5 Smartphone Gaming Terbaik 2019

Asus dan Xiaomi adalah yang paling awal membuat smartphone yang dikhususkan pengguna yang aktif bermain game di smartphone.

JEDA.ID – Mobile gaming bertumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan makin canggihnya smartphone. Kini developer ponsel secara khusus membuat gawai dengan label smartphone gaming untuk menarik minat pasar di tahun 2019 ini.

Asus dan Xiaomi adalah yang paling awal membuat smartphone yang dikhususkan pengguna yang aktif bermain game di smartphone. Asus membawa seri ROG (Republic of Gamers) yang sukses di lini laptop gaming, sedangkan Xiaomi merintis Blackshark yang belakangan menjadi anak usaha baru.

Tren Teknologi 2020: Tahun Suram Bagi Selebgram?

Di tengah-tengah kedua gawai tersebut ada Nubia Red Magic 3. Nama Nubia memang tak sebesar Xiaomi, Asus, Huawei atau Samsung, tapi terobosannya di dunia gaming terbilang cukup cerdik. Lewat Red Magic 3, Nubia ingin merintis usaha di segmen baru; mobile gamers.

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2019

Berikut deretan smartphone untuk mobile gaming yang hadir di tahun 2019;

Nubia Red Magic 3

Nama pertama tentu saja ZTE Nubia Red Magic 3. Gadget ini merupakan penerus dari ZTE Nubia Red Magic Mars (generasi kedua). Seperti pendahulunya, HP ini menawarkan desain gaming dan mempertahankan khas Nubia Red Magic. Karena merupakan generasi ketiga, jelas HP ini dibekali chipset yang lebih baru, yakni Snapdragon 855.

Salah satu smartphone gaming 2019. (Istimewa)

Untuk layar, HP ini menawarkan layar AMOLED 6,65 inci Full HD+ dengan resolusi 1080 x 2340 pixels. Layarnya ini menawarkan panel dengan dukungan DCI-P3 100% dan framerate 90 Hz. Sementara untuk baterai, HP ini dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh.

HP yang punya varian RAM 6 GB dengan penyimpanan 64 GB dan RAM 8 GB dengan penyimpanan 128 GB ini cocok untuk Anda yang butuh HP gaming berkelas dengan desain menarik dan performa tinggi.

Razer Phone 2

Razer Phone 2 adalah HP gaming dari Razer yang hadir dengan banyak pembaruan dibandingkan Razer Phone generasi pertama. Pembaruan tersebut berupa upgrade yang membuat HP ini tampak lebih menarik. Contoh upgrade-nya adalah kini HP ini sudah dibekali Snapdragon 845.

Peningkatan lain yakni HP ini kini sudah dilengkapi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, Razer Phone 2 juga sudah mengantongi sertiifkasi IP67 yang membuat HP ini tahan air dan juga debut. Sayangnya, Razer Phone 2 masih mempertahankan rasio layar 16:9 dan tidak beralih ke 18:9.

Terlepas dari itu, Razer Phone 2 tetap mempetahankan layar tipe IGZO IPS LCD dengan framerates mencapai 120 Hz. Framerates ini membuat pengalaman bermain gim menjadi lebih lancar.

Asus ROG Phone II

Meskipun tak berhasil menjual ROG Phone di Indonesia, Asus berhasil merilis dan menjual ROG Phone II awal bulan Desember 2019. Ponsel ini merupakan upgrade dari ROG Phone yang diluncurkan pada tahun lalu.

ROG Phone II memiliki beberapa peningkatan, yakni dari sisi dapur pacu dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 855+.

Salah satu smartphone gaming 2019. (Istimewa)

Untuk spesifikasi, ponsel mengusung layar AMOLED 6,59 inci yang juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6. Refresh rate layar ponsel mencapai 120 Hz yang diklaim mampu meningkatkan permainan dengan cepat.

Pada bagian belakang, ponsel membawa dua kamera dengan kamera utama 48MP dan ultra wide angle 13MP. Ponsel juga mendukung kebutuhan selfie dengan sensor kamera 24MP.

Spesifikasi lainnya yakni RAM 8GB, memori internal 128 GB, baterai 6.000 mAH, pengisian cepat 30 W, sistem operasi Android 9 dan ROG User Interface.

Blackshark 2

Blackshark yang masih berada dalam naungan Xiaomi, menghadirkan perangkat gaming generasi kedua mereka yang dinamakan Blackshark 2 Skywalker. Atau mari sebut saja Xiaomi Blackshark 2. HP ini merupakan seri ketiga Blackshark setelah, Blackshark dan Xiaomi Blackshark Helo.

Salah satu smartphone gaming 2019. (Istimewa)

Xiaomi Blackshark Helo sendiri hanyalah upgrade minor dari Xiaomi Blackshark seperti pada sektor desain dan peningkatan RAM saja. Berbeda hal dengan Xiaomi Blackshark 2. HP yang satu ini menawarkan bentuk desian yang lebih modern dengan logo “S” yang bisa menyala dan berubah warna.

Untuk performa, jelas Xiaomi Blackshark mengalami peningkatan. Di bagian chipset misalnya, tersemat Snapdragon 855 yang disokong dengan RAM mencapai 6 atau 8 GB. Selain itu, HP ini juga punya varian RAM 12 GB. Untuk layar, HP ini menawarkan layar AMOLED 6,39 inci Full HD+ dengan dukungan DCI-P3 100%.

Dari spesifikasinya, jelas HP ini cocok digunakan untuk main gim dengan grafis yang tinggi.

Blackshark 2 Pro

Xiaomi pun berhasil menjual ponsel gaming terbarunya Blackshark 2 Pro di Indonesia beberapa waktu lalu. Sama seperti ROG Phone II, ponsel ini memiliki dapur pacu kencang berkat Snapdragon 855+. Ponsel gaming memang dikenal dengan performa yang gahar.

Selain dapur pacu kencang, ponsel juga mengusung desain yang gahar. Untuk spesifikasi, ponsel hadir dengan layar AMOLED 6,39 inci dan memberikan frame rate 240Hz. Untuk kameranya dibekali dengan, dual kamera dengan sensro 48 MP dan 12 MP, serta kamera selfie 20 MP.

Spesifikasi lainnya yakni RAM 8GB atau 12GB, memori internal 128GB dan 256GB, baterai 4.000 mAh, pengisian cepat 27W, dan sensor sidik jari di layar.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.