Intip Fitur-Fitur Baru Whatsapp, Apa Saja ?

Layanan messanging, Whatsapp terus melakukan pengembangan-pengembangan yang bisa memanjakan para penggunanya. 

JEDA.ID — Layanan messanging, Whatsapp terus melakukan pengembangan-pengembangan yang bisa memanjakan para penggunanya.

Whatsapp merupakan aplikasi messanging atau berbagi pesan yang dimiliki oleh Facebook.Inc. Dilansir dari nextren.grid.id, sejak 2014 hingga kini, Whatsapp telah memiliki sekitar dua miliar pengguna di seluruh dunia.

Hal tersebut tidak lain karena tampilan sederhana yang memudahkan penggunanya untuk mengakses aplikasi tersebut. Saat ini aplikasi Whatsapp terbilang sudah cukup baik dengan adanya fitur baru yang sudah diterapkan.

Fitur baru tersebut misalnya opsi mode gelap, desain baru pada fitur penggunaan penyimpanan, penghapus pesan dengan pengecualian, dan integrasi Sharechat. Namun tampaknya Whatsapp belum puas dan terus melakukan pengembangan-pengembangan fitur pada aplikasinya.

Seperti dilansir dari WEBtainfo dalam nextren.grid.id, fitur-fitur yang sedang dalam tahap uji coba itu pun nantinya diproyeksikan untuk para pengguna Android dan iOS.

Ini dia fitur-fitur baru Whatsapp yang paling ditunggu pengguna.

Disebut Bangkrut Dihantam Pandemi, Ini Fakta-Fakta Victoria’s Secret

1. Mencari Pesan Sesuai Tanggal

Dalam fitur ini, Whatsapp akan memungkinkan penggunanya mencari riwayat percakapan pesan lama menggunakan tanggal. Dari tangkapan layar di WEBtainfo, terlihat adanya logo kalender yang berada di atas keyboard.

“Search by date” atau fitur yang sedang dikembangakan oleh Whatsapp ini akan memberi opsi yang lebih advanced, dibandingkan dengan itur yang sudah ada saat ini.

Fitur ini dirancang untuk melakukan pencarian di dalam chat, bukan pencarian yang lebih universal. Fitur tersebut saat ini masih berada dalam tahap alpha.

2.Pengaturan Penyimpanan

Akibat besarnya memori yang digunakan oleh pengguna terhadap perilaku penggunaan aplikasi Whatsapp yang semakin tinggi, perusahaan tersebut mengembangkan fitur yang bernama “Storage Use”.

Fitur ini disebut memungkinkan pengguna untuk menyortir file-file berukuran besar. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan menu “Forward Files” untuk melihat deretan pesan yag sduah pernah diteruskan kepada pengguna lain.

Akan ada opsi “Sort” yang dapat digunakan untuk mengurutkan foto yang diterima. Pengguna dapat mengurutkannya mulai dari tanggal terlama, ataupun diurutkan berdasarkan ukuran file.

Fitur tersebut dikembangkan oleh Whatsapp untuk memberikan akses pembersih memori yang lebih mudah dan cepat untuk pengguna.

3. Stiker Animasi

Fitur ini sudah disiapkan cukup lama dan kini WhatsApp mengupdate sejumlah pembaruan versi Beta. Dikutip dari WABetaInfo, paket stiker animasi ini nantinya ditambahkan ke tab stiker yang sudah ada di aplikasi.

Pengguna bisa mulai mendownload dan menggunakan pack stiker animasi ini. Kalau belum melihat pack stiker animasi di WhatsApp Store, artinya fitur tersebut belum tersedia tidak siap untuk kalian. Tapi, kalian bisa mendownload seluruh pack jika ada yang mengirimkan sticker animasi kepada kalian.

Jadi, pengguna bisa dengan mudah meneruskan (forward) stiker animasi ini ke kontak lain, sama seperti meneruskan stiker biasa dan GIF.

Berani Mencoba Makanan Termahal Ini? Dompet Auto Tipis!

4. QR codes

Ini adalah fitur baru yang sangat memudahkan ketika kita akan menambahkan kontak seseorang. Tak perlu lagi meminta nomor telepon seseorang setiap kali ingin menambahkan kontak baru ke daftar chat WhatsApp. Dengan QR codes, kalian hanya perlu memindai (scan) dan menyimpan (save) nomor orang lain untuk dimasukkan dalam daftar kontak.

3. Dark mode di WhatsApp web dan desktop

Setelah dihadirkan di Android dan iOS, fitur dark mode kini merambah versi desktop dan WhatsApp web. Pengguna WhatsApp di desktop pun bisa merasakan kenyamanan mata ketika harus berlama-lama menggunakan layanan chat tersebut.

5. Peningkatan kualitas video call

Dengan banyaknya orang-orang bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19, kebutuhan akan video call meningkat. Fitur baru WhatsApp pun menjawab kebutuhan ini dengan memperbarui kualitas layanan video call baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun penggunaan pribadi.

Dengan update terbarunya nanti, kalian bisa memaksimalkan video kontak tertentu menjadi layar penuh dengan hanya menyentuh (tap) panggilan dari orang tersebut.

 

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.