Intip Keunggulan Android yang Bisa Bikin Iri Pengguna iPhone

Dunia telepon genggam saat ini didominasi atau dikuasai oleh dua sistem operasi, yaitu Android dan iOS. Ada beberapa keunggulan Android dibanding iPhone.

JEDA.ID — Dunia telepon genggam saat ini didominasi atau dikuasai oleh dua sistem operasi, yaitu Android dan iOS. Banyak beredar merek ponsel Android saat ini yang juga setara dengan banyaknya pengguna OS.

Di Indonesia sendiri pasar Android didominasi oleh pabrik Korea dan China. Sedangkan iOS hanya khusus digunakan untuk menawarkan Iphone milik vendor terkenal Apple.

Baik Android maupun iPhone, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kebanyakan orang bahkan mengatakan bahwa perangkat hasil rakitan Apple lebih superior dibandingkan Android.

Namun sebenarnya dari segi pengguna pun, Android lebih unggul. Google mengatakan terdapat 2,5 miliar pengguna hingga tahun 2019. Sedangkan jumlah pengguna iPhone hanya mencapai 700 juta, menurut data dari Fortune.com.

Selain dari segi kuantitas, sebenarnya masih ada keunggulan lain dari perangkat Android yang tidak dimiliki iPhone. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Liputan6 dan berbagai sumber.

Mendominasi Layanan Musik Streaming, Ini Kiat Maksimalkan Spotify Premium

Lebih Fleksibel

Keunggulan utama dari Android adalah sistemnya yang lebih fleksibel untuk dimodifikasi. Salah satunya adalah melalui kemampuannya untuk dipasangi aplikasi dari luar Play Store. Sedangkan jika menggunakan Iphone, Anda tidak akan bisa melakukannya.

 Pilihan aplikasi yang beragam di Play Store

Apple terkenal lebih ketat dalam menyeleksi aplikasi. Dilansir dari Statista jumlah aplikasi di App Store mencapai 1,96 juta. Sedangkan di Play Store jumlahnya hampir dua kali lipat, yaitu 3,5 juta. Ini yang membuat Android menempati peringkat pertama dalam metrik tersebut.

Selain itu, bagi pengguna iPhone juga harus membeli setiap aplikasi yang diinginkan di Istore. Jadi, apabila Anda termasuk orang yang perhitungan, maka Android adalah pilihan yang tepat sekaligus lebih hemat.

Bisa melakukan multitasking dengan Android

Bagi Anda yang cukup sibuk, sehingga sangat memrlukan fitur multitasking karena dapat melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang sama. Misalnya mengetikkan catatan sambil browsing. Android merupakan sistem operasi yang cocok serta dapat melakukan kegiatan tersebut.

Baterai bisa dilepas

Kebanyakan smartphone Android tidak mengadopsi desain unibody seperi iPhone. Mayoritas smartphone Android memiliki cover bagian belakang yang bisa dibuka, dan baterainya bisa dilepas.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan baterai berkapasitas lebih besar yang kini banyak dijual di pasaran. Selain itu, proses pencabutan baterai juga dapat berfungsi sebagai jalan keluar ketika smartphone mengalami hang (hard restart).

Peneliti Klaim Ciptakan Filter Udara yang Bisa Bunuh Virus Corona, Seberapa Efektif?

Universal charger

Smartphone Android apapun (mayoritas) menggunakan konektivitas micro USB untuk melakukan proses isi ulang daya (charging) dan transfer data.

Artinya, pengguna Android tak pernah khawatir bila charger mereka tidak terbawa. Sebab, konektivitas micro USB digunakan oleh hampir seluruh jenis perangkat elektronik yang menggunakan baterai isi ulang. Berbeda dengan iPhone yang mengusung konektivitas khusus USB Lightning Bolt.

Memori eksternal

iPhone selalu terbatas dengan kapasitas memori yang tidak dapat diekspansi. Berbeda dengan mayoritas smartphone Android yang menyediakan slot memori eksternal micro SD.

Hal ini memberikan banyak keuntungan bagi pengguna karena dapat menyimpan lebih banyak data di perangkat Android mereka.

Quick setting

Smartphone bersistem operasi Android dibekali segudang fitur quick setting. Swipe layar dari atas ke bawah, dan Anda akan menemukan berbagai short cut navigasi setting yang mengefisiensikan penggunaan. Berbeda dengan antarmuka iPhone yang kaku.

Remote kontrol

Ini adalah fitur yang sangat fungsional yang ditawarkan oleh banyak smartphone Android. Beberapa smartphone Android besuatan Samsung, LG, HTC dan beberapa lainnya telah dibekali dengan fitur remote kontrol universial.

Yang artinya smartphone Android Anda dapat berfungsi sebagai remote TV, AC, dan perangkat elektronik lainnya.

Itulah beberapa keunggulan Android dibandingkan iPhone. Nah, sekarang tinggal keputusan Anda mau pilih yang mana?

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.