Hindari Menyantap Makanan Ini Sehabis Olahraga

Ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak kita santap sehabis olahraga. Makanan apa saja yang sebaiknya tidak kita santap sehabis olahraga?

JEDA.ID-Hindari menyantap sejumlah makanan sehabis olahraga. Kenapa kita harus menghindari menyantap makanan tertentu sehabis olahraga? Ada alasannya. Yuk kita kulik.

Sehabis olahraga, tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk mengembalikan energi maupun memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. Pilihan menu makanan yang tepat akan mengoptimalkan proses tersebut.

Sebaliknya, pilihan makanan yang asal-asalan malah bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman. Bahkan, metabolisme tubuh bisa terpengaruh.

Wah! Boeing Temukan Cara Bunuh Virus Corona di Pesawatnya

Tips kesehatan kali ini membahas makanan yang harus dihindari sehabis olahraga. Dikutip dari Eat This, berikut makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi segera setelah berolahraga seperti dikutip dari detikcom, Senin (26/10/2020).

1. Makanan pedas

Menurut Michelle Neverusky, Manajer Kebugaran Carillon Miami Beach, selesai berolahraga, tubuh membutuhkan asupan yang lebih mudah dicerna. Makanan pedas mengandung capsaicin (zat yang menghasilkan sensasi pedas), sehingga akan membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih ekstra.

2. Permen

Permen termasuk makanan yang tak dianjurkan setelah latihan karena tidak memberikan manfaat bagi tubuh dan mengandung banyak gula. Menurut Karena Dawn dan Katrina Hodgson, pemilik perusahaan Tone It Up, permen tidak dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh usai olahraga.

“Permen tidak memiliki nutrisi penting yang memberi tubuhmu energi berkelanjutan yang dibutuhkan untuk pulih dan tetap menjalani hari.” jelas Karena Dawn dan Katrina Hodgsons.

3. Telur goreng dengan minyak berlebih

Sebenarnya telur baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena kandungan protein dan kolinnya yang mampu mengembalikan tingkat energi dan menjaga kesehatan jantung. Namun, manfaat ini hilang ketika telur digoreng dengan minyak atau mentega yang mengandung lemak tinggi.

HP Hilang? Jangan Panik, Lakukan Ini

Karena itu, sebaiknya konsumsi telur yang direbus saja setiap selesai olahraga.

4. Hanya sayuran mentah

Meskipun sayuran mentah mengandung nutrisi tinggi, nutrisi sayuran saja tidak cukup untuk mengembalikan kekuatan tubuh setelah berolahraga. Setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, tubuh memerlukan nutrisi yang lebih besar dari nutrisi sayuran mentah untuk membantu menyembuhkan otot, menjaga metabolisme dan tingkat energi.

5. Roti tawar

Roti tawar terbuat dari pati yang dapat diubah menjadi gula dengan sangat cepat. Tubuh akan kesulitan membangun kekuatan kembali setelah berolahraga karena gula hanya dapat memberikan lonjakan energi sesaat saja. Perlu divariasikan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.