5 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2019

Huawei Mate 20 Pro menjadi jawara versi DxOMark ditempel Samsung Galaxy Note 10+ dan flagship Xiaomi.

JEDA.ID – Hingga saat ini Iphone 11 dan Samsung Galaxy S10 selalu dianggap sebagai smartphone dengan kamera terbaik di kalangan awam. Wajar lantaran dua smartphone ini adalah flagship dari dua pabrikan teknologi terbesar saat ini, Apple dan Samsung.

Namun, sejumlah ahli justru mengungkap fakta lain. Laman benchmark DxOMark misalnya. Situs yang terkenal karena pengujian spesifik khusus sensor, kamera, dan kamera smartphone, ini merilis sebuah laporan berisi daftar smartphone dengan kamera terbaik edisi 2019 dan membaginya menjadi beberapa kategori.

Dari daftar itu, gadget bikinan Apple dan Samsung ternyata bukan yang terbaik. Kedua pabrikan besar ini harus berbesar hati, smartphone mereka kalah dibanding smartphone bikinan perusahaan teknologi asal China, Huawei dan Xiaomi.

Kedua pabrikan China itu menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk melakukan riset demi menghasilkan smartphone dengan kamera terbaik. Terbukti, Huawei dengan Mate 30 Pro dan Xiaomi dengan Mi CC9 Pro berhasil dinobatkan jadi pesaing serius flagship Apple dan Samsung.

Merangkum lama Mashable, Phone Arena, dan Android Authority, berikut smartphone dengan terbaik 2019 hingga Minggu (1/12/2019):

Huawei Mate 30 Pro

DxOMark menganugerahi kamera Huawei Mate 30 Pro sebagai kamera yang bekerja dengan baik di hampir setiap situasi. Huawei Mate 30 Pro diberi skor foto yang baik karena jumlah noise yang lebih sedikit dalam pengambilan gambar di malam hari.

Selain itu, Huawei Mate 30 Pro juga unggul soal kualitas foto zoom. Ponsel ini dibekali lensa telefoto yang canggih dengan resolusi 8MP dan tiga kali perbesaran optik.

Smartphone Huawei Mate 30 Pro memiliki empat kamera utama dengan sensor terbesar 40 MP. Smartphone ini juga dilengkapi lensa ultrawide yang bisa dipakai mengambil gambar dengan jangkauan super lebar.

Tak ketinggalan, Huawei menyematkan lensa 3D ToF yang menghasilkan efek bokeh pada jepretan Mate 30 Pro.

Samsung Galaxy Note 10+

Samsung Galaxy Note 10+ dibekali 4 kamera belakang dengan resolusi 12 MP f/1.5-f/1.8 (Wide Angle) 12 MP f/2.1 (Telephoto) 16 MP f/2.2 (Ultra Wide) TOF 3D VGA Camera dengan auto-fokus.

Kamera Galaxy Note 10+ dibekali fitur Auto-HDR dan Panorama.

Secara keseluruhan, kamera Samsung Galaxy Note 10+ berada di peringkat kedua versi DxOMark. Namun, untuk beberapa kategori, kamera Samsung Galaxy Note 10+ yang terbaik.

Kamera depan Samsung Galaxy Note 10+ menjadi yang terbaik untuk kamera selfie. Smartphone tersebut juga mendapat gelar sebagai video selfie terbaik.

Selain kamera selfie, kamera Galaxy Note 10+ juga unggul di segi mode wide angle. DxOMark menyebut ponsel tersebut menawarkan area cakupan yang paling lebar dibanding para pesaingnya. Begitu juga dengan kualitas gambarnya yang terjaga, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan saat kondisi banyak cahaya.

Xiaomi Mi CC9 Pro

Salah satu smartphone Xiaomi yang memiliki kualitas kamera terbaik saat ini adalah Xiaomi Mi CC9 Pro. Oleh DxOMark, Xiaomi Mi CC9 Pro berada di peringkat kedua smartphone terbaik di segala situasi.

Xiaomi Mi CC9 Pro, smartphone baru yang tidak berada di kelas flagship. Hasil pengujian DxOMark pada kamera smartphone ini pun mencengangkan.

Xiaomi Mi CC9 Pro mendapatkan skor setingkat dengan Huawei Mate 30 Pro. DxOMark memberikan nilai total 121 kepada kedua smartphone ini.

Xiaomi Mi CC9 Pro memakai kamera 108 MP f/1.7 + 12 MP f/2.0 telephoto + 5 MP f/2.0 telephoto + 20 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 makro.

Hasil pengujian DxOMark menyebutkan kalau kamera Xiaomi Mi CC9 Pro punya auto fokus yang cepat dan akurat. Dan menghasilkan foto dengan tekstur detail.

Night shot menghasilkan skin tone yang natural, termasuk dengan pemakaian soft flash. Kamera ultrawide menghasilkan distorsi yang minimum.

Iphone 11 Pro Max

DxOMark merekomendasikan Apple Iphone 11 Pro Max sebagai smartphone terbaik untuk merekam video secara umum.

Urusan foto, Iphone 11 Pro Max sebenarnya tak kalah dibanding smartphone flagship lain. Sebagai IOS, Iphone 11 Pro Max memiliki kualitas yang sangat baik untuk lensa wide.

Kualitas foto di mode malam juga meningkat drastis dari pendahulunya Iphone seri X meski masih kalah dibanding Huawei Mate 30 Pro dan Samsung Galaxy Note 10+. Smartphone Apple ini memiliki bidang pandang yang lebih sempit dan lebih banyak noise.

Iphone 11 Pro Max memakai kamera utama 12 megapixel, ultra wide 12 megapixel, telephoto 12 megapixel yang dulunya disebut dengan lensa portrait yang punya focal lenght 52mm f/2.0 dan dilengkapi dengan OIS. Ada pula kamera selfie 12 megapixel.

Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 juga menjadi salah satu smartphone dengan kamera terbaik di 2019 ini. DxOMark menempatkan flagship Samsung ini di posisi yang cukup tinggi dengan skor mencapai 116 poin.

Skor itu didapat dari segmen perekaman video 100 poin dan kebutuhan memotret 124 poin. Artinya, kamera ini punya kualitas foto yang lebih baik dibanding kualitas perekaman videonya.

Kamera depan yang tertanam di lubang kecil permukaan Samsung Galaxy S10 adalah kamera 10 MP untuk swafoto. Di bagian belakang, ada sebuah kamera telefoto 12 MP yang mampu memperbesar gambar hingga dua kali, kamera sudut lebar 12 MP, dan sebuah kamera sudut ultra-lebar 16 MP.

Samsung Galaxy S10 menawarkan kamera Ultra Wide Lens dengan luas pandangan seperti halnya mata manusia, yakni 123 derajat.

Galaxy S10 juga menawarkan kamera rekaman Super Steady dengan teknologi digital stabilization.

Kamera depan atau pun belakang dapat memotret sampai dengan kualitas UHD. Sebagai yang pertama kalinya dalam industri ponsel pintar, kamera belakang Samsung Galaxy S10 memberikan penggunanya felksibilitas untuk merekam denggan kualitas HDR10+.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.