training in Physology, NYU Child.

Bangga Ketika Batik Jadi Warisan Dunia

Evans juga menilai anak-anak yang boleh punya HP sendiri adalah ketika dia berpergian sendirian tanpa ditemani orang tua maupun kakak adiknya.

Ini Dia Tips Agar Hasil Foto KTP Terlihat Bagus

Lakukan Persiapan Kehamilan dengan 4 Langkah Ini

Tips Parenting Bermanfaat

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.