Hindari 6 Makanan Ini bagi Penderita Kista Ovarium

Banyak perempuan menganggap bahwa kista ovarium merupakan momok besar.

JEDA.ID-Penderita kista ovarium sebaiknya menghindari sejumlah makanan. Makanan yang harus dihindari penderita kista ovarium ini termasuk makanan tidak sehat.

Banyak perempuan menganggap bahwa kista ovarium merupakan momok besar, karena kondisi ini bisa berkembang menjadi kanker.

Walau faktanya, tidak semua kista ovarium akan berkembang menjadi kanker, sebagian bahkan dapat hilang dengan sendirinya.

5 Ciri Tidak Perawan Ini Hanya Mitos, Jangan Ditelan Mentah-Mentah

Di beberapa kasus, pengidap banyak yang tidak mengetahui adanya kista ovarium dalam tubuhnya.

1. Intensitas buang air kecil meningkat dan terasa nyeri saat buang air besar.
2. Sering merasa lelah dan pusing.
3. Perut selalu terasa kembung.
4. Rasa mual dan disertai dengan muntah.
5. Sering mengalami gangguan pada siklus menstruasi dan panggul sering terasa nyeri sebelum menstruasi.

Kista ovarium muncul akibat beberapa faktor, salah satunya adalah dengan makanan yang dikonsumsi. Kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi ini, sebetulnya tidak dibutuhkan dan jsutru bisa mengganggu fungsi ovarium dan hormonnya, sehingga dapat memengaruhi kinerja ovarium dan hormon. Tips kesehatan kali ini membahas sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari penderita kista ovarium.

Untuk itu, penting untuk mengetahui asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Melansir dari Liputan6.com dan Halodoc, Senin (23/11/2020), berikut makanan yang bisa menyebabkan kista ovarium muncul dan bisa memperparah kista ovarium.

Makanan Cepat Saji

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cepat saji, terutama bagi pengidap kista ovarium. Selain tidak baik bagi kesehatan, makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Hal ini disebabkan oleh kandungan pengawet dan kolesterol yang terdapat dalam makanan tersebut.

Gandum

Siapa sangka, makanan sehat ini justru dapat menyebabkan kista ovarim dan sebaiknya dihindari. Kandungan asam fitat dalam gandum dapat mengikat mineral, seperti magnesium dan seng.

Berapa Gaji Presiden AS? Bikin Penasaran

Daging Merah

Jika ternyata kamu memiliki kista ovarium, sebaiknya segera hindari konsumsi daging merah. Pasalnya, dalam daging merah terdapat kolesterol yang tinggi dan membuat pertumbuhan serta perkembangan kista ovarium semakin cepat.

Makanan Laut

Sama halnya dengan daging merah, kandungan kolesterol dalam makanan laut dapat mempercepat perkembangan kista ovarium. Jadi lebih baik hindari makan makanan laut.

Minuman Bersoda dan Beralkohol

Jika kamu memiliki kista ovarium, hindari konsumsi minuman beralkohol atau bersoda. Hal ini dikarenakan minuman berakohol atau pun bersoda dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

Minuman Berkafein

Selain minuman bersoda dan beralkohol, minuman yang mengandung kafein pun juga harus dihindari. Kafein dapat menggangu kondisi hormonmu di dalam tubuh. Jika memang ingin, konsumsi kafein secukupnya saja, jangan berlebih.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.