Pernah Diremehkan, 10 Tokoh Fenomenal Ini Berhasil Guncang Dunia

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari tokoh-tokoh inspiratif di dunia. Dari kisah perjalanan dan perjuangan hidup serta pengaruhnya yang luar biasa, tokoh-tokoh tersebut bisa disebut fenomenal.

JEDA.ID—Banyak hal yang bisa kita pelajari dari tokoh-tokoh inspiratif di dunia. Dari kisah perjalanan dan perjuangan hidup serta pengaruhnya yang luar biasa, tokoh-tokoh tersebut bisa disebut fenomenal.

From zero to hero, adalah ungkapan yang layak disematkan bagi siapa pun orang hebat datangnya dari mereka yang dulunya bukan apa-apa. Bahkan tak hanya ‘bukan siapa-siapa’, orang-orang hebat “lahir” setelah diremehkan, dihina, dicaci, mengalami diskriminasi dan sebagainya.

Berikut adalah sejumlah tokoh-tokoh fenomenal yang sebelumnya diremehkan seperti dilansir dari berbagai sumber.

Fakta-Fakta di Balik Virus Corona Disebut Melemah

1. Lionel Messi

Siapa yang tak tahu sosok satu ini? Tanpanya mungkin Barcelona takkan pernah “menggila” dengan pencapain-pencapaiannya.

Padahal dari masa lalunya, Messi hanyalah bocah yang sering di-bully gara-gara tubuhnya tak mampu tumbuh sempurna, alias pendek.

Ia bahkan pernah diusir dari klub sepak bola sekolahnya. Namun berjalannya waktu, sang Messiah mampu membuat kekurangannya menjadi kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh pemain dunia kebanyakan.

2. Michael Jordan

MIchael Jordan (wikipedia)

MIchael Jordan (wikipedia)

Jangan ngaku penggila basket jika tak tahu Michael Jordan. Pria Amerika Serikat ini sangat fenomenal dengan kiprah di NBA. Teringat bagaimana Jordan melakukan dunk-dunk kerennya, termasuk skill gila yang takkan mudah dilakukan pemain basket lainnya bernama Air Dunk.

Siapa yang menyangka jika Jordan yang sehebat ini pernah sangat bermasalah dengan basket. Ya, dulu ia pernah dikeluarkan dari tim basket SMA-nya. Jordan muda yang labil pun sempat depresi. Hingga akhirnya ia berpikir keras lalu membulatkan tekad dan akhirnya bisa jadi Jordan yang kita tahu sekarang.

3. Albert Einstein

Einsten adalah salah satu ilmuwan paling brilian yang pernah dimiliki dunia. Kiprahnya benar-benar mendunia lantaran kepintarannya yang dianggap hal mustahil di zaman kekinian. Teori Relativitas yang sangat berguna itu adalah salah satu buah karya Einstein. Percaya tak percaya, sangat pintar ketika dewasa, Einsten pernah dianggap bodoh ketika masih belia.

Berbeda dengan bocah-bocah seusianya, Einsten kecil belum sanggup bicara hingga umur empat tahun. Bahkan sang guru mengatakan jika Einstein sepertinya akan sulit diajari karena hal tersebut. Namun waktu menjawab anggapan buruk tersebut dengan raihan gila Einstein.

4. Thomas Alva Edison

Nasib Thomas Alfa Edison mungkin mirip dengan Albert Einstein. Pria kelahiran 11 Februari 1847 ini pada masa kecilnya mengalami kejadian yang cukup suram. Bahkan gurunya pun pernah mengatainya sebagai orang yang sangat bodoh. Thomas kecil pun hidup dalam hinaan karena dianggap bodoh dan tidak bisa melakukan apa-apa. Saat umurnya sudah menginjak dewasa, berbekal segala hinaan yang dia dapat, Thomas pun akhirnya bangkit dan mulai melakukan riset-riset mandiri.

Dan seperti yang kita tahu sekarang, Thomas merupakan seorang penemu yang banyak mengembangkan peralatan penting. Dia merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan. Penemuannya yang paling terkenal adalah penemuan lampu listrik.

5. Oprah Winfrey

Oprah mungkin orang sukses yang perjalanan hidupnya paling rumit. Ia pernah mengalami kekerasan saat muda, mengalami pelecehan bahkan pernah pula mencoba bunuh diri. Saat dewasa cobaan hidup juga tak berhenti menerpanya. Ketika itu ia pernah melamar menjadi penyiar berita. Namun diberhentikan gara-gara tubuhnya yang dinilai tak proporsional.

Mengalami banyak hal buruk, Oprah pun menemukan titik baliknya dan akhirnya menjadi salah satu orang paling sukses di Amerika. Namun kesuksesan tak membuatnya lupa diri. Dia juga sangat dermawan. Bahkan ia pernah memberikan satu buah mobil kepada setiap penonton yang hadir pada acaranya.

6. Walt Disney

Siapa yang menyangka jika Walt Disney, salah satu orang terkaya yang pernah ada, dulunya bekerja di media cetak. Sayangnya karier Walt tidak begitu bagus dan akhirnya ia dipecat. Sang pimpinan berdalih jika ide-ide Walt sudah kacangan dan tak mampu membuat sesuatu yang menarik.

Setelah dipecat dari perusahaan koran tempatnya bekerja, Walt kemudian berpikir keras dengan pikirannya yang katanya tak lagi kreatif itu. Kemudian dia membuat tokoh Mickey Mouse sebagai awal kiprah Disney yang menggila seperti sekarang.

Punya Sensasi Tersendiri, Ini 6 Tips Aman Bersepeda di Malam Hari

7. Eminem

Seperti remaja Amerika kebanyakan, kehidupan muda Eminem dulu bisa dibilang buruk. Pendidikannya tamat lantaran ia berjibaku dengan kenakalan dan obat-obatan. Kemiskinan juga pernah ia rasakan bahkan sampai percobaan bunuh diri dengan cara overdosis. Namun usahanya bunuh diri gagal.

Hingga akhirnya ia bangkit dari tekanan dan akhirnya mulai berkarya. Hingga akhirny dia sukses bermusik bahkan meraih Grammy Award. Penjualan albumnya yang mencapai puluhan juta keping di seluruh dunia.

8. Beatles

Ada banyak musikus keren, namun The Beatles berada di level yang sama sekali berbeda dari yang lain. Ya, mereka bisa dianggap dewanya musik lantaran lagu-lagunya masih menginspirasi banyak orang hingga saat ini. Maka tak salah ketika banyak orang di dunia menjuluki jika band asal Inggris ini sebagai yang terbaik di dunia.

Uniknya, meskipun begitu masiv pengaruhnya, The Beatles pernah ditolak oleh sebuah studio. Studio ini bernama Decca yang menganggap musik Beatles tak enak didengarkan. Bahkan manajemen Decca mengatakan jika John Lennon dkk akan sulit sukses di dunia musik. Namun anggapan ini berbalik 180 derajat dengan menggilanya Beatles di pentas dunia.

9. Rowan Atkinson

Dunia mengenal sosok Mr Bean sebagai orang aneh bin ajaib. Ternyata inspirasi tokoh itu berasal dari masa kecil Rowan Atkinson itu sendiri. Terutama saat ia berusia 9 tahun. Meski saat kecil ia tergolong anak yang ceria, Rowan Atkinson kerap menjadi sasaran perisakan (bullying). Rowan kerap diejek karena ia bersikap aneh dan terlihat seperti alien.

“Mr Bean itu sangat kental dalam diriku. Dia itu canggung secara sosial, egois, dan tak punya tata krama. Tapi dia manis, lugu, dan punya niat yang sebenarnya baik,” tutur Rowan Atkinson dalam artikel yang dimuat Independent pada 1998, seperti dilansir liputan6.com.

Meski secara akademis dia sebenarnya adalah orang yang cerdas.  Terbukti, Rowan Atkinson meraih gelar sarjana jurusan Teknik Elektro di Newscastle University. Ia meraih nilai tertinggi di antara mahasiswa lain yang lulus seangkatan dengannya.

Namun ternyata jalan hidupnya memang di dunia hiburan.  Sepanjang kariernya, Rowan Atkinson telah tampil dalam sejumlah peran. Mulai dari agen rahasia kocak Johnny English, hingga beragam karakter Blackadder yang bernuansa sejarah. Namun bisa dibilang perannya yang paling dikenal, adalah sebagai Mr Bean.

10. BTS

Korea Selatan memang gudangnya boyband. Namun dari sekian banyak boyband di sana, tak banyak yang kiprahnya bisa menembus pentas dunia termasuk Amerika Serikat yang terkenal sangat ketat persaingannya.

Salah satunya adalah Bangtan Sonyeondan atau BTS. Kelompok ini menaungi 7 cowok,
Kim Namjoon (RM), Kim Seok Jin, Min Yoon Gi (Suga),Jung Ho Seok (J-Hope),Park Ji Min, Kim Tae Hyung (V), dan Jeon Jeong-guk (Jungkook).

Berangkat dari agensi kecil Big Hit Entertainment saat awal debutnya pada 2013, BTS sering diremehkan dan dipandang sebelah mata. Namun dengan semangat dan kerja keras, mereka berhasil sukses luar biasa hingga saat ini.

Nama BTS tidak henti-hentinya digaungkan oleh Army, penggemarnya yang tersebar di berbagai negara. Berbagai penghargaan diraih, jutaan kopi album terjual, hingga tiket yang selalu ludes setiap mereka menggelar konser. Mereka pun tampil di ajang-ajang musik bergengsi termasuk Billboard Award dan Grammy Award. Terbaru pada ultahnya yang ke-7 belum lama ini, BTS mampu mencetak rekor dengan konser online berbayar yang disaksikan 756.000 penonton di seluruh dunia.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.