Tutup Iklan

Benarkah Membersihkan Vagina Setelah Bercinta Bisa Mencegah Kehamilan?

Benarkah membersihkan atau mencuci vagina setelah bercinta bisa mencegah kehamilan? Ini jawaban seksolog dr Boyke. Penasaran?

JEDA.ID — Apakah benar membersihkan vagina seusai bercinta bisa mencegah kehamilan?

Ternyata hal tersebut merupakan mitos belaka. Pada saat berhubungan intim dan terjadi ejakulasi, sperma akan keluar dan tetap bisa membuahi sel telur.

“Jadi berhubungan seksual yang berlangsung selama lima sampai 15 menit tidak mungkin bisa mensetop sperma ketika diejakulasikan,” jelas seksolog, dr Boyke Dian Nugraha dilansir Liputan6.com.

Baca Juga: Pakai “Baju” Batik, Intip Spek Motor Mandalika SAG Racing Team

Ia menegaskan mencuci atau membersihkan vagina setelah bercinta tidak bisa mencegah kehamilan. Menurut dia, yang bisa adalah penggunaan alat kontrasepsi, seperti kondom dan juga program KB lainnya.

“Kalau hanya membersihkan alat kelamin saja tidak mungkin terjadi,” tambah dia.

Baca Juga: Kehilangan Kemampuan Mencium Akibat Covid-19 Diperkirakan Bertahan Lama

Meskipun tidak bisa cegah kehamilan, mencuci atau membersihkan vagina setelah bercinta merupakan hal baik yang harus dilakukan. Tetapi perlu diingat jangan menyemprotkan air ke dalam vagina karena bisa berbahaya.

“Air yang masuk bisa saja tidak bersih. Air yang disemprotkan itu menimbulkan tekanan, bisa memasukkan udara dan menimbulkan eboli. Jadi, tolong berhati-hati membersihkan organ intim. Bersihkan ala kadarnya saja dengan dicebok seperti biasa, itu diperbolehkan,” kata dia.

Baca Juga: 7 Tanda Komplikasi Aliran Darah Akibat Covid-19

4 Cara Biar Enggak Hamil

Bukan dengan mencuci atau membersihkan vagina, di bawah ini ada cara mencegah kehamilan tanpa perlu melakukan program Keluarga Berencana.

1. Outercourse

Cara pertama yang bisa kamu lakukan bersama istri tersayang adalah dengan outercourse, yakni hubungan seksual tanpa penetrasi.

Dengan melakukan outercourse, kamu hanya boleh melakukan aktivitas seks seperti bercumbu, ciuman mesra, seks oral, masturbasi bersama, saling meremas atau memanfaatkan toys sex.

Baca Juga: Ini Cara Membiasakan Anak Ngemil Camilan Sehat

Cara mencegah kehamilan tanpa KB ini tentu mengasyikkan dan bisa kamu coba bersama istri tercinta.

2. ASI Eksklusif

Foto ilustrasi: Wanita menyusui sebaiknya mengurangi konsumsi minum kopi. (modernmom.com) menyusui asi
Foto ilustrasi: Wanita menyusui sebaiknya mengurangi konsumsi minum kopi. (modernmom.com)

Katanya jika istri sedang memberikan ASI kepada buah hati kamu bisa menunda ovulasi hingga enam bulan setelah melahirkan.

Tentunya cara ini bisa digunakan sebagai pengganti KB dan bisa melakukan hubungan intim bersama istri tanpa takut hamil.

Baca Juga: Vaksin Sudah Ada, Kok Bisa Wabah Ebola Muncul Lagi?

Akan tetapi, perlu diingat KB alami satu ini hanya bisa bertahan enam bulan saja setelah melahirkan. Setelah itu, ovulasi akan berjalan normal kembali.

3. Hindari Masa Subur

Ilustrasi haid, datang bulan (Freepik)
Ilustrasi haid, datang bulan (Freepik)

Cara mencegah kehamilan tanpa KB selanjutnya adalah dengan memperhatikan masa subur istri. Hindari berhubungan intim ketika istri memasuki masa subur.

Tentunya istri mempunyai kalender haid setiap bulannya. Dari jadwal rutin haid tersebut bisa dilihat kapan istri sedang di masa subur maupun tidak.

Baca Juga: Bitcoin Jadi Mahar Pernikahan di Indonesia, Begini Ceritanya

Meski begitu, istri harus benar-benar cermat menghitung siklus haid. Dibutuhkan enam siklus untuk mengetahui masa subur istri.

4. Senggama Terputus

Cara mencegah kehamilan tanpa KB selanjutnya adalah dengan senggama terputus atau biasa dikenal dengan mengeluarkan sperma di luar vagina.

Poin keempat ini konon paling banyak dilakukan oleh suami istri untuk menunda kehamilan.

Baca Juga: Bukan Hanya Nissa Sabyan, Ini 4 Artis Indonesia yang Dijuluki Pelakor

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.