• Tue, 16 August 2022

Breaking News :

Waspada, 5 Benda yang Ada di Rumah Ini Berpotensi Sebarkan Flu

Virus flu menular dari droplet yang dipercikkan penderita maupun droplet yang menempel di permukaan benda dan menular secara tidak langsung.

JEDA.ID – Tanpa kita sadari beberapa benda di sekitar kita bisa menyebarkan virus flu termasuk mungkin virus corona.

Menjaga kesehatan serta kebersihan diri sendiri penting dilakukan saat situasi seperti sekarang ini. Lengah sedikit saja, Anda akan terjangkit berbagai virus yang membawa penyakit.

Termasuk flu, penyakit yang mudah menular dari satu orang ke orang lain. Virus ini menular dari droplet yang dipercikkan saat penderita bersin atau batuk maupun droplet yang menempel di permukaan benda dan menular secara tidak langsung.

Flu disebabkan oleh virus influenza yang membuat penderitanya mengalami gangguan pernapasan karena hidungnya tersumbat. Saking mudah menularnya, Anda dapat langsung terkena flu beberapa jam saat berada dalam satu tempat dengan orang yang terlebih dulu terpapar virus influenza.

Namun sebuah penelitian mengungkapkan, ternyata ada beberapa benda di sekitar Anda yang dapat berpotensi menularkan virus influenza hlo. Berikut ulasannya seperti melansir dari The Healthy, Senin (4/5/2020):

Biar Tagihan Tak Menguras Kantong, Ini Cara-Cara Menghemat Listrik

Sakelar lampu

Sakelar lampu (Freepik)

Sakelar lampu (Freepik)

Dr. Amesh A. Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security, menyatakan seluruh anggota rumah dapat menderita flu atau pilek kalau ada salah satu orang yang terinfeksi virus influenza. Ini karena mereka tinggal bersama dan berbagi barang yang sama. Tetapi, tidak semua benda rutin dibersihkan, misalnya sakelar lampu.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Medical Virology pada 2007, mengatakan bahwa gagang pintu dan sakelar lampu termasuk barang yang jarang dibersihkan. Dr. Amesh A. Adalja juga menyarankan agar membersihkan permukaan benda yang sering disentuh dengan tisu atau sabun disinfektan untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Cangkir atau mug

Cangkir bisa menyebarkan virus (freepik)

Cangkir bisa menyebarkan virus (freepik)

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology, cangkir kopi yang sebelumnya dipegang oleh seseorang yang sedang flu, akan berpotensi membuat orang lain terkena flu juga. Ini mengapa, tidak disarankan untuk berbagi mug, cangkir atau gelas minum dengan orang lain yang terjangkit flu. Lebih baik, gunakan gelas pribadi dan usahakan tidak berbagi benda personal dengan orang lain.

Namun, kalau mug, cangkir atau gelas itu dicuci hingga bersih sebelum dipakai kembali, lalu tidak lupa mencuci tangan Anda sendiri, ini tentu akan memberikan efek berbeda. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan durasi mencuci tangan yang baik adalah 20 detik atau setara dengan lagu Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan dua kali.

Pegangan keran air

Keran air (Freepik)

Keran air (Freepik)

Dr. Rossana Rosa dalam laman Unity Point Health mengatakan bahwa, pegangan keran air dipenuhi oleh virus dan bakteri. Kuman bisa bertahan lebih lama di permukaan yang tidak berpori, seperti logam, stainless dan plastik.

Virus yang berpindah dari tangan yang kotor ke pegangan keran saat Anda hendak mencuci tangan ini, akan berpindah ketika orang lain juga menyentuhnya.

Sangat disarankan untuk membersihkan pegangan keran dengan air dan sabun setelah Anda mencuci tangan. Selain itu dapat juga memakai disinfektan atau produk pembersih yang mengandung bleaching. Hal ini dilakukan supaya rantai persebaran virus bisa terputus.

Mengungkap Manfaat Pisang dan Resep Banana Bread ala Meghan Markle

Remote control

Remote control (Freepik)

Remote control (Freepik)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Family Physicians, mengungkapkan bahwa virus influenza dapat menyebar dari cairan tubuh orang yang terinfeksi lewat batuk atau bersin. Selain itu, cairan tubuh ini akan menyebar lewat sentuhan tangan ke benda, salah satunya adalah remote control. Hal ini masuk akal, mengingat remote control jarang dibersihkan dan digunakan bergantian dengan orang lain.

Bayangkan, betapa kotornya remote control yang dipakai bergantian oleh beberapa orang sekaligus, sementara orang tersebut tidak mencuci tangan sebelum memegangnya. Selain itu, mengutip dari NBC News, menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Virginia, virus flu bisa bertahan di permukaan benda hingga 2 hari lamanya.

Handuk

Handuk ( Freepik)

Handuk ( Freepik)

Sudah sepantasnya setiap orang memiliki handuk masing-masing yang bersifat individu dan tidak dipinjamkan ke orang lain. Selain untuk mencegah terjadinya penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, tidak meminjamkan handuk pribadi ke orang lain juga dapat mencegah tertularnya penyakit lain seperti flu.

Virus flu dapat bertahan hidup di atas handuk lembap hingga 15 menit, Selain itu, virus lain seperti respiratory syncytial virus (RSV) mampu bertahan selama 45 menit.

Namun tidak usah khawatir Anda dapat melakukan beberapa cara seperti saran laman National Health Service, yaitu mencuci handuk dengan air panas bersuhu 60 derajat celcius dan pembersih yang mengandung pemutih. Selain itu, Anda harus rajin mencuci handuk setidaknya sepekan sekali dan jangan lupa untuk mengeringkan handuk di bawah sinar matahari setelah dipakai.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.