Urusan Konsol Portabel, Nintendo Switch Menang Tanpa Perlawanan

Nintendo Switch mampu bertahan sebagai konsol game portabel sementara rivalnya justru gulung tikar.

JEDA.ID – Di tengah stagnansi pasar game konsol, Nintendo bertahan dengan mesin game andalannya hari ini, Switch. Konsol game serba bisa ini nyatanya banyak direkomendasikan para reviewer teknologi sebagai gadget paling hits 2019.

Nintendo Switch adalah konsol video game portabel yang dirilis pada 3 Maret 2017. Hingga tiga tahun pasca-peluncurannya, Nintendo Switch berhasil bertahan di tengah gemburan game mobile yang makin variatif.

Kabar terbaru, Switch mencatat kontribusi pejualan yang memuaskan untuk Nintendo. Berdasarkan laporan Forbes, Jumat (3/12/2019), Switch menjadi primadona lantaran penjualan globalnya mencapati 49,79 juta unit. Jumlah yang telah melampaui Super Nintendo yang terjual 49,10 juta unit.

Dengan rekor baru ini, Switch dikukuhkan sebagai konsol game terlaris Nintendo sepanjang sejarah. Hal ini sepertinya wajar lantaran sejak pertama kali dirilis performa penjualan Switch memang sangat moncer. Perangkat ini sempat mendapat predikat sebagai konsol dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah Nintendo.

Sejak diluncurkan perdana, penjualan konsol ini dilaporkan semakin menggila dan tak terlihat tanda-tanda penurunan dalam penjualan setelah dua tahun dirilis.Bahkan penjualan Nintendo Switch sanggup mencetak rekor baru.

Di sisi lain, kesuksesan Switch juga tak lepas dari game-game yang mereka hadirkan. Sejumlah developer berhasil mengelaborasi antara game-game yang betul-betul baru dan game legendaris yang dikemas dengan sangat apik.

Terbukti, lima game terlaris Nintendo Switch seluruhnya adalah game yang diramu dari tokoh-tokoh univers lama Nintendo. Dari universe Super Mario Bros ada Mario Kart 8 Deluxe dengan penjualan 19,01 juta unduhan, Super Smash Bros. Ultimate 15,71 juta, Super Mario Odyssey 15,38 juta, menjadi tiga terlaris.

Lalu masih ada Super Mario Party dengan 7,59 juta unduhan, New Super Mario Bros. U Deluxe 4,59 juta, Super Mario Maker 2 dengan 3,93 juta yang juga masuk 10 besar game terlaris Nintendo Switch..

Sisanya Universe Zelda dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild dengan 14,54 juta kali unduhan. Pokemon dengan Pokemon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokemon: Let’s Go, Eevee! sebanyak 11,28 juta. Lalu ada Pokemon Sword / Shield dengan unduhan mencapai 6 juta.

Game-game ini melibatkan nostalgia dari pengguna lama Nintendo dikombinasi gameplay yang tentu menarik bagi pengguna baru konsol Nintendo.

Game Konsol Paling Ikonik dari Masa ke Masa

Kelebihan Nintendo Switch

Selain game-game itu, Nintendo Switch memiliki kelebihan di portabilitasnya yang menyenangkan. Di kelas konsol, Switch praktis sudah tak memiliki pesaing berarti. Sony sudah tak melanjutkan konsol portabelnya sementara tak ada pesaing baru yang cukup berarti.

Meskipun dari segi grafis masih kalah jauh dari Playstation 4, tapi konsol game portabel ini sanggup memberikan experience yang berbeda.

Kelebihan lain dari konosl portabel ini adalah punya kualitas produk yang bagus, tahan lama, dan solid. Konsol game portabel ini dibekali layar seluas 6.2 inci beresolusi HD 1280 x 720 piksel.

Layarnya tidak dibekali kaca Corning Gorilla Glass. Namun meski tanpa perlindungan, kaca layar Nintendo Switch masih lebih kuat dibanding layar smartphone pada umumnya.

Meski hanya dibekali layar HD 720p, namun masih cukup nyaman untuk dipakai bermain game di perjalanan. Kualitas warna dan kecerahannya juga masih cukup enak dipandang di dalam atau luar ruangan.

Layar HD-nya bisa menampilkan game dalam kecepatan 60fps. Sebenarnya Anda bisa memainkan game dalam resolusi 1080p, asalkan konsol dipasang di Dock. Namun sayang, frame ratenya hanya mentok di 30fps.

Nintendo Switch hanya dibekali RAM 2GB dan layar HD. Tapi jangan salah, meskipun spesifikasinya tidak tinggi, tapi masih bisa mainin game dengan lancar.

Nintendo Switch hanya dibekali RAM 2GB, karena perangkat ini memang tidak dirancang untuk bisa menjalankan 2 game dalam waktu bersamaan.

Switch memiliki slot Micro SD yang bisa dijadikan tempat menampung game yang lagi kamu mainin. Disarankan untuk pasang Micro SD besar dan punya kecepatan read dan write tinggi.

Game Konsol Next Gen: Playstation 5 vs Xbox Series X

Spesifikasi Lengkap Nintendo Switch

  • Processor/GPU: NVIDIA Tegra Custom Processor
  • RAM: 2GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: up to 2 TB with microSDHC or microSDXC
  • Layar: LCD Touch Screen 6.2 inci, HD 1280 x 720 piksel
  • Wireless: WiFi IEEE 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1
  • Video Output: up to 1080p in TV Mode, up to 720p in Tabletop and Handheld Mode
  • Audio Output: Stereo 5.1ch Linear PCM output or via HDMI connector in TV Mode
  • Port Connector: USB Type C
  • Audio Input: 3.5 mm Audio Jack
  • External Slots: Nintendo Switch Game Card Slot and microSD Slot
Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.