• Thu, 25 April 2024

Breaking News :

Sejarah dan Resep Nasi Goreng Megawati

Resep nasi goreng Megawati dibuka ke publik saat kampanye PDIP di Tangerang, Banten, Maret 2019.

JEDA.ID–Cerita tentang resep nasi goreng Megawati bermula dari kampanye PDIP di Tangerang, Banten, 24 Maret 2019. Kampanye terbuka PDIP itu urung dihadiri Megawati Soekarnoputri. Namun, Ketua Umum PDIP itu tetap hadir lewat resep nasi goreng yang melegenda.

Resep nasi goreng buatan Mega ini dibuka kepada publik dalam kampanye itu. “Mulai hari ini, maka resep kuliner nasi goreng Ibu Mega go public untuk masyarakat Indonesia,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kala itu sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Resep itu sebelumnya sudah dibocorkan ke sejumlah ibu yang ikut lomba memasak sesuai resep nasi goreng Megawati. Hasto lalu mencicipi masakan dua orang ibu. Dia sempat menunjukkan sebuah kertas yang berisi resep dan cara memasak nasi goreng Megawati itu.

Bumbunya terdiri atas bawang merah, putih, dan bombai. Ditambah sedikit terasi dan daun kol sesuai selera. Lalu, cabainya ada tiga jenis: gendot, merah keriting, dan cabai rawit.

Kemiri 1-2 butir, garam, kecap, dan lemak ayam secukupnya. Semua bahan itu dipadukan dengan mentega, 2 butir telur ayam, dan suiran daging ayam bagian dada.

Ada tiga tahap dalam memasak resep itu. Pertama memasak bumbu seperti cabai yang dimasak dengan suwiran daging ayam dan lemak ayam.

Tahap kedua adalah menggoreng singkat nasi putih, diikuti menggoreng telur ayam yang lalu dicampurkan dengan nasi tadi. Kecap dimasukkan ke dalamnya dan diaduk-aduk.

Menjamu Pendemo

Terakhir, bumbu yang disiapkan di tahap pertama dimasukkan ke adonan nasi dan diaduk terus hingga tercampur semuanya.
Hasto mengatakan resep nasi goreng itu awalnya ditemukan Megawati saat ayah Mega yang juga Presiden pertama Soekarno ingin menjamu makan sejumlah pendemo.

Bung Karno kemudian meminta Megawati memasak, dan muncullah resep itu. Megawati memasak nasi goreng bukan tanpa alasan. Soekarno termasuk penggemar nasi goreng.

Cerita Soekarno dengan makanan favoritnya yaitu nasi goreng cukup sering mencuat. Ada kisah saat Soekarno sahur dengan nasi goreng menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Kala itu, Soekarno berada di rumah Laksamana Maeda. Pembantu di rumah itu pun menghidangkan nasi goreng untuk Soekarno. Nasi goreng itu disantap sembari merumuskan naskah proklamasi pada dini hari.

Kisah lainnya tersaji di Istana Bogor. Suatu ketika Duta Besar AS untuk Indonesia, Howards Jones mengunjungi Soekarno di Istana Bogor.
Istri Soekarno Hartini selalu menjamu dengan memasak menu andalan berupa nasi goreng yang terkenal enak dan sangat disukai Howard Jones maupun Bung Karno. Kala itu, Soekarno makan nasi goreng dengan memakai tangan, tanpa sendok.

Termasuk pula cerita Megawati yang diminta membuat nasi goreng oleh Soekarno untuk menjamu pendemo. Resep nasi goreng yang awalnya untuk pendemo ini kini kerap menjadi alat diplomasi politik.

Kisah dengan Gus Dur

mega gus dur

Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati (NU)

Presiden keempat Abdurrahman Wahid hingga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi beberapa tokoh yang menyukai nasi goreng ala Megawati itu. ”Saat Presiden Abdurrahman Wahid masih hidup, nasi goreng ala Megawati itu adalah salah satu makanan favoritnya,” kata Hasto.

Cerita Megawati dan Gus Dur tentang nasi goreng ini pernah dikisahkan Mega saat hadir dalam Halaqah Nasional Alim Ulama dan Deklarasi Majelis Dzikir Hubbul Wathon di Jakarta, 13 Juli 2017.

Sebagaimana dikutip dari nu.or.id, Megawati menceritakan tentang kedekatan antara dirinya dengan Gus Dur.  Namun, kedekatan yang diungkapkan kali ini berbeda, karena mengenai keduanya yang suka berantem.

“Biasanya kalau saya berantem dengan beliau, terus saya gak mau ketemu. Purik [dongkol]. Saya tahu pasti nanti saya menang, Karena apa, pasti nanti Gus Dur telepon. ‘Mba, lagi opo’, ‘di rumah mas’. ‘Bikinkan saya nasi goreng ya, saya sudah di depan pintu rumah’,” ujar Megawati diikuti tawa hadirin.

Putri Presiden Soekarno ini pun mau tidak mau membikin nasi goreng pesanan Gus Dur. “Ya kalau baikan ya begitu, ya tentunya terpaksa toh saya bikin nasi goreng,” kata dia.

Begitu juga dengan Prabowo. Dia yang bertemu dengan Megawati di Jakarta, Rabu (24/7/2019) dijamu dengan nasi goreng. Prabowo pun menyebut nasi goreng masakan Megawati sangat enak. “Waktu mencoba masakan nasi gorengnya, saya sampai nambah,” kata dia.

”Itu namanya politik nasi goreng, yang ternyata ampuh,” kata Megawati kemudian. Resep nasi goreng ala Megawati sudah dibagikan ke publik, jadi tidak ada salahnya mencoba.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.