Game Konsol Paling Ikonik dari Masa ke Masa

Game konsol di era sekarang menjadi ladang pertarungan Sony dan Microsoft.

JEDA.ID – Pasar game saat ini sudah bukan menjadi milik mesin konsol. Tumbuh pesatnya perkembangan teknologi smartphone membut game mobile perlahan mencaplok pangsa pasar gamer yang mulai banyak beralih platform. Meski begitu, game konsol tetap hidup.

Saat ini, Nintendo, Sony dan Microsoft menguasai pasar game konsol selain Steam. Sony konsisten dengan Playstation, Microsoft dengan Xbox, sementara Nintendo mencoba mengutak-atik konsol gamenya hingga tercipta Nintendo Switch.

Ketiga produsen besar ini masih menikmati sisa-sisa masa kejayaannya yang mulai luntur lantaran ekspansi game mobile. Sony dan Microsoft memanfaatkan pasar pengguna lawas Playstation dan Xbox yang enggan menjadikan game mobile sebagai hiburan utama. Sedangkan Nintendo terus memutar otak untuk mencari konsol alternatif selain Xbox dan Playstation.

Nintendo, Sony, dan Microsoft telah melewati berbagai generasi sampai akhirnya harus bertarung dengan platform mobile gaming. Selain ketiga produsen ini ada pemain-pemain lawas dari mulai era Atari hingga Sega.

Berikut sejarah perkembangan game konsol dari masa ke masa;

Generasi Pertama

Jauh sebelum era Playstation vs Xbox, Atari membuat mesin game konsol di era 1960-an. Atari memulai ide besar yang dirintis 1966. Atari bahkan merancang teknologi ini dengan sebagian besar kreatornya yang masih berstatus mahasiswa.

Diulas New York Times, 27 Agustus 2006, Atari bermula dari prototipe bernama Brown Box yang kemudian terbit dengan nama Magnavox Odysey pada Mei 1972.

Konsol game ini berisi 16 game built-in dan dapat diganti dengan menggunakan switch. Magnavox Odysey tercatat sebagai perkembangan konsol game pertama di dunia dengan penjualan 200.000 unit.

Kejayaan Atari menjadi generasi pertama game sejarah perkembangan game konsol. Generasi kedua muncul di sekitar 1976 lewat penemuan game konsol 4 bit dan 8 bit. Di generasi kedua ini pula dimana perkembangan konsol game pertama kali menggunakan media cartridge di tahun 1976 oleh Fairchild VES.

Fairchild VES. (Retrogame)

Fairchild VES. (Retrogame)

Game konsol Fairchild VES hanya bertahan satu tahun sampai akhirnya tak lagi berjaya di 1977. Meski begitu, Fairchild VES adalah mesin pertama yang layak disebut sebagai konsol.

Di tahun yang sama dengan kegagalan VES, Atari membuat Atari 2600 dengan game ikoniknya Space Invaders. Ini menjadi awal perkembangan dunia game konsol sebelum akhirnya ambruk pada 1983 karena invasi game di platform PC.

Atari 2600. (Wired.com)

Atari 2600. (Wired.com)

Namun, tak lama kemudian muncul Famicom. Perusahaan asal Jepang ini menggagas salah satu mesin game paling legendaris bernama Nintendo Entertainmen System (NES) di akhir 1983. Inilah awal generasi ketiga dimulai.

Untuk pertama kalinya konsol game menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi. Hal ini tentu saja mendapatkan sambutan positif di Jepang yang lantas membuat Famicom mulai melebarkan sayap ke berbagai negara termasuk Amerika.

NES lantas memperkenalkan dunia Super Mario Brothers dengan karakternya yang fenomenal. Berbagai game mulai diproduksi dan menjadi game-game terlaris sepanjang sejarah.

Kemunculan Nintendo

Game konsol berkembang pesat. Pada generasi keempat Famicom dengan Nintendo mulai memiliki saingan yaitu perusahaan Sega. Di tahun 1988 Sega merilis konsol mereka yang dikenal dengan Sega Genesis.

Sega genesis lebih menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang sangat halus dibandingkan dengan pesaingnya, NES. Meski begitu, NES masih tetap menjuarai angka penjualan konsol.

NES dari Famicom. (Istimewa)

NES dari Famicom. (Istimewa)

Namun, Famicom tak mau ketinggalan. Dua tahun kemudian, sekitar 1990, Famicom meluncurkan Super NES. Perang Famicom, yang belakangan lebih dikenal dengan Nintendo, dan Sega dimulai. Sega menancapkan namanya dengan meluncurkan Sonic the Hedgehog pada tahun 1991.

Di tengah perang ini, 1994 SNES mulai melengkapi konsolnya dengan menyertakan chip super FX di cartridgenya dan Sega menyediakan Sega Virtual Processor. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas grafis game mereka masing-masing.

Pada tahun ini juga, mulai bermunculan perusahaan konsol game terbaru salah satunya konsol game yang diluncurkan oleh perusahaan terkenal yaitu Panasonic.

Panasonic mengeluarkan konsol pertama dan menamakannya Panasonic 3DO. Namun sayangnya konsol game ini tidak begitu laris dipasaran dan terpaksa mereka harus menghentikan produksinya.

Peta persaingan di dunia game mulai berubah drastis saat Sony merilis Playstation pada 3 Desember 1994. Game ini dengan cepat diterima dunia setelah perilisan versi global pada 9 September 1995 di Amerika dan 29 September 1995 di Eropa.

Playstation

Mencuatnya Playstation ternyata tidak melemahkan Nintendo untuk tetap bertahan di dunia konsol game. Namun, sayangnya pesaing Nintendo yaitu Sega, harus gulung tikar walaupun ia sudah mencoba merilis Sega Dreamcast di tahun 1998 dan tidak berhasil. Sony semakin menguasai dunia perkembangan konsol game ketika PlayStation 2 diperkenalkan ke dunia.

Playstation. (Istimewa)

Playstation. (Istimewa)

Nintendo juga tak ingin kalah dengan Sony, ia mengeluarkan GameCube dengan ukuran DVD yang lebih kecil dari biasanya sebesar 8cm. Namun, justru hal ini membuat GameCube tidak mendapatkan respon yang begitu positif dan harus puas hanya mendapatkan posisi kedua setelah Playstation.

Pada era ini pula Nintendo berlomba-lomba menarik perhatian para gamers dengan game handled mereka. Nintendo yang mengeluarkan Nintendo DS dan dilengkapi layar ganda serta fitur online dan touch yang lebih sensitive. Begitu pula dengan Sony yang mengeluarkan handled gamenya yaitu PlayStation Portable (PSP) yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya.

Playstation vs Xbox

Menjelang 2000, Microsoft ikut dalam perang di pasar game dengan Xbox. Di kemudian hari, Xbox menjadi pesain terkuat Sony. Sedangkan di awal kemunculannya, Xbox diterima berkat satu game ikoniknya, Halo.

Setelahnya, perang berlanjut di generasi ketujuh dengan variasi mesin game lebih beragam. Ada Wii, Playstation 3, dan Xbox360.

Wii adalah konsol bikinan Nintendo yang dirilis 2006. Xbox bukan cuma mengandalkan Halo, tapi ada game-game menarik lain seperti Gears of War. Playstation mendapat keistimewaan dengan banyaknya developer yang mengembangkan game di platform Playstation.

Namun, Sony mendapat tantangan berat lantaran Playstation 3 tak selaris konsol sebelumnya, Playstation 2. Sony sedikit terpukul lantaran Nintendo berhasil mencuri pasar dengan Wii yang memperkenalkan kontroler berbasis motion sensitive.

Masa suram Sony mulai berakhir setelah mereka meluncurkan Playstation 4 pada 15 November 2013. Sony kembali bangkit dan menantang pesaing terberatnya sekarang, Microsoft dengan Xbox One.

Hingga kini Sony dan Microsoft menjadi pesang ketat di pasar game konsol. Sedangkan Nintendo mencoba menawarkan pengalaman baru dengan konsol portabelnya, Switch.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.