Tutup Iklan

Ini Hasil Pencarian Puing Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Tim penyelam TNI AL kembali mengevakuasi serpihan pesawat dan barang-barang diduga milik penumpang Sriwijaya Air SJ182.

JEDA.ID-Pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu memasuki hari kedua, Senin (11/1/2021). Sejumlah serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 hingga bagian tubuh korban ditemukan tim gabungan dalam evakuasi kali ini.

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB. Pesawat hilang kontak setelah 4 menit mengudara.

Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit. Pesawat tersebut mengangkut 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang (40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi) serta 12 kru.

7 Mitos Covid-19 Ini Dipatahkan WHO, Apa Sajakah?

Berikut temuan dari evakuasi di hari kedua seperti dikutip dari detikcom, Senin (11/1/2021):

1. Benda Mirip Roda-Nomor Tempat Duduk Sriwijaya Air

Tim gabungan dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) menemukan serpihan diduga pesawat Sriwijaya Air SJ182 di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Temuan itu berupa benda diduga mirip roda pesawat hingga nomor tempat duduk.

“Tepat pukul 09.30 WIB penemuan serpihan pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta Pontianak yang hilang kontak pada hari Sabtu tanggal 09 Januari 2021 tersebut berupa Plat besi berukuran panjang kurang lebih 3 meter di kedalaman 16 meter,” dalam akun Instagram Marinir TNI AL, Minggu (10/1/2021). Informasi ini juga dibenarkan oleh Humas Marinir.

Peneliti Selidiki Penyebab Planet Mars Bergoyang Misterius

Penemuan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 itu disaksikan langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Asop Dankormar Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Asop Danpasmar 1 Kolonel Danuri, dan Koorsmin Dankormar Letkol Marinir Bambang. Dari foto yang diterima detikcom, ada juga nomor tempat duduk 21 yang ditemukan petugas.

“Kemudian pada pukul 10.05 WIB ditemukan serpihan bodi pesawat, serpihan mesin pesawat, dan hidrolik kabin penumpang,” sambungnya

2. Baju Anak-anak Warna Pink

Proses evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 masih terus berlangsung. Tim evakuasi menemukan baju anak-anak berwarna pink.

Pantauan di Terminal JICT 2, Jakarta Utara, Minggu (10/1), KRI Kurau yang ikut proses evakuasi merapat membawa sejumlah temuan. Tim DVI Polri kemudian mengambil baju pink ukuran anak-anak.

“Setelah memeriksakan barang yang diserahkan KRI Kurau, kami mengambil properti berupa baju anak-anak warna pink,” kata Kasubdit Dokpol Bidokkes Polda Metro Jaya Kompol Asep Yunardi.

3. TNI AU Temukan Tumpahan Minyak di Laut

TNI Angkatan Udara (AU) melakukan patroli udara untuk mencari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Dalam penelusuran via udara, sejauh ini temuan yang signifikan adalah berupa tumpahan minyak.

Fenomena Munculnya Influencer Saham, Sikapi dengan Bijak

TNI AU melakukan patroli udara bersama awak media menggunakan pesawat CN A 2904. Kapten Gilang S Pranajaya selaku pilot pesawat mengungkap tumpahan minyak sebagai temuan yang paling signifikan.

“Saat kita terbang dengan ketinggian rendah 500 feet di atas permukaan laut kita dapat melihat rekan AL dan penyelamnya sudah mulai melakukan pencarian. Kemudian ada beberapa hal yang signifikan sekitar lokasi area itu ditemukan tumpahan-tumpahan minyak terlihat jelas sehingga itu semakin meyakinkan lokasi tempat jatuhnya Sriwijaya SJ182,” kata Gilang di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (10/1).

4. Posisi Diduga Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan perkembangan upaya evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Black box Sriwijaya Air SJ182 ini sudah diberi marking.

“Teman-teman dari TNI dan Basarnas, termasuk stakeholder TNI dan Polri juga, saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari,” kata Marsekal Hadi dalam konferensi pers di JICT 2, Jakarta, Minggu .

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Rambut yang Jarang Diketahui

“Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang sudah kita beri marking,” imbuh Panglima TNI.

Panglima TNI menyatakan black box Sriwijaya Air SJ182 tersebut ada kemungkinan segera bisa diangkat. Jika sudah ditemukan dan diangkat, black box akan diserahkan ke KNKT.

5. 15 Serpihan Diduga Pesawat Sriwijaya Air SJ182 dan 5 Kaus Dievakuasi

Tim penyelam TNI AL kembali mengevakuasi serpihan pesawat dan barang-barang diduga milik penumpang Sriwijaya Air SJ182. Ada 15 serpihan dan 5 potong kaus yang berhasil dievakuasi tim penyelam TNI AL.

“Saya komandan KRI Tjiptadi malam ini telah membawa beberapa serpihan dan beberapa potong pakaian dari lokasi jatuhnya pesawat. Di mana barang-barang yang kami adalah hasil penyelaman dari tim gabungan penyelam TNI AL,” kata Komandan KRI Tjiptadi Letkol Laut (P) Ricky Intriadi, saat konferensi pers, di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1).

Serpihan dan barang-barang tersebut dibawa oleh KRI Tjiptadi ke JICT II. Kemudian 15 serpihan dan 5 potong pakaian diserahkan ke Basarnas.

Memakai Kaus Kaki Basah Bermanfaat untuk Kesehatan? Ini Faktanya

“Kami sebagai KRI membawa dari lokasi menuju JICT untuk diserahkan kepada Basarnas. Adapun jumlah serpihan 15 potong dan pakaian 5 buah selanjutnya kami serahkan kepada Basarnas,” ujar Ricky.

6. Ada 16 Potongan Besar Pesawat Sriwijaya

Tim gabungan berhasil mengumpulkan puluhan kantong di lokasi pencarian, Kepulauan Seribu. Puluhan kantong itu berisi serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 hingga potongan tubuh manusia.

“Dari kegiatan hari ini hingga pukul 19.20 WIB tadi, Kami sudah mendapatkan 10 kantong berisi serpihan atau potongan dari badan pesawat, 16 bagian atau potongan besar, 10 kantong jenazah yang berisi bagian dari korban dan 5 potong pakaian,” kata Kabasarnas, Marsdya Bagus Puruhito, di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

7. Turbin Pesawat Sriwijaya Air Tiba di JICT II

Tim gabungan berhasil mengevakuasi turbin pesawat Sriwijaya Air SJ182. Turbin itu dibawa ke Pelabuhan JICT II menggunakan KRI Cucut.

Turbin tiba di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1) pukul 22.10 WIB. Komandan KRI Cucut, Mayor Laut Orri Ronsumbre, mengatakan turbin ditemukan di sekitar KRI Rigel.

“Turbin ini ditemukan di sekitar KRI Rigel dengan sonar 3 dimensi,” kata Orri, dalam keterangan tertulisnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.