Sejarah Nikon, Produsen Kamera Raksasa yang Tutup Lapak di RI

Sejarah Nikon menarik diketahui mengingat perusahaan ini baru tutup lapak di RI. Sejarah Nikon dimulai pada 25 Juli 1917 di Jepang.

JEDA.ID-Sejarah Nikon patut diulik lantaran perusahaan ini memutuskan hengkang dari Indonesia. Kira-kira bagaimana ya sejarah Nikon, salah satu produsen kamera raksasa dunia tersebut berdiri?

Dikutip dari detikcom, Kamis (22/10/2020), Nikon Indonesia mengumumkan hengkang dari Indonesia setelah 8 tahun menjalankan bisnis di dalam negeri. Dari pengumuman di akun Instagram resminya, perusahaan produsen kamera dan optik tersebut menyebut tanggal 21 Oktober merupakan hari terakhir Imaging Division PT Nikon Indonesia beroperasi.

Untuk layanan dan support terbaik maka seluruh kegiatan diintegrasikan ke PT Alta Nikindo sebagai distributor resmi.Pengumuman ini membuat sedih fotografer. Salah satunya Christina Tan.

Christina Tan, yang juga salah satu brand ambassador Nikon, mengaku Nikon Indonesia sudah seperti keluarga.

Ini 5 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

“Pastinya sedih denger kabar ini. Di Nikon Indonesia itu kompak grupnya. Di antara brand ambassador itu even ada orang terkenalnya, di Nikon family itu nggak ada perbedaan. Semua intinya tentang fotografi,” komentar Chris, sapaan akrabnya.

Selama dua tahun menjadi brand ambassador Nikon, wanita yang karya-karya fotonya dikenal lewat akun Instagram @sassychris1 ini merasa beruntung bisa bekerja sama dengan orang-orang luar biasa di dunia fotografi.
“Kita diperlakukan seperti family, bukan sekadar figur endorse-an. Kekeluargaan banget. Di tim ini masing-masing nggak pelit ilmu, saling berbagi. Dan Nikon-nya sendiri memberi kesempatan untuk berkembang dan tampil,” ujarnya.

Lalu, bagaimana reaksi warganet? ternyata warganet memberikan reaksi beragam.

Akun @THaripriambodo menilai bahwa Nikon tutup di Indonesia karena permintaan pasar di Indonesia melemah. “Sehingga operasional Nikon langsung di Indonesia menjadi tak layak,” tulisnya seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (22/10/2020).

Lainnya halnya dengan akun @otok_arwar, dia menulis bahwa tutupnya Nikon di Indonesia sudah diprediksi oleh para ahli kamera, akibat disrupsi hebat ponsel pintar yang makin lama makin canggih kualitas gambar yang dihasilkannya.
“Kamera akan gulung tikar efek smartphone. Kita harus selalu inovasi mengikuti teknologi,” tulisnya.

Akun @peachypie2806 berpendapat bahwa Nikon Indonesia tidak tutup, melainkan bekerja sama atau bergabung (merger) dengan pihak ketiga dalam kegiatan pemasaran, penjualan hingga layanan perbaikan kamera.

“Kalau Canon juga gitu, sales dan servicenya ke PT Datascrip. Tetapi masih aja tuh Canon hadir di Indonesia,” tulisnya.
Selain asumsi mengenai tutupnya Nikon Indonesia. Sebagian besar warganet mengaku sedih dengan kabar Nikon tutup. Nikon dilihat sebagai salah satu pelopor kamera dengan teknologi terbaik.

Sejarah Nikon

Lalu bagaimana sejarah Nikon? Mengutip laman resmi nikon.com, perusahaan ini didirikan pada 25 Juli 1917 dengan nama Nippon Kogaku atau Japan Optical Industries Co., Ltd. Saat itu perusahaan memproduksi pengukur jarak hingga mikroskop. Ini adalah langkah awal selama perjalanan panjang Nikon di dunia optik.

Memulai Bisnis Kosmetik dan Perawatan Kulit Mudah dengan 5 Tips Ini

Pendirinya adalah Pendiri Mitsubishi Yataro Iwasaki yang memiliki rencana penggabungan divisi optik dengan divisi cermin Iwaki Glass dengan Fuji Lens Manufacturing. Kolaborasi ini yang merupakan cikal bakal Nikon hari ini.

Pada 1921 Nikon mulai memasarkan Mikron 4x dan 6x atau teropong ultra kecil yang diproduksi untuk pertama kali. Di tahun yang sama, Nikon mulai menggandeng insinyur asal Jerman Max Lange untuk peningkatan kualitas teknologi optik yang dihasilkan.

Kemudian memasuki periode 1948 Nikon mulai menjual kamera berukuran kecil bernama Nikon Model I. Kemudian model kamera terus berkembang hingga menjadi Nikon S pada 1950.
30 tahun kemudian tepatnya 1980 Nikon merilis kamera seri F3 SLR yang merupakan kamera pertama Nikon yang memiliki rana elektronik dan pengaturan eksposur dan apertur otomatis. F3 ini juga memiliki jendela bidik LCD hingga pengaturan flash.

Pada 1983 Nikon mengeluarkan kamera compact dengan autofocus berseri L35AF. Di tahun yang sama Nikon juga merilis kamera F3AF SLR.

Suka Makan Ceker Ayam? Berikut Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Kemudian tahun 1992 mengeluarkan Nikonos RS yang merupakan kamera bawah air pertama keluaran Nikon. Pada 1999 kamera DSLR pertama milik Nikon meluncur dengan nama D1.

Nikon mulai memperkenalkan simbol merek dengan dominan kuning dan tulisan huruf berwarna hitam.

Pada 2009 kamera D3S dan D3X dan lensa NIKKOR digunakan di International Space Station (ISS) untuk merekam citra di ruang angkasa. 2016 Nikon meluncurkan action camera KeyMission 360, KeyMission 170 dan KeyMission 80. Kamera ini bisa digunakan di air dan untuk bertualang.

Pada 2020 atau di usianya yang ke 103 tahun, Nikon kemudian mengeluarkan D6 kamera digital SLR dengan FX-format atau versi flagship Nikon untuk fotografer olahraga, fotojurnalis yang memiliki kecepatan tinggi dan kecepatan transfer gambar.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.