Tak Selalu Harus Dicuci, Ini Bahan untuk Atasi Bau Pada Sepatu

Musim hujan terkadang menjadi salah satu penyebab munculnya bau tak sedap pada sepatu. Sepatu yang terkena air hujan dan tidak kering akan menimbulkan bau tak sedap. Ada bahan alami untuk mengatasi masalah ini.

JEDA.ID – Musim hujan terkadang menjadi salah satu penyebab munculnya bau tak sedap pada sepatu. Sepatu yang terkena air hujan dan tidak kering akan menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu orang di sekitarnya bahkan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan misalnya tumbuh jamur pada kaki.

Bau tak sedap dari sepatu umumnya muncul akibat tidak ada celah udara dalam sepatu membuat keringat yang dikeluarkan oleh kaki menjadi mengendap dalam sepatu. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, maka bakteri akan semakin berkembang. Hal ini disebabkan karena keringat menjadi makanan bagi bakteri. Lebih jelas lagi, berikut beberapa hal penyabab bau pada sepatu seperti dirangkum Jeda.id dari berbagai sumber Sabtu (22/2/2020).

1. Sepatu Jarang Dijemur

Sepatu yang jarang dijemur bisa menyebabkan bau tak sedap. Karena keringat sepatu tidak akan kering apabila tidak dijemur di bawah terik matahari. Setidaknya rutinlah menjemur sepatu Anda selama 30 menit setiap akhir pekan atau saat libur sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

2. Tidak Memakai Kaus Kaki

Anda disarankan untuk selalu menggunakan kaus kaki di sepatu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi bau tak sedap dari keringat yang langsung terkena pada sepatu secara langsung. Salah satu bahan kaus kaki yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah katun, karena katun merupakan bahan yang mudah menyerap keringat.

3. Sepatu Terlalu Sering Dipakai

Sepatu yang sering digunakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan bau tak sedap pada sepatu. Hal ini dikarenakan keringat dan air yang meresap di pori-pori sepatu tidak sempat menguap. Untuk mengakalinya, setidaknya gantilah sepatu Anda setiap 3 hari sekali atau menggunakannya secara selang seling untuk menghindari munculnya bau tak sedap pada sepatu tersebut.

4. Memakai Sepatu Ketika Basah

Umumnya, sepatu dengan bahan kain memiliki pori-pori dengan daya serap air tinggi. Maka dari itu, hindarilah memakai sepatu ketika sedang terkena hujan. Gantilah sepatu dengan sandal jepit yang lebih memiliki ruang udara terbuka untuk kaki Anda.

5. Jamur Pada Sepatu

Jamur merupakan penyebab utama bau tak sedap pada sepatu tak kunjung sirna. Jamur muncul karena kondisi kaki yang basah sehingga menyebabkan bagian dalam sepatu menjadi lembap. Ada baiknya jika Anda selalu mengeringkan kaki sebelum mengenakan sepatu.

Tahukah Anda bahwa ada bahan-bahan alami dan cara mudah untuk mengatasi bau tak sedap pada sepatu? Berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau pada sepatu.

1. Bedak Bayi

Bedak bayi mampu menyerap keringat pada kaki dengan wangi khasnya. Caranya cukup mudah, taburkanlah bedak bayi di kaki Anda sebelum memakai sepatu.

2. Baking Soda

Baking soda dinilai sebagai cara yang ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Caranya yakni dengan menaburkan baking soda ke seluruh bagian dalam sepatu beserta tali sepatu dan biarkan semalaman. Saat pagi, bersihkan sisa baking soda yang ada pada sepatu. Lakukan hal ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kopi

Kopi memang dikenal memiliki aroma nikmat yang cukup menyengat saat dicium. Karena alasana inilah, Anda dapat memanfaatkan kopi untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Siapkan kaus kaki bekas dan masukkan bubuk kopi ke dalamnya dan ikatlah ujungnya dengan tali agar bubuk kopi tidak tumpah kemana-mana. Setelah itu taruh ke dalam sepatu Anda dan diamkan selama semalaman. Bau tak sedap pada sepatu Anda akan kalah dengan aroma khas kopi.

4. Freezer

Cara unik untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu Anda adalah dengan menyimpannya ke dalam freezer. Menjijikan memang, namun sepatu yang disimpan semalaman di dalam freezer ternyata mampu mengurangi bau tak sedap pada sepatu Anda lho. Cara ini dinilai ampuh karena bakteri penyebab bau akan terbunuh oleh suhu yang dingin. Tidak langsung dimasukkan ke dalam freezer begitu saja, Anda harus membungkus sepatu ke dalam kantung plastik terlebih dahulu.
Hilangkan bau tak sedap pada kaki

Jika Anda sudah melakukan perawatan terhadap sepatu Anda yang bau, kini saatnya anda melakukan perawatan kepada kaki Anda yang bau. Caranya dengan menggunakan bahan-bahan berikut:

1. Kantong Teh

Kantong teh ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki. Asam yang terdapat dalam kantong teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga mampu mengurangi jumlah keringat di kaki.

Pilihlah teh dengan aroma yang tajam, misalnya teh melati. Rebuslah dua kantong teh dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam baskom dan rendam kaki Anda selama 30 menit. Lakukan hal ini setiap satu kali sepekan.

2. Garam

Garam juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau tak sedap pada kaki Anda. Garam berfungsi untuk mengurangi kelembapan. Taburkan garam ke dalam baskom yang berisi air hangat, rendam kaki Anda selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Cuka

Ternyata cuka juga bisa Anda gunakan untuk membunuh kuman penyebab bau kaki lho. Caranya dengan memasukkan satu gelas cuka ke dalam satu baskom air. Rendam kaki selama 15 menit di dalam baskom tersebut. Lakukan cara ini secara rutin setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.