Cerai Minta Rumah Mewah Rp139 Miliar Itu Setara 1.000 Rumah Subsidi

Bila menggunakan angka Rp140 juta, artinya rumah mewah Rp139 miliar yang diinginkan Oksana itu bisa untuk membeli hampir 1.000 rumah subsidi.

JEDA.ID–Tingkah Miss Rusia Oksana Voevodina mungkin bisa bikin geleng-geleng kepala. Oksana yang resmi bercerai dengan King Muhammad V, Sultan Kelantan Malaysia, meminta rumah mewah seharga Rp139 miliar di London, Inggris, dari proses perceraian itu.

Tercatat, Oksana sudah diberikan sebuah rumah di Moskow, Rusia. Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Kamis (3/10/2019), Oksana juga meminta biaya bulanan yakni 24.000 atau senilai Rp419 juta untuk kebutuhan anak mereka, Leon.

Akibat permintaan tersebut, mantan raja Malaysia itupun marah besar. Perceraian mereka sudah didaftarkan sejak 1 Juli 2019 melalui kantor di Kelantan. Perceraian sudah diputuskan dengan penjelasan melalui ucapan talak tiga. Selain itu perceraian mereka juga didaftarkan di Singapura.

Rumah mewah Rp139 miliar tentu bukan sembarang rumah. Bisa menjadi pembanding adalah rumah mewah yang belum lama ini dibeli pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Hary Tanoesoedibjo membeli rumah mewah milik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di kompleks Beverly Hills, California senilai Rp193 miliar.

Eric Trump, yang mengelola perusahaan dengan Donald Trump Jr. mengatakan rumah mewah tersebut dijual karena keluarga Trump tak ada waktu untuk mengunjungi rumah tersebut.

Dari sebelum Trump menjadi presiden, dia tidak sering menggunakan rumah itu, bahkan ketika mengunjungi Los Angeles. Untuk membeli rumah Rp193 miliar, Hary Tanoe merogok sekitar 1% dari total hartanya.

Saat ini Hary Tanoe yang memiliki harta Rp15,73 triliun tercatat sebagai orang terkaya ke-20 di Indonesia versi Forbes.

Harga Rumah Subsidi

rumah subsidi

Ilustrasi rumah subsidi (Antara)

Atau bisa juga dibandingkan dengan harga rumah subsidi di Indonesia. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keputusan menteri yang ditekennya pada Juni 2019 lalu menetapkan harga rumah subsidi untuk 2019-2020.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, untuk wilayah Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai), harga rumah subsidi untuk 2019 senilai Rp140 juta dan 2020 senilai Rp150,5 juta.

Bila menggunakan angka Rp140 juta, artinya rumah mewah Rp139 miliar yang diinginkan Oksana itu bisa untuk membeli hampir 1.000 rumah subsidi di Indonesia.

Bisa juga dibandingkan dengan harga rumah mewah di Indonesia. Situs 99.co pernah memuat 5 properti paling mahal di Indonesia. Situs 99.co adalah situ jual-beli properti di Indonesia.

Di urutan kelima ada Rumah Masterpiece di Bali yang harganya Rp58,5 miliar. Rumah Masterpiece terletak di Canggu, Bali, dan lebih sering digunakan sebagai villa sewaan dibandingkan dengan hunian pribadi.

Pemilik rumah, Gary Fell, menciptakan hunian idaman di lahan seluas 3.085 m2 dengan desain minimalis yang hangat. Rumah ini dikelilingi oleh taman hijau dan pohon palem yang menjulang tinggi, membuat suasana sekitar terasa lebih segar dan asri.

Rumah mewah ini dilengkapi oleh 8 kamar tidur lengkap dengan kamar mandinya, outdoor lounge, kolam renang, dapur dan area makan yang mengakomodasi sampai 20 orang.

Di urutan keempat ada rumah di Seminyak, Bali, yang harganya Rp60 miliar. Rumah yang dulunya dipakai sebagai hunian pribadi ini kini sudah dirubah menjadi villa yang bisa disewa semua orang.

Villa Seminyak ini berdiri di lahan seluas 3.000 m2 dan memiliki 10 kamar tidur dan 10 kamar mandi en-suite.

Rumah ala Romawi

Rumah mewah ala Romawi

Rumah mewah ala Romawi (99.co)

Di peringkat ketiga ada rumah ala Romawi di Pondok Indah, Jakarta yang harganya Rp70 miliar. Rumah Pondok Indah ini terlihat berbeda dengan bangunan-bangunan lain di sekitarnya karena model dan desainnya yang terlihat klasik bak era Romawi.

Pilar-pilar kokoh membuat rumah ini terlihat lebih megah dan royal, ditambah lagi lekukan dan ukiran-ukiran Eropa klasik yang terdapat pada bagian atas rumahnya.

Rumah di Jakarta ini memiliki dengan 6 kamar tidur, 4 kamar mandi, kolam renang, dapur luas, ruang ibadah, taman, dan gym pribadi.

Runner up rumah mewah termahal di Indonesia ada di Kuningan, Jakarta. Rumah yang memiliki kesan cozy ini dipatok Rp100 miliar. Rumah ini mahal karena lokasinya strategis, lahannya yang luas. Ada pula joglo yang unik serta barang-barang antik.

Rumah mewah seluas 990 m2 ini dikelilingi oleh taman dengan kolam renang yang besar dan terbagi menjadi dua bagian, yaitu rumah inti dan paviliun.

Di dalam rumah inti terdapat 5 kamar tidur, 4 kamar mandi, sementara bangunan paviliun terdiri dari 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan area makan yang luas, serta ruang keluarga.

Di urutan teratas ada rumah seharga Rp204 miliar milik mantan Ketua DPR Setya Novanto. Rumah di Kebayoran Baru, Jakarta ini harganya setara dengan 1 kompleks perumahan di Cilengsi, Bogor, atau bangunan 70 apartemen.

Rumah ini terletak di salah satu kawasan elite dan strategis di Jakarta. Rumah ini dibangun di lahan seluas 1.600 m2. Rumah mewah ini mengandalkan desain minimalis modern apik dengan pilihan warna abu-abu dan putih yang terlihat senada.

Itulah gambaran rumah mewah yang diajukan Oksana yang dibandingkan dengan properti lainnya.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.