Tokoh yang Selalu Hadir Saat Jokowi-Prabowo Bertemu

Dia sempat terjun ke dunia politik praktis saat membidani Partai Bintang Reformasi (PBR) yang dibentuk Zainuddin M.Z. dan menjabat sebagai Wakil Sekjen.

JEDA.ID–Dua pilpres terakhir selalu mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Kompetisi sengit selama pilpres berakhir sejuk saat Jokowi dan Prabowo bertemu seusai Pilpres 2014 dan 2019.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo seusai Pilpres 2019 terjadi pada Sabtu (13/7/2019) di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga makan siang di fX Sudirman, Jakarta. Sedangkan pertemuan Jokowi dan Prabowo pada 2014 berlangsung pada 17 Oktober 2014 di rumah Prabowo di Kartanegara, Jakarta.

Adalah Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang selalu hadir dalam dua pertemuan bersejarah itu. Pada 2014 lalu, Jokowi datang ke rumah Prabowo dengan didampingi Ketua Tim Transisi Rini Soermarno dan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto. Sedangkan Prabowo ditemani Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon.

Sebagaimana dikutip dari Detikcom, Ahmad Muzani yang kala itu mengenakan pakaian batik sempat terekam kamera dalam jumpa pers seusai Jokowi dan Prabowo bertemu sekitar 15 menit. Muzani berada di belakang Jokowi dan Prabowo saat keduanya memberikan keterangan kepada media.

Saat Prabowo memberikan hormat kepada Jokowi yang dibalas menundukkan badan, Muzani tepat berada di tengah-tengah dua tokoh itu. Muzani kembali hadir dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo pada 2019.

jokowi prabowo bertemu

Ahmad Muzani berdiri di antara Jokowi dan Prabowo (Detikcom)

Sekitar pukul 09.00 WIB, Muzani sudah berada di Stasiun MRT Lebak Bulus Jakarta. Dia menantikan kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi. Prabowo tiba di stasiun itu sekitar pukul 09.50 WIB dan Jokowi 10 menit kemudian.

Muzani bersama dua Wakil Ketua Umum Gerindra yaitu Sufmi Dasco Ahmad dan Edhy Prabowo mendampingi Prabowo. Sedangkan Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

Empat hari sebelum pertemuan Jokowi dan Prabowo, Muzani sudah memberikan sinyal pertemuan dua tokoh itu. “Saya pun memprediksi pertemuan ini akan terjadi, tapi kapannya itu yang saya belum bisa (sampaikan). Karena kesibukan keduanya,” kata Muzani sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Sempat Masuk PBR

Muzani pun mencontohkan pertemuan Jokowi dan Prabowo saat Pilpres 2014 dilakukan pada 17 Oktober 2014 atau tiga hari sebelum Jokowi resmi dilantik sebagai presiden. Muzani saat mendampingi Prabowo pada 2010 terlihat mengenakan baju putih-putih. Dia ikut berjalan dari Stasiun MRT Senayan hingga fX Sudirman. Dia juga sempat beberapa kali berbincang dengan Erick Thohir.

ahmad muzani

Ahmad Muzani (Partai Gerindra)

Muzani merupakan kader Gerindra yang duduk di DPR sejak 2009. Laki-laki kelahiran Tegal 51 tahun silam ini pernah memimpin Pelajar Islam Indonesia (PII) hingga menjadi wartawan.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Partai Gerindra, Muzani sempat terjun ke dunia politik praktis saat membidani Partai Bintang Reformasi (PBR) yang dibentuk Zainuddin M.Z. dan sempat menjabat sebagai Wakil Sekjen.

Menjelang Pemilu 2009, dia yang pernah menjadi manajer perkebunan kelapa sawit milik Prabowo memilih bergabung dengan Gerindra. Pada 2009, dia menjadi caleg Gerindra dari daerah pemilihan Lampung I yang meliputi Bandar Lampung, Lampung Barat, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, dan Metro.

Dia melenggang mulus ke Senayan dengan mendulang 24.723 suara dan menjadi Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR. Pada periode 2014-2019 ia terpilih kembali menjadi anggota DPR dan ditunjuk menjadi Ketua Fraksi dari Partai Gerindra di DPR.

Dalam Pemilu 2019, Muzani kembali menjadi caleg dari daerah pemilihan Lampung I. Dia mendulang 61.995 suara dan diprediksi akan kembali berkiprah di DPR.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.