Curiga Pasangan Selingkuh, Kenali 8 Ciri-Cirinya

Ada cara yang dapat menunjukkan kalau pasangan Anda diam-diam selingkuh. Mulai dari sering mengabaikan Anda hingga selalu mengecek ponselnya.

JEDA.ID – Saat menjalani hubungan dengan pasangan, mungkin ada kalanyah Anda merasa jenuh. Entah karena rutinitas hubungan yang monoton atau kurangnya komunikasi antar dua belah pihak.

Alhasil perselingkuhan pun tidak dapat dihindari. Untuk mengetahui pasangan kita sedang bermain di belakang atau selingkuh, kita harus peka dengan  tanda-tanda yang mungin bisa kita lihat atau kita rasakan. Mulai dari sering mengabaikan Anda hingga selalu mengecek ponselnya.

Penyebab perselingkuhan beraneka macam, ada yang memang sudah jenuh dengan pasangan atau bisa juga karena sering curhat dengan lawan jenis lalu tumbuh perasaan yang berbeda.

Melansir dari Marriage, dampak psikologis dari pasangan yang berselingkuh adalah meninggalkan trauma emosional, cemas, hingga hilangnya rasa percaya diri. Lalu bagaimana cara mengenali kalau pasangan Anda tengah berselingkuh? Berikut ciri-cirinya:

Cara Mengetahui dan Memanfaatkan Kembali Kosmetik Kedaluwarsa

Sering mengecek ponselnya

Melansir dari Detik.com, Sabtu (29/5/2020) coba perhatikan apakah pasangan sering mengabaikan Anda namun sangat fokus saat melihat ponselnya. Ini menjadi tanda yang paling terlihat kalau pasangan Anda tengah berselingkuh.

Terlebih jika ia sedang online, namun mengabaikan pesan Whatsapp yang Anda kirim. Perhatikan juga bagaimana raut muka pasangan Anda kalau mereka sedang membalas chat yang masuk. Apakah biasa saja? atau justru terlihat senang?

Perubahan sikap

Saat sedang bersama, pasangan akan mendadak bersikap aneh seperti sering melirik Anda ketika mengetik sesuatu di ponselnya. Atau ketika sedang telepon tiba-tiba ia pergi menjauh beberapa langkah dari Anda dan terkadang berbisik atau memelankan suaranya saat berbicara.

Walaupun tidak semua bisa dikaitkan dengan perselingkuhan, namun segala perubahan sikap yang tidak wajar patut Anda curigai. Untuk menguatkan kecurigaan Anda tentang sikapnya tersebut, coba tanyakan mengapa ia bertingkah demikian. Kalau saat menjawab ia tampak gugup dan memberi jawaban lain sebagai alasan, berarti sudah dapat dipastikan dia sedang menjalani hubungan dengan orang lain.

Lebih aktif di media sosial dari pada biasanya

Melansir dari salah satu sumber, menurut penelitian dari Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, mengatakan bahwa semakin sering seseorang menggunakan media sosial seperti Twitter dan Facebook, maka makin sering konflik dalam hubungan akan muncul, seperti berselingkuh, putus hubungan, atau bercerai.

Ternyata pasangan yang baru saja memulai hubungan, dengan kekasih yang telah bersama selama bertahun-tahun, juga tetap berpotensi timbulnya perselingkuhan karena faktor media sosial lho. Jadi kalau pasangan Anda sering aktif media sosial padahal biasanya jarang, ini juga menjadi tanda bahwa ia sedang berselingkuh.

Memperbaiki penampilan diri

Setiap orang pasti ingin terlihat cantik atau tampan khususnya di depan pasangannya. Berdandan rapi, bersih, dan tampil maksimal dalam setiap kesempatan kadang menjadi prioritas bagi sebagian orang.

Namun melansir dari salah satu sumber, kalau pasangan Anda yang biasanya dandan seadanya tiba-tiba jadi sangat perhatian dengan tampilannya, mungkin ada sesuatu yang membuatnya seperti itu. Bisa saja dia ingin tampil sempurna untuk mengesankan seseorang selain Anda.

Hobi berbohong

Melansir dari Okezone, seorang peneliti dari The Kinsey Institute, Justin Lehmiller, PhD, mengatakan, bahwa perselingkuhan biasanya melibatkan banyak kebohongan dan penipuan. Hal ini dilakukan secara berulang untuk mengelabui pasangannya. Misalnya saja saat janji ketemuan, tapi datangnya sering terlambat. Atau mungkin pasangan sering menolak ajakan Anda untuk kencan dengan alasan yang sangat berbelit-belit.

Jarang Disadari, Ini Kebiasaan Sepele yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Sering marah karna hal sepele

Melansir dari laman Anewmode.com, ciri lain kalau kekasih Anda sedang selingkuh, mereka akan berubah menjadi cepat marah dan sering mengkritik. Sedikit saja hal, pendapat, atau sikap Anda yang bertentangan menurutnya, ia langsung tersinggung dan tak segan membentak Anda. Bahkan bisa saja ia bertindak kasar dengan memukul dan melakukan tindak kekerasan pada Anda.

Kalau sudah begini carilah cara lain untuk mengajaknya bertukar pendapat, namun saat keadaan menjadi tambah kacau jangan segan untuk memutuskan hubungan dengannya. Carilah pasangan yang dapat menghargai dan menghormati Anda.

Berdalih pergi bersama temannya

Saat pasangan Anda takut ketahuan sedang pergi bersama selingkuhannya, mereka akan berdalih dan mengatakan nongkrong bersama teman-temannya. Hubungan yang sehat memang terbangun saat keduanya menyeimbangkan kehidupan asmara dengan sosial.

Tapi kalau pasangan Anda lebih sering memilih bermain bersama temen-temennya daripada Anda, ini patut dicurigai. Karena orang sering selingkuh seringkali menyebut selingkuhannya sebagai teman dan menggunakan kalimat bermain bersama temen-temennya sebagai alasan saat dia pergi dengan orang lain.

Cari perhatian orang lain

Alasan seseorang memilih untuk berselingkuh karena kurang mendapatkan perhatian dari pasangannya. Makanya mereka akan mencari perhatian ke seseorang yang dianggapnya sanggup memberikan. Kalau sudah begini, Anda juga harus introspeksi diri dan cobalah untuk lebih memberinya perhatian walaupun dalam bentuk hal-hal kecil. Terkadang hal yang dianggap kecil tersebut justru bisa sangat berarti bagi pasangan.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.