Ini Harga Batu Meteor Termahal di Dunia

Harga batu meteor sangat beragam. Harga batu meteor bisa sangat fantastis dan bikin berdecak kagum.

JEDA.ID-Harga batu meteor bisa mencapai ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Belum lama ini, seorang pria asal Sumut, Joshua Hutagalung, dapat rezeki nomplok. Dia sukses meraup cuan lantaran harga batu meteor temuannya mencapai ratusan juta rupiah dan dibeli oleh ahli meteor dari Amerika Serikat.

Harga batu meteori itu tergolong fantastis bagi kita  yang baru mengetahui ternyata meteor laku dijual.  Sebetulnya, harga batu meteor bisa mencapai nilai fantastis lantaran ini merupakan batu langka.

Tapi, harga meteor termahal  bukanlah milik Joshua Hutagalung saja. Sejumlah batu luar angkasa itu, juga pernah dibanderol dengan harga miliaran rupiah bahkan hingga kuadriliun. Jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah batuan.

Penasaran dengan harga batu meteor termahal yang pernah ditawarkan di Bumi? Simak yuk ulasannya. Berikut ini harga batu meteor termahal di dunia seperti dikutip dari Bisnis.com, Kamis (19/11/2020):

1. Meteorit Fukang €1,7 juta atau sekitar Rp28 miliar

meteor fukang (istimewa)

meteor fukang (istimewa)

Meteorit ini merupakan pallasit yang terbuat dari besi-nikel yang di dalamnya terdapat kristal olivin (hijau). Penemuan yang sangat langka, karena para ilmuwan percaya bahwa hanya 1% dari semua meteorit yang jatuh di bumi adalah pallasit. Meteorit ini diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun, artinya batuan ini hampir seusia dengan planet kita atau lebih tua. Ditemukan pada tahun 2000 dan, seperti banyak meteorit, namanya diambil dari lokasi jatuhnya. Ini bukan hanya salah satu meteorit termahal di dunia, tetapi juga mungkin salah satu yang terindah.

Mau Lapor Hoaks Pilkada 2020? Ini Caranya

Meteorit benar-benar penemuan yang berharga karena batuan ini menjadi lebih mahal daripada emas dan tidak muncul setiap hari. Jika Anda sendiri adalah seorang kolektor meteorit sejati, datanglah ke pelelangan kami dan kagumi temuan luar biasa dalam lelang Meteorit mingguan kami. Atau daftar di sini untuk menjadi penjual dan dapatkan keuntungan dari penemuan Anda dengan menawarkannya untuk dilelang.

2. Meteorit Brenham €896.000 atau Rp14,78 miliar

meteor brenham (istimewa)

meteor brenham (istimewa)

Meteorit pallasit ‘berenda besi’ ini beratnya setengah ton dan bernilai € 896.000. Batu tersebut berbentuk seperti perisai dan ditemukan di Kansas pada tahun 2005. Kenikmatan memiliki meteorit terletak pada romantisme memiliki sesuatu yang bukan dari bumi itu sendiri dan bisa jadi salah satu benda tertua di alam semesta.

3. Meteorit Willamette €851.000 atau Rp14,04 miliar

Meteorit Willamette (istimewa)

Meteorit Willamette (istimewa)

Pada bulan Oktober 2007, pecahan meteorit bernilai jutaan euro ini ditawarkan untuk dijual di New York. Itu disumbangkan oleh American Museum of Natural History. Meteorit ini diyakini sebagai salah satu meteorit terbesar yang ditemukan di bumi. Ditemukan pada tahun 1902, beratnya lebih dari 16 ton saat ditemukan.

4. The Conception Junction Meteorite €724.000 Rp11,94 miliar

The Conception Junction Meteorite (istimewa)

The Conception Junction Meteorite (istimewa)

Para peneliti percaya bahwa meteorit ini pernah menjadi bagian dari asteroid yang mengorbit antara Mars dan Jupiter. Itu ditemukan pada tahun 2006 oleh seorang petani di Conception Junction Missouri. Universitas St. Louis mengidentifikasi batuan antariksa sebagai pallasite, dengan kristal olivin di dalamnya. Mereka ditaburkan di seluruh permukaan besi-nikel, seperti kepingan cokelat dalam kue!

5. Meteorit Mata Air €511.000 atau Rp8,43 miliar

meteor mata air (istimewa)

meteor mata air (istimewa)

Meteorit pallasit seberat 117 pon ini ditemukan di sebuah peternakan di Saskatchewan, Kanada pada tahun 1931. Diperkirakan berumur 4,5 miliar tahun dan mengandung mineral olivin dalam jumlah besar. Ketika diiris dan dipoles kristal olivin yang indah dapat terlihat jelas, sesuatu yang dapat membuat meteorit pallasite sangat diminati oleh para kolektor. Itu dibeli oleh Royal Ontario Museum di Toronto seharga € 511.000.’

6. Meteorit Mars Zagami €383.000 atau Rp6,3 miliar

Meteorit Mars Zagami (istimewa)

Meteorit Mars Zagami (istimewa)

Meteorit Mars Zagami mendarat di Nigeria pada tahun 1962. Potongan meteorit terbesar datang untuk dijual pada tahun 2006, dan bahkan sebelum dijual, planetarium dari seluruh dunia memohon kepada calon pembeli untuk menyediakannya kepada mereka dengan status pinjaman.

7. Meteorit Chelyabinsk €336.000 atau Rp5,54 miliar

Meteorit Chelyabinsk (istimewa)

Meteorit Chelyabinsk (istimewa)

Pada tahun 2013 sebuah meteor meledak di atas kota Chelyabinsk di Rusia. Batuan ini adalah satu-satunya meteorit yang melukai banyak manusia; lebih dari 1.500 orang membutuhkan perawatan medis hari itu.

5 Aplikasi Penghasil Cuan Cukup dari Rumah Saja, Mau Coba?

Kisah di balik meteorit juga penting ketika mempertimbangkan nilainya. Meteorit yang memiliki saksi ketika jatuh ke bumi, harganya bisa lebih tinggi. Oleh karena itu, keadaan jatuhnya telah menjamin nilai yang lebih besar untuk fragmen meteorit Chelyabinsk.

8. Meteorit Bulan Dar al Gani 1058 €281.000 atau Rp4,6 miliar

Meteorit Bulan Dar al Gani (Istimewa)

Meteorit Bulan Dar al Gani (Istimewa)

Meteorit bulan terbesar yang pernah dibuat tersedia di lelang, dengan berat 4 pon, ditemukan di Libya pada tahun 1998. Dampak meteor pada bulan mengeluarkan materi permukaan ke luar angkasa, yang terkadang dapat berakhir di Bumi . Tentu saja, batuan bulan juga datang ke bumi melalui misi luar angkasa, tetapi meteorit tersebut jatuh ke bumi dengan sendirinya.

9. Massa Utama Meteorit Zagami €278.000 atau Rp4,5 miliar

Meteorit Zagami mengkristal dari magma basaltik sekitar 175 juta tahun yang lalu dan hingga saat ini merupakan meteorit Mars terbesar yang ditemukan di Bumi. Pada tahun 1962, seorang petani di Zagami, Nigeria hampir disambar meteorit besar ini saat jatuh. Sebagian dari massa itu ditawarkan untuk dijual dan bernilai lebih dari € 278.000.

10. Meteorit Gibeon €280.000 atau Rp4,6 miliar

Meteorit Gibeon (Arizona Skies Meteorites)

Meteorit Gibeon (Arizona Skies Meteorites)

Meteorit metalik raksasa ini bukanlah meteorit biasa. Batu antariksa digambarkan sebagai kemiripan dunia lain dengan lukisan terkenal Edvard Munch ‘The Scream’. Meteorit itu ditemukan di tepi gurun Kalahari di Afrika Selatan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.