Tidur Siang Bikin 2 PNS Adu Jotos, Ini Cara Mengusir Kantuk Saat di Kantor

Dua PNS terlibat adu jotos lantaran larangan menempati sebuah gudang di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Sulsel untuk tidur siang.

JEDA.ID— Dua PNS terlibat adu jotos lantaran larangan menempati sebuah gudang di kantornya untuk tidur siang. PNS wanita dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang terlibat perseteruan itu pun mengaku dibanting oleh rekannya di kantor.

“Saya dipukul rekan kantor. Bukan hanya dipukul, tetapi saya juga dibanting,” kata Jumaintan kepada wartawan di Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa (29/10/2019) seperti dilansir detikcom. Jumaintan mengatakan kasusnya ini segera diurus oleh pihak Satpol PP dan penegak hukum. Dia berharap ASN yang terlibat perkelahian dengan dirinya dihukum tegas.

“Saya maunya dihukum orangnya. Saya sudah jelaskan ke Satpol PP,” sebutnya. PNS yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros terlibat perkelahian gara-gara gudang yang sering dipakai tidur siang. PNS yang terlibat perkelahian adalah Jumaintan dan Mahmud.

“Saya tegur karena dia mau masuk ke dalam gudang dan gudang saya kunci,” kata Mahmud. Karena teguran larangan masuk itu, Jumaintan langsung naik pitam dan menyerang Mahmud. Jumaintan sebelumnya menantang Mahmud untuk berduel.

Kapolsek Turikale Kompol Agus Salim, saat dikonfirmasi terpisah, belum mendapat laporan tersebut. Dia akan menyuruh personelnya melakukan crosscheck ke Dinas Pariwisata Maros untuk memastikan kabar adu jotos tersebut. “Sampai saat ini laporannya belum ada di meja saya, tapi anggota saya sedang melalukan crosscheck ke Dinas Pariwisata,” ungkap Agus

Penyebab Mengantuk

Awal pekan seringkali menjadi waktu yang menyebalkan bagi sebagian besar orang terutama bagi pekerja kantoran karena umumnya pekerjaan sudah mulai menumpuk. Banyak orang di kantor bahkan merasa kantuknya tak kunjung menghilang setelah sampai di tempat kerja meskipun mereka sudah tidur cukup semalaman.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita sudah tidur dalam waktu yang cukup, yakni sekitar 7 atau 9 jam lamanya di malam hari namun tetap saja merasa lelah, lemas, dan mengantuk, maka dikhawatirkan kita mengalami hypersomnia, sebuah kondisi yang membuat kita terus mengantuk.

Biasanya, hypersomnia disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk meskipun durasi tidur sudah cukup lama. Penyebab menurunnya kualitas tidur juga bermacam-macam, seperti fenomena ketindihan, sleep apnea, mendengkur, atau beberapa kali terbangun di malam hari.

Tak hanya karena masalah hypersomnia ini, kadangkala rasa kantuk yang tidak kunjung menghilang meski sudah tidur cukup disebabkan oleh kebiasaan yang kita lakukan saat akhir pekan kemarin. Sebagai contoh, banyak orang yang cenderung malas-malasan dan bangun sangat siang, tidak berolahraga, kurang konsumsi air, tidur dengan menempatkan ponsel dekat dengan tubuh.

Demi mencegah datangnya rasa kantuk yang berlebihan ini, pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, bukan hanya yang lama, rutin berolahraga yang bisa membuat tubuh bugar dan segar, serta mengelola stress dengan lebih baik agar pikiran kita juga menjadi lebih segar.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap terjaga selama di kantor. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap ‘melek’ dan fokus di kantor seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Berjalan-jalan

Bangun dan dapatkan beberapa sinar matahari. Berjalan cepat di bawah cahaya terang dapat memompa darah dan energi Anda.hal itu menyebabkan sisa hari Anda menjadi lebih mudah. “Berjalan-jalan di sekitar kantor Anda, chat dengan rekan kerja dan dapatkan udara segar. Anda akan menjadi jauh lebih produktif,” ungkap pelatih kesehatan Kimberly Petrosino seperti dilansir pada laman Bustle.

2. Ubah Posisi Duduk

Jika Anda merasa ingin tertidur, berusaha tetap sadar dengan duduk tegak dapat mengatasi rasa kantuk. Sebuah studi dari jurnal Health Psychology menemukan bahwa postur dapat mempengaruhi tingkat energi Anda. Orang-orang yang duduk tegak merasakan langsung lebih energik dan bersemangat daripada mereka yang duduk merosot atau membungkuk di meja mereka.

3. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Tidak ada yang lebih segar selain membasuh wajah Anda dengan air dingin. Membasuh wajah Anda dengan air dingin di kamar mandi ketika waktu istirahat dapat membebaskan Anda dari rasa kantuk.

4. Olahraga

Studi menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan energi secara keseluruhan sepanjang hari. Olahraga di pagi hari lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak Anda yang dapat membuat Anda tetap terjaga. Studi menunjukkan bahwa musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda

6. Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi adalah cara tepat untuk menghilangkan kantuk. Coba untuk meminum kopi atau teh daripada meminum minuman berenergi. Tapi minum kopi dengan dosis yang ekstrim tentunya akan berbahaya juga bagi kesehatan Anda.

7. Makan Sedikit Gula

Jika Anda terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula akan membuat Anda merasa lebih ngantuk dari sebelumnya. Jauhilah makanan yang manis dan coba untuk memilih makanan sehat seperti kacang-kacangan sebagai penggantinya

8. Ubah Lokasi

Duduk di meja yang sama sepanjang hari menjadi monoton dan terlalu nyaman sehingga menyebabkan Anda merasa ngantuk. Pergi ke dapur kantor Anda atau ruang umum dan bekerja di sana selama beberapa jam. Lingkungan baru akan membangkitkan indera Anda dan membuat Anda tetap terjaga.

9. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan di kantor atau di sela-sela rutinitas dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh Anda. Penelitian menemukan bahwa olahraga selama 15 menit hampir memberi dampak yang sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan.

Kuncinya adalah dengan memulai olahraga secara perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, kemudian terus menambah intensitas dan frekuensinya. Gerakan-gerakan olahraga ringan di kantor ini dapat berperan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otot sehingga Anda merasa lebih sehat dan lebih siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.