Alasan Samsung Galaxy A51 Banyak Diburu di Indonesia

Samsung Galaxy A51 membawa keunggulan dasar berupa kamera canggih, baterai yang awet, dan dukungan dapur pacu yang sangat cukup untuk kebutuhan pengguna.

JEDA.ID – Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, membawa gebrakan baru untuk pasar Asia Tenggara. Samsung menghadirkan smartphone kelas menengah Galaxy A51 yang dikenal punya fitur berlimpah.

Saat diluncurkan di Vietnam, 20 Desember 2019, Samsung Galaxy A51 sudah banyak dicari di Indonesia. Selang hampir satu bulan, Samsung akhirnya benar-benar akan merilis A51 untuk pasar Indonesia.

“Membuka 2020 dengan inovasi dan semangat baru, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan seri Galaxy A terbaru yang dapat mendukung pengguna membuat konten live dengan lebih menarik dan awesome,” tulis Samsung dalam rilis resminya, Selasa (14/1/2020).

Samsung akan memboyong Blackpink dalam acara besar bertajuk Awesome Live yang akan diadakan pada 14 Januari 2020 di Jakarta. Blackpink barangkali hanya pemanis, sedangkan Galaxy A51 sudah jauh-jauh hari menjadi incaran publik Tanah Air.

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2019

Kelas Midrange

Samsung Galaxy A51 terbilang spesial bagi pasar Indonesia. Barangkali karena banderol harganya yang tak bakal jauh di kisaran Rp5jutaan. Rentang harga di bawah flagship yang menempatkannya sebagai ponsel dengan Grade B.

Samsung Galaxy A51 membawa keunggulan dasar berupa kamera canggih, baterai yang awet, dan dukungan dapur pacu yang sangat cukup untuk kebutuhan pengguna.

Smartphone ini mengusung empat kamera dengan konfigurasi kamera utama 48MP, wide angle 12MP, lensa makro 5MP, dan depth sensor 5MP. Untuk kebutuhan selfie, ponsel dilengkapi dengan kamera depan 32MP.

Samsung Galaxy A51 mampu memenuhi harapan tentang smartphone idaman di kelas menengah. Selain harganya dianggap pas dan spesifikasi mumpuni, brand Samsung dianggap telah memiliki reputasi bagu. Tak ayal, Galaxy A51 diprediksi bakal menjadi yang terlari di kuartal pertama 2020.

Firma riset International Data Corporation ( IDC) melansir laporan pengiriman smartphone di Indonesia untuk kuartal-II tahun 2017. Dalam laporan, IDC, dilansir Suara.com, mengungkapkan bahwa smartphone di kategori mid-range atau kelas menengah tumbuh signifikan di kuartal tersebut.

Smartphone mid-range didefinisikan sebagai perangkat dengan harga jual antara Rp2,6 juta hingga Rp5,5 juta.

Peningkatan pengiriman smartphone mid-range di kuartal-II 2017 tercatat mencapai 28 persen, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari pangsa pasar 13 persen di tahun lalu.

Hal ini memperlihatkan perubahan signifikan dalam kebutuhan konsumen untuk beralih ke perangkat dengan spesifikasi yang lebih baik untuk menyokong pengalaman hiburan, produktifitas, dan mobile gaming.

Kebutuhan untuk membeli ponsel mid-range meningkat juga dipengaruhi oleh semakin berlimpahnya fitur yang ditawarkan. Selain itu, smartphone mid-range mengalami peningkatan karena ada banyak perusahaan finansial yang menawarkan jasa kredit.

Hasil riset IDC mencatat, pada 2017 Samsung masih menguasai pasar ponsel pintar di Indonesia.

Namun, belakangan, pasar itu mulai direbut Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Kedatangan Realme dan makin populernya Huawei juga membuat langskap kelas mid-range berubah total.

Barangkali karena itu, Samsung mulai kembali menggenjot penjualan smartphone mid-range salah satunya dengan mendatangkan Galaxy A51 untuk pasar Indonesia.

Mengenal Mekanisme Teknologi Pemindai Sidik Jari Smartphone

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Smartphone ini akan membawa tampilan yang impresif berkat kamera punch-hole yang diposisikan di tengah atas layar. Konsep ini serupa dengan Galaxy Note 10 yang harganya jauh di atas Galaxy A51.

Dilansir GSM Arena, ponsel ini hadir dengan layar 6,5 inci Super AMOLED. Dapur pacu ponsel hadir dengan Exynos 9611. Dari segi memori, ponsel mengusung varian RAM 4G dan varian 64GB atau 128GB. Kemudian, varian RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Spesifikasi lainnya yakni baterai 4.000 mAh, OneUI 2.0, Android 10, dan pengisian cepat 15W.

Tersedia dalam varian warna Prism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Blue, dan Prism Crush Pink, Galaxy A51 sebagaimana dikutip dari situs web Samsung Vietnam dibanderol seharga 7.990.000 Dong atau setara Rp4,8 juta (kurs Rp0,61).

Di Vietnam, ponsel yang bodinya didesain dengan panel belakang diamond-cut ini dapat dipesan pada 16 Desember 2019 dan dijual perdana pada 27 Desember 2019.

Samsung menawarkan pre-order yang dibuka di situs GalaxyAseries.com pada 10 hingga 17 Januari. Ponsel ini juga bisa dibeli secara pre-order melalui situs online shop seperti Lazada, Jd.id, Blibli, Telesindo, Shopee, Elevenia, Erafone, Tokopedia, dan Bhineka.

5 Smartphone Gaming Terbaik 2019

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.