Hati-Hati Tanda Penuaan Dini Perempuan, Salah Satunya Berat Badan Susah Turun

Susah menurunkan berat badan, lesu, dan mudah marah merupakan tanda-tanda penuaan dini pada perempuan yang jarang diketahui.

JEDA.ID — Keriput pada wajah bukan menjadi satu-satunya tanda penuaan dini pada perempuan. Beberapa kondisi juga berpengaruh terhadap penuaan dini seseorang.

Salah satu tanda penuaan dini pada perempuan yang jarang diketahui kaum hawa adalah susah menurunkan berat badan.

10 Fakta Kanye West, Rapper Berharta Rp20,1 Triliun yang Ingin Jadi Presiden AS

Hal tersebut diungkap oleh konsultan kesehatan Ika Ayu. Ia mengatakan tanda-tanda tersebut dipicu oleh penurunan estrogen yang cukup cepat.

“Badan kita puya ladang hormon yang seiring waktu juga menurun,” ujar Ika, seperti yang dilaporkan Suara.com, Rabu (24/6/2020).

Tanda lain yang bisa dikenali ketika memasuki masa penuaan yakni adanya gelambir pada lengan, mudah tersinggung dan lupa.

Memilih Jenis Olahraga Bela Diri untuk Anak dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Selain yang disebutkan di atas, berikut tanda perempuan terkena penuaan dini, seperti dilansir Detik.com, Kamis (8/11/2011) silam.

1. Keriput di Ujung Mata

Keriput ini muncul disebabkan oleh paparan sinar Matahari dan semakin parah jika seseorang itu merokok. Hal ini lah yang menimbulkan kerusakan DNA kulit dalam membran sel. Sehingga kolagen dan kelenturan kulit menjadi rusak dan muncullah keriput.

2. Flek Hitam

Akibat kerap tepapar sinar Matahari, kulit akan lebih mudah timbul flek atau bercak hitam. Biasanya, flek hitam ini muncul di tangan, bahu, wajah, dan dahi.

Penting, 8 Cara Mencegah Penularan Virus Corona di Era New Normal

3. Kulit Kasar & Kering

Paparan sinar Matahari juga bisa membuat kulit kehilangan kolagen dan kelenturan. Sehingga kulit akan menjadi lebih kering dan kasar.

4. Pori-Pori Membesar

Penumpukan sel kulit mati di sekitar pori yang ditandai pori-pori membesar juga menajdi salah satu tanda penuaan dini pada perempuan.

Tumbuhkan Empati yang Kian Tergerus, Ini Cara Bijak Menggunakan Medsos

5. Lingkaran & Kantung Hitam pada Mata

Hal tersebut bisa muncul lantaran adanya kapiler kecil yang bocor sehingga darah mengalami oksidasi dan membuatnya menjadi gelap. Alhasil, kulit di bawah mata menjadi tipis serta berwarna gelap atau menghitam.

Cara Mencegahnya

Tanda-tanda penuaan dini pada perempuan bisa dikenali mulai usia 25 tahun. Untuk mencegahnya, perempuan bergelar Magister Biomedik ini punya tips dan triknya. Salah satunya adalah mengatur pola makan.

“Hindari junk food, makanan berminyak, yang digoreng dan pedas. Junk food itu kalau di negara maju sudah banyak ditinggal,” tambah Ika.

Selain itu, kaum hawa juga disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan beri, dan kolagen.

Penggemar Nekat Bakar Mobil Via Vallen, Dampak Fanatisme Berlebihan?

Agar tanda-tanda penuaan dini tak muncul, mereka juga disarankan untuk mengonsumsi asam omega tiga dari ikan salmon. Atau juga bisa diganti dalam bentuk kapsul.

Selain itu, seseorang juga bisa menggunakan facial mask untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada perempuan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Jeda.id dari Okezone.com pada Selasa (7/7/2020), kandungan anti-aging yang terdapat pada masker wajah dapat membantu mengecangkan kulit.

Gempar 83 Ton Emas Palsu di China, Ini Tips Bedakan Emas Palsu dan Asli

Seiring bertambahnya usia, penggunaan masker wajah dapat memperlambat proses penuaan dini serta mencegah munculnya keriput, yang menjadi salah satu tanda penuaan dini pada perempuan.

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.