Jangan Bekerja di Tempat Tidur, Ini Efek Buruknya

Sebagian orang memilih bekerja di tempat tidur ketika merasa lelah atau bosan saat work from home (WFH). Namun hal ini bisa berdampak buruk.

JEDA.ID– Sebagian orang memilih bekerja di tempat tidur ketika merasa lelah atau bosan saat work from home (WFH). Namun sebaiknya Anda tak melakukannya karena ini bisa memengaruhi kesehatan.

“Saya tidak akan merekomendasikan [bekerja di tempat tidur] dan saya akan berusaha menghindarinya dengan cara apa pun karena akan ada banyak konsekuensi negatif yang menyertainya,” terapis chiropratic Andrew Bang seperti dilansir dari Medical Daily, Selasa (21/7/2020).

Bekerja dari tempat tidur salah satunya bisa berdampak pada postur dan bahkan mengganggu siklus tidur Anda.

Mengacaukan Mode Tidur

Harvard Healthy Sleep mengatakan, ketika seseorang secara teratur bekerja dari tempat tidur, tubuhnya bisa mulai mengasosiasikan tempat tidur dengan pekerjaan, mengacaukan mode tidur dengan mode kerja, dan membuatnya lebih sulit untuk tidur nyenyak atau mengikuti pola tidur yang baik.

Di sisi lain, ketika Anda bekerja di tempat tidur, maka akan cenderung mencari posisi yang memungkinkan bisa bekerja dan bersantai pada saat yang sama. Ini bukan ide yang baik karena beberapa posisi dapat menyebabkan rasa sakit dan sakit dalam jangka panjang.

“Ergonomi yang tepat dari ruang kerja Anda harus selalu memiliki tulang belakang Anda dalam posisi netral mungkin. Pengaturan Anda harus selalu memastikan kepala, lengan dan punggung Anda berada di posisi netral yang tepat dan Anda harus memasukkan gerakan sepanjang hari,” jelas Bang.

Menurut dia, posisi terbaik untuk bekerja di tempat tidur yakni punggung tak bersandar ke kepala tempat tidur atau dinding. Dia tak menyarankan menggunakan bantal karena dapat menyebabkan otot leher melendung.

Jenis Sepeda Paling Dicari dan Waktu yang Tepat Bersepeda

Memengaruhi Tulang Belakang

Penelitian menunjukkan bekerja dari tempat tidur berdampak negatif pada kesehatan Anda, salah satunya karena kecenderungan membungkuk dan ini bisa mempengaruhi tulang belakang.

Konsultan sendi dan ahli tulang belakang dari Fortis Hospital, Kalyan & Mulund di India, Dr. Raghavendra KS, seperti dilansir Indian Express tak menyarankan Anda bekerja dari atas tempat tidur.

“Kami tidak menganjurkan duduk di tempat tidur saat bekerja menggunakan laptop Anda atau membaca buku. Anda cenderung membungkuk dan ini buruk untuk tulang belakang,” kata dia seperti dilansir Antara.

Anda bisa mengalami kejang otot, sakit punggung atau sakit kaki dan duduk dalam posisi yang sama terus-menerus mungkin membuat Anda mengalami slipped disc atau saraf terjepit.

Kondisi ini tak lain terjadi saat bantalan tulang robek sehingga gel di dalamnya bergeser (herniasi), menyebabkan gel menekan akar saraf. Akibatnya, muncul rasa sakit dan mati rasa di tubuh.

Indonesia Jadi Nomor 3 di Dunia Kasus Terbanyak, Ini Fakta-Fakta Tuberkulosis

Alasan lain

Bekerja dari tempat tidur cenderung mengaburkan batas antara bekerja dan tidur. Ini juga berhubungan dengan bagaimana otak mengaitkan lokasi dengan perilaku tertentu danduduk di tempat tidur sambil bekerja juga dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, kata psikolog Charlotte Armitage.

Dia dalam sebuah wawancara dengan metro.co.uk mengatakan idealnya, seseorang harus menggunakan tempat tertentu di rumah untuk bekerja dan sebaiknya ada sebuah meja di sana. Tempat tidur diperuntukan untuk tidur.

Jika Terpaksa Bekerja di Tempat Tidur, Lakukan Cara Ini

Menurut Raghavendra, selain sulit tidur, sangat umum jika orang mengalami nyeri leher dan bahu. Otot-otot tidak mendapatkan kesempatan untuk rileks dan menyebabkan kontraktur dan pada akhirnya Anda akan sulit tidur, menurut

Namun, jika terpaksa bekerja di atas tempat tidur, pastikan Anda duduk tegak.

“Letak laptop harus dijaga agar tetap sejajar dengan kepala Anda sehingga Anda tidak menekuk leher Anda. Idealnya, kepala, leher, dan tulang belakang harus berupa garis lurus,: tutur Raghavendra.

Usahakan agar kaki Anda lurus atau tekuk lutut sebentar saja. Sebaiknya jangan duduk dalam posisi yang sama terlalu lama.

Bergerak lah, misalnya berjalan selama lima menit dan meregangkan tubuh Anda sebelum melanjutkan bekerja. Latihan ringan selama 30 menit di pagi dan sore hari juga dianjurkan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.