Game Konsol Next Gen: Playstation 5 vs Xbox Series X

Di tahun depan, Playstation 5 akan ditantang Xbox Series X.

JEDA.ID – Rivalitas Sony dan Microsoft di jagat mesin game konsol akan terus berlanjut. Untuk generasi selanjutnya, Sony bakal hadir dengan konsol andalannya Playstation 5 sedangkan Microsoft sudah menyiapkan Xbox Series X.

Sony dan Microsoft menandai rivalias mereka di platform game konsol sejak lebih dari satu dekade silam. Microsoft dengan generasi pertama Xbox berhasil menumbangkan popularitas Nintendo dan mengusik kejayaan Sony Playstation.

Game Konsol Paling Ikonik dari Masa ke Masa

Di awal kemunculannya Xbox mencuri perhatian lewat game Halo. Awal era 2000-an Xbox menawarkan pengalaman konsol gaming yang sedikit berbeda dari Playstation meski sama-sama memakai joystick.

Microsoft terus menguntit kejayaan Sony lewat pertarungan konsol dari generasi ke generasi. Saat Sony muncul dengan Playstation 2, Xbox hadir. Generasi selanjutnya menjadi pertarungan Playstation 4 dan Xbox 360. Lalu Xbox One muncul menantang Playstation 4.

Di tahun depan, Playstation 5 akan ditantang Xbox Series X. Dilansir Businessinsider, kedua konsol game baru ini diharapkan tiba pada musim belanja liburan 2020. Kedua konsol ini akan didukung developer game ternama untuk menggaet pasar.

Kedua konsol game memiliki chip yang sama, jumlah memori yang sama dan tingkat penyimpanan yang sama. Keduanya memiliki disc drives dan diharapkan meluncur selama musim liburan 2020.

Microsoft dan Sony menggunakan prosesor AMD Navi untuk membuat konsol mereka lebih cepat dari sebelumnya. Perangkat juga dibekali dengan solid-state hard drives untuk mengurangi waktu load. Keduanya menggunakan RAM GDDR6 untuk memori.

Sony telah sedikit lebih detail daripada Microsoft. PlayStation 5 tampaknya akan menampilkan CPU berbasis Ryzen dari AMD.

Baik Microsoft dan Sony menggembar-gemborkan kemampuan untuk menghasilkan 8K visual dan dukungan untuk “ray tracing” (sistem pencahayaan yang ditingkatkan untuk visual game).

Konsol Xbox generasi berikutnya menggunakan teknologi yang sangat mirip dengan apa yang digunakan Sony dengan PlayStation 5.

Cara Mengendalikan Diri Biar Tidak Kecanduan Game Online

Playstation 5

Sony telah mengumumkan PlayStation 5 akan meluncur resmi pada musim belanja tahun 2020 atau menjelang akhir tahun, kemungkinan pada awal Desember. Menurut bocoran, PS5 akan menggunakan CPU eight-core yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini.

Dilansir Mirror.co.uk, otak PS5 yang baru dari AMD juga akan membawa adegan game yang jauh lebih meyakinkan dan realistis.

“Akan memperluas penggambaran adegan, jadi saya yak sabar untuk membuat game lebih natural penggambarannya, terutama yang terasa realistis seperti Anda berada di sana,” tutur Keisuke Kikuchi, produser game Fairy Tail.

Meski demikian, ia sudah siap jika PS5 tak sesuai harapan tinggi yang dibebankan. “Penggambaran dalam level lebih tinggi juga akan mengkonsumsi clock speed, jadi saya mempersiapkan diri bahwa hal itu tidak sesuai ekspektasi,” ujar Keisuke lagi.

Penjelasan Ilmiah Game Online Bisa Picu Gangguan Jiwa

Xbox Series X

Phil Spencer, boss Xbox mengklaim performa konsol Xbox Series X ini lebih kuat ketimbang PlayStation 5 (PS5). Xbox Series X diklaim akan menjadi konsol paling kuat di dunia pada 2020

Banyak gamer yang menyambut negatif saat Microsoft merilis Xbox One karena harganya lebih mahal dan kalah performa PS4. Microsoft menebus kesalahannya dengan merilis Xbox One X, yang dari kemampuan hardware memang lebih kuat dari PS4 Pro.

Berkaca dari hal tersebut, Spencer dan timnya akan mengandalkan jargon yang sama untuk mempromosikan Xbox Series X di pasaran.

“Tujuan kami adalah untuk membuat konsol paling kuat yang kami bisa, dan saya pikir sudah terwujud dengan kekuatan dan performa Xbox Series X,” ucap Spencer sebagaimana dikutip dari GameSpot, Senin (16/12/2019).

Xbox Series X tampil dengan CPU AMD Ryzen Zen 2, SDRAM GDDR6, SSD NVMe, kemampuan 8K, refresh rate 120Hz, dan kemampuan pemrosesan grafis hingga 12 teraflops.

Microsoft menjanjikan bahwa load times yang lebih cepat dengan menggunakan SSD. Konsol ini akan mendukung grafik 8K, frame rates hingga 120 frame per detik, ray tracing dan refresh rate support yang bervariasi.

Studio game di seluruh dunia termasuk 15 studio game Xbox mulai mengembangkan game-game baru untuk konsol next gen tersebut, dilansir Games Industry. Salah satunya adalah game yang digarap oleh Ninja Theory yang berjudul Senua’s Saga: Hellblade II.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.