Bisa Jadi Smartphone Anda Diserang Malware! Ini Tanda-Tandanya

Bila Anda salah satu pengguna Android, sebaiknya Anda waspadai bila smartphone Android milik Anda mengandung Malware.

JEDA.ID — Bila Anda salah satu pengguna smartphone Android, sebaiknya Anda waspadai bila smartphone Android milik Anda mengandung Malware.

Hal ini karena malware yang dibawa sebuah aplikasi memberikan dampak yang tidak baik dan sangat menganggu bagi pengguna ketika ingin mengakses sesuatu yang penting.

Melansir dari laman liputan6.com, Malware menurut Nathan Collier seorang peneliti perusahaan keuangan Malwarebytes adalah “mereka yang berupaya mendapatkan uang.”

Malware terbagi atas beberapa jenis. Malware jenis Adaware seperti Ads Blocker merupakan satu jenis Malware paling banyak dan umum ditemui di Android. Tidak hanya itu, jenis Malware lainnya bahkan ada yang mencoba mencuri data-data pribadi pengguna.

Peneliti Malwarebytes menyebut bahwa pihaknya menemukan hampir 200.000 Malware di smartphone pengguna pada Mei dan Juni lalu.

Selain itu, peneliti Keamanan di Lookout Adam Bauer menyebut bahwa Malware biasanya meminta izin akses agar mendapatkan informasi sensitif. Aplikasi berisi Malware juga biasanya tetap berjalan pada background meski sedang tidak dipakai.

Nah, adapaun tanda-tanda kalau smartphone kamu terkena Malware, biasanya daapat dilihat dari empat hal berikut ini yang berhasil merangkum dari beberapa sumber.

Menghilangkan Strech Mark di Tubuh dengan Cara Alami

1.Muncul iklan

Pengguna sering sekali melihat iklan di smartphone-nya, tak peduli aplikasi apa saja yang dibuka, pengguna kerap melihat iklan. Selain itu, bahkan ketika sedang tidak membuka aplikasi atau game sekalipun iklan tetap muncul. Jika diperhatikan, iklan biasanya hanya akan muncul ketika aplikasi sedang berjalan atau di kondisi lainnya ketika aplikasi hendak ditutup.

Akan tetapi jika iklan muncul di luar waktu-waktu itu, misalnya ketika Anda berada di panel menu atau layar home, maka itu patut dicurigai sebagai aktivitas Malware.

2. Aplikasi terinstal atau hilang dengan sendirinya

Biasanya malware akan mengunduh dan memasang aplikasi tanpa sepengetahuan penggunanya. Apabila hal ini terjadi, coba cek di menu Setting – App, apakah ada aplikasi Time Service. Jika ada, Malware sedang beraksi, waspadalah.

Jika bukan Time Service, gunakan file manager yang lebih lengkap untuk menemukan malware Monkey Test. Kedua malware ini paling sering jadi biang kerok masalah di atasyang menyebabkan harus flash ulang.

3.Muncul folder asing

Munculnya folder tak dikenal yang biasanya sengaja dibuat oleh Malware untuk menampung data. Jika ini yang Anda temukan, sebaiknya waspada dan gunakan anti virus yang jago untuk mencegah serangan yang lebih berbahaya.

4. Boros

Tanda lain adalah  Anda jadi boros data Internet. Selain itu serangan Malware membuat baterai cepat habis melebihi biasanya.

Jika kamu merasakan adanya tan-tanda dari keempat hal tersebut, bisa jadi smarphone kamu terkena Malware.

Bagaimana caranya untuk menghentikan serangan Malware pada smartphone?

1. Pastikan semua perangkat lunak atau software yang terdapat dalam perangkatsudah diperbarui. Hal ini dikarenakan dengan memperbarui OS serta aplikasi merupakan langkah penting untuk melindungi perangkat dan akun mereka.

2. Meninjau izin akses apa saja yang diberikan ke aplikasi-aplikasi yang terpasang.

3. Hapus aplikasi dan jangan instal dari sumber yang tidak jelas.

4. Pertimbangkan untuk memasang antivirus pada perangkat.

5. Sebelum terpapar Malware, pastikan hanya mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan bukan dari pihak ketiga yang tidak terkamin keamanannya.

6. Factory reset

7. Flash ulang

8. Menggunakan ROM pihak ketiga

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai Malware yang harus kamu tahu. Oleh karena itu, setelah memberikan data-data penting dan rahasia dalam suatu situs online, pastikan untuk selalu me-log out akun dan membersihkan jejak supaya tidak disalah gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.