• Fri, 19 April 2024

Breaking News :

Jadi Jubir Baru Gugus Tugas Covid-19, Ini Profil dan Tips Sehat Dokter Reisa

Ada yang berbeda saat jumpa pers up date penanganan Covid-19 pada Selasa (9/6/2020) dengan hadirnya dokter cantik Reisa Broto Asmoro.

JEDA.ID-– Ada yang berbeda saat jumpa pers up date penanganan Covid-19 pada Selasa (9/6/2020) dengan hadirnya dokter cantik Reisa Broto Asmoro.

Setiap hari Tim Gugus Tugas Covid-19 memang menyampaikan pesan-pesan edukasi kepada masyarakat. Biasanya hanya Yurianto yang menyampaikannya. Namun, saat penayangan pada Selasa, terlihat Yuri didampingi oleh dokter Reisa Broto Asmoro.

Banyak warganet yang bertanya apakah dr Reisa menggantikan Achmad Yurianto sebagai juru bicara penanganan Covid-19? Namanya juga langsung masuk trending Google.

Ternyata dokter cantik ini secara resmi sudah masuk dalam Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Fadjroel Rachman selaku juru bicara kepresidenan, “Ada 2 Jubir Covid-19 sekarang: Pak Dokter Yurianto dan Mbak Dokter Reisa: Ajak Masyarakat Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru,” tulis Fadjroel dalam cuitan Twitternya.

“Dokter Reisa secara resmi adalah Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19, sedangkan Dokter Yurianto adalah Jubir Covid-19. Keduanya bahu-membahu memberikan informasi dan edukasi ke publik. Ayo tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan & tidak berkerumun,” imbuh Fadjroel.

Bgi yang penasaran Sosok dr Reisa Broto Asmoro, ini sekilas profilnya seperti dilansir detikcom, Rabu (10/6/2020).

Orang Tua Tak Perlu Memaksakan Diri Jadi Guru dan Cara Mendidik Anak Berdasar Zodiak

1. Arek Malang

Lahir pada 28 Desember 1985 di Malang, dokter Reisa memiliki nama asli Reisa Kartika Sari. Ia dikenal dalam layar kaca setelah menyelesaikan pendidikan pada Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan dan Universitas Indonesia.

Wajah Reisa sudah familiar di masyarakat karena dirinya menjadi dokter host untuk acara Dr Oz Indonesia di Trans TV pada 2014 bersama almarhum dr Ryan Thamrin.

2. Karier

Setelah lulus, dr Reisa Broto Asmoro pernah bekerja sebagai tenaga medis forensik di RS Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati. Bahkan ia menjadi salah satu anggota DVI (Disaster Victim Identification) yang salah satunya terlibat dalam proses investigasi korban Sukhoi dan beberapa bom terorisme di Jakarta.

3. Ikut Ajang Kecantikan

Tak hanya menjadi host di acara kesehatan. Reisa Broto Asmoro juga pernah mengikuti ajang kecantikan Puteri Indonesia pada 2010. Kala itu, ia menjadi perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010, ia juga dinobatkan sebagai Duta Energi Bersih.

Reisa juga pernah menjadi runner up Miss Internasional Indonesia 2011.

4. Menikah dengan Putra Keraton Solo

Pada 2012, Reisa dipersunting oleh salah satu anggota keraton Solo, yaitu Kanjeng Tedjodiningrat Broto Asmoro. Ia mendapatkan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung, namun dr Reisa lebih senang menuliskan namanya dengan Reisa Broto Asmoro mengikuti, nama keluarga sang suami.

5. Menjadi Bagian Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19

Kepiawaiannya menjadi presenter dan memiliki ilmu kedokteran yang mumpuni membuat dr Reisa Broto Asmoro dipilih secara resmi menjadi bagian dari Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19 bersama dengan dokter Achmad Yuri. Keduanya bahu-membahu memberikan informasi dan edukasi kepada publik. Dengan tetap disiplin menggunakan masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan, dan tidak berkumpul.

Yuri mengatakan dokter Reisa tergabung dalam Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Dia menyebut dokter Reisa juga bertugas menyampaikan pesan edukasi pencegahan Corona ke masyarakat.

“Lihat saja, dia ada di Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas. Sama seperti yang lain bisa menjadi host talk show atau mengedukasi masyarakat,” sebut Yuri saat ditanya, apakah dokter Reisa menggantikan posisinya.

Tanpa Lockdown, Virus Corona Bisa Jangkiti 500 Juta Orang, Ini Perinciannya

Hidup Sehat

Di balik kesibukannya, dr Reisa ternyata tidak lupa selalu menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Berikut tips sehat ala dr Reisa agar tetap sehat dan selalu bersemangat tiap harinya.

1. Selalu happy

Menurut dr Reisa, selalu happy membantu pikirannya bebas dari segala beban. Pikiran yang bebas beban ditambah olahraga teratur, membantu dr Reisa siap menjalankan berbagai kegiatan setiap hari

“Tips dari saya tentu selalu happy, menjaga pola makan sesuai dengan gizi seimbang, dan olahraga teratur sesuai anjuran World Health Organization [WHO] yaitu 3-5 kali seminggu,” kata dr Reisa kepada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Nggak lupa olahraga

Untuk olahraga, dr Reisa mengatakan rutin melakukan stretching setiap hari. Menurutnya, stretching adalah olahraga yang paling mudah dan bisa dilakukan setiap waktu.

Bebas Polusi, Ini 6 Tempat dengan Udara Terbersih di Dunia

3. Konsumsi air yang cukup

Selain olahraga, dr Reisa juga memastikannya dirinya cukup istirahat dan minum air putih dengan teratur. Tentu saja rutin minum air putih punya segudang manfaat.

Salah satunya, minum air putih dapat membantu melembabkan kulit secara alami. Sebab air putih bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit.

4. Atur pola makan

Pola makan yang teratur memberikan dampak yang baik pula bagi kesehatan. Terkait porsi makan, dr Reisa punya resep tersendiri untuk mengatur pola makannya.

“Makan 3 kali sehari dengan porsi seimbang. Makanan yang aku konsumsi dikelola lebih sehat. Contohnya saya suka karbohidrat seperti nasi merah, karena mendapatkan keuntungan lebih dari seratnya,” kata dr Reisa.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.