Wajib Tahu, Ini Pengaruh Refresh Rate untuk Kecepatan Smartphone

Refresh rate adalah seberapa kali perdetik sebuah monitor dapat memperbarui informasi atau gambar,

JEDA.ID – Refresh rate adalah bagian penting untuk tampilan layar monitor dan smartphone. Semakin besar angka refresh rate, maka semakin lancar game dimainkan di gadget yang Anda pakai.

Asus mengembangkan ROG Swift 360 yang mengemas tampilan 24,5, inci dengan refresh rate 360Hz. Dilansir Digital Trends, Senin (6/1/2020), kabarnya layar Asus ROG Swift 360 tersebut menawarkan kecepatan refresh rate hingga enam kali lebih cepat dari layar tradisional.

“Pada 360Hz, frame game ditampilkan sekali setiap 2,8 ms hingga 6X lebih cepat dari display game dan TV tradisional,” kata pihak Asus.

Apa itu Refresh Rate?

Refresh Rate adalah seberapa kali per detik sebuah monitor dapat memperbarui informasi atau gambar. Biasanya, satuan ini diukur dalam ukuran Hertz atau disingkat menjadi Hz. Setidaknya 1 Hz sama dengan 1 frame per detik.

Semakin tinggi refresh rate di sebuah monitor, semakin banyak frame per detik yang tampil di sebuah monitor. Pengguna pun akan mendapatkan gambar yang semakin halus.

Banyak kasus input lag diakibatkan oleh refresh rate monitor yang rendah. Misal, layar 60 Hz tidak akan mampu menurunkan input lag di bawah 16,67 ms, karena itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu refresh ke refresh selanjutnya.

Bandingkan dengan layar 120 Hz (8,33 ms), atau layar 240 Hz (4,16 ms). Input lag ini sangat penting bagi para gamer hardcore, karena kinerja mereka juga terpengaruh oleh tingkat responsif device.

Monitor PC standar umumnya memiliki refresh rate sebesar 60 Hz, sedangkan display game saat ini paling tinggi dapat mencapai 240 Hz.

Dilansir dari Smart Prix, tingginya Hz juga dipengaruhi oleh frame per second (FPS) yang dimiliki oleh konten visual yang ingin dinikmati, misalnya pada game atau video.

FPS merupakan ukuran berapa banyak frame yang ditampilkan pada display per detik. Jadi ketika menampilkan konten dengan 90fps pada layar dengan 90Hz, layar akan menampilkan seluruh frame. Begitu pula jika frame rate lebih rendah maka layar akan menyesuaikan.

Namun pada eksperimen yang dilakukan oleh Phone Area, hanya lima dari 10 orang yang merasakan perbedaan pada layar dengan 60 Hz dan 90 Hz. Hal ini menandakan bahwa tak semua orang betul-betul memperhatikan layar.

Mengenal Mekanisme Teknologi Pemindai Sidik Jari Smartphone

Refresh Rate Smartphone

Kini, berbagai merek ponsel menawarkan refresh rate yang tinggi dengan menjanjikan tampilan layar yang lebih halus, nyaris tanpa berkedip atau gelombang.

Kebanyakan layar ponsel saat ini mengadopsi refresh rate 60Hz. Sedangkan satu-satunya smartphone dengan refresh rate tertinggi saat ini adalah Realme X2 Pri dengan 90 Hz.

Frame rate seperti 90 Hz atau bahkan yang lebih tinggi lagi tak bisa diaplikasikan pada segala ponsel. Dibutuhkan pula prosesor yang mumpuni untuk mengoptimalkan fungsi kerjanya.

Walau cukup menggiurkan, saat ini belum banyak video maupun game yang menawarkan kualitas 90 Hz. Belum lagi penggunaannya yang menguras daya baterai lebih banyak sehingga menjadi lebih boros.

Meski begitu, refresh rate tinggi tetap bisa dijadikan gimik jualan terutama bagi kalangan pecinta gadget.

Tak bisa dipungkiri, penggunaan ponsel dengan refresh rate tinggi pada layar smartphone akan mempengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah pengalaman menggulir layar yang lebih halus.

Tampilan animasi juga terlihat lebih baik dibanding saat menggunakan layar dengan refresh rate lebih rendah. Beberapa pihak juga mengklaim bahwa refresh rate yang tinggi cenderung lebih baik bagi mata.

Namun pendapat tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan karena tiap orang menurut Make Use Of memiliki kondisi penglihatan yang berbeda. Penggunaan dalam jangka waktu yang berlebih juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.

Mengenal MicroLED, Teknologi Layar Masa Depan

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.