Jumlah Kecelakaan Pesawat Tertinggi Terjadi Di Negara Ini

Kecelakaan pesawat terbanyak yang dihitung sejak 1945 hingga saat ini.

JEDA.ID—Kecelakaan pesawat di Indonesia menjadi sorotan dan menjadikan RI  sebagai salah satu yang terburuk di dunia karena tingkat keamanan dan keselamatan yang ‘diragukan’. Ada sejumlah negara dengan jumlah kecelakaan pesawat tertinggi di dunia.

Tips teknologi kali ini membahas negara mana saja yang memiliki angka kecelakaan pesawat tertinggi di dunia, simak ulasannya. Namun, tahukah Anda bahwasanya bisnis penerbangan Indonesia bukanlah yang terburuk di dunia jika dilihat dari angka kecelakaan pesawat yang berakibat kepada kematian penumpang dan awak pesawat?

Seperti dilansir dari https://aviation-safety.net/ dan bisnis.com, kecelakaan pesawat terbanyak yang dihitung sejak 1945 hingga saat ini terjadi di Amerika Serikat dengan jumlah 860 kecelakaan yang mengakibatkan 10.820 korban meninggal dunia.

Obat Radang Sendi Jepang Diklaim Efektif Atasi Corona

Urutan kedua ditempati Rusia dengan 630 kecelakaan yang mengakibatkan 8.418 korban meninggal. Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedelapan sebagai negara yang mencatat kecelakaan pesawat terbang sebanyak 104 kejadian yang menewaskan 2.301 korban meninggal.

AP News menyebut catatan aviasi Indonesia termasuk yang paling parah di Asia berdasarkan data dari Aviation Safety Network. Meski demikian, industri penerbangan Indonesia juga disebut sudah semakin baik ketimbang sebelumnya.

Dan berikut ini daftar penyebab kecelakaan pesawat yang paling sering berdasarkan laporan The National Law Review dan dari Liputan6.com, Selasa (12/1/2021):

1. Pilot Error

Pilot error berarti adanya aksi, keputusan, serta kegagalan membuat keputusan yang dilakukan pilot, dan kemudian hal itu menyebabkan kecelakaan.

Sering Duduk Terlalu Lama? Ini 6 Pilihan Olahraga yang Tepat

Apa penyebabnya? Kejadian itu bisa terjadi jika pelatihan buruk, kurang pengalaman, kelelahan, dan mabuk.

2. Kegagalan Mesin

Masalah mesin juga masuk ke daftar penyebab kecelakaan masyarakat yang paling sering. Pada 2015, The Conversation menyebut 20 persen kecelakaan pesawat adalah akibat masalah ini.

Salah satu contohnya adalah kecelakaan pesawat Japan Airlines 123 pada 1985. Saat itu, Boeing disebut salah dalam melakukan perbaikan.

3. Cuaca

Studi dari National Transportation Safety Board (NTSB) di Amerika Serikat menyebut lebih dari dua per tiga kecelakaan pesawat karena cuaca memiliki akibat yang fatal.

Kenali Tanda-Tanda Pandemic Fatigue, Apa saja?

Penyebabnya bisa dari microburst (angin turun), kabut, atau pesawat yang tertutup es.

Kecelakaan pesawat Delta Airlines 191 pada 1985 diakibatkan oleh microburst.

4. Sabotase

The Conversation menyebut 10 persen kejadian diakibatkan oleh sabotase.

5 Teknologi Pengaman di Pesawat Agar Penerbangan Selamat

Contoh peristiwa sabotase adalah peristiwa 911. Teroris Al-Qaeda melakukan sabotase di pesawat American Airline dan United Airlines, kemudian menabrakannya ke gedung World Trade Center.

Ribuan orang tewas akibat peristiwa itu.

5. Human Error Lainnya

Menerbangkan pesawat adalah hal yang kompleks. Selain pilot, da petugas di air traffic controllers, dispatchers loaders, dan insinyur untuk maintenance.

Pada 1990, windscreen di pesawat British Airways pecah. Akibatnya, kapten pesawat nyaris terbawa keluar angin, beruntung kakinya bisa ditahan seorang pramugara.

Pesawat berhasil mendarat dengan selamat. Peristiwa itu dianggap sebagai keajaiban.

Ternyata, ada kesalahan dalam pemasagan baut di windscreen tersebut. Setelah diinvestigasi, petugas yang memasang ternyata kurang tidur sehingga melakukan kesalahan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.