Syarat Siswa, Jadwal, hingga Tahap Registrasi SNMPTN 2020

Registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan tanggal 7 Februari - 5 April 2020.

JEDA.ID – Kemenristekdikti melalui LTMPT resmi membuka registrasi bagi siswa yang berminat mengikuti seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Rangkaian SNMPTN 2020 dibuka dengan pendaftaran 2 Desember 2019 pukul 15.00 WIB hingga 7 Januari 2020 di situs LTMPT.

LTMPT adalah lembaga nirlaba yang ditetapkan sebagai penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di antara tugas lembaga ialah menyelenggarakan SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai tahun 2019.

Pendaftaran SNMPTN yang diselenggarakan ini adalah tahap awal terkait pengisian data oleh siswa dan sekolah untuk SNMPTN. Tahun ini siswa dan sekolah diwajibkan membuat akun di web LTMPT.

“Sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN 2020 dan calon peserta SNMPTN, UTBK dan SMBPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Kerangka waktu registrasi akun LTMPT bagi sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan bagi siswa calon pendaftar SNMPTN 2020 akan dibuka pada tanggal 02 Desember 2019 dimulai pukul 15.00 WIB,” ujar Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, dalam keterangan resminya, Minggu (1/12/2019).

Setelah mengurus akun, sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah pada 13 Januari hingga 6 Februari 2020.

LTMPT kini menerapkan Single Sign On. Sekolah dan siswa yang akan mendaftar SNMPTN 2020, UTBK dan SMBPTN, wajib memiliki akun LTMPT. Caranya dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

“Registrasi akun LTMPT tersebut ada dua bagian yaitu akun untuk sekolah dan siswa,” kata Ravik di laman ltmpt.ac.id.

Waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua, yaitu untuk PDSS dan SNMPTN, dilaksanakan tanggal 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020. Registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan tanggal 7 Februari – 5 April 2020.

Terkait pendaftaran SNMPTN 2020 dan pembukaan pendaftaran akun LTMPT, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Cara dan tahapan registrasi

  • Membuat akun LTMPT bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  • Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah
  • Pengumuman Peserta yang Eligible untuk mendaftar SNMPTN
  • Pemilihan PTN dan Program Studi dengan ketentuan: Pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN.
  • Mengunggah Portofolio bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga

Syarat Siswa

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di PDSS Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS Peserta yang memilih program studi bidan seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  • Pemilihan Program Studi Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN Disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Jadwal SNMPTN 2020

  • Peluncuran Sistem PMB 2020: 15 November 2019
  • Registrasi Akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 07 Januari 2020
  • Pengisian PDSS: 13 Januari – 06 Februari 2020
  • Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah: 13 Januari – 06 Februari 2020
  • Pengumuman Siswa Eligible daftar SNMPTN: 13 Januari – 06 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020
  • Pengumuman Hasil SNMPTN: 04 April 2020 pukul 15.00 WIB
  • Pendaftaran Ulang Peserta yang lulus SNMPTN: Lihat di laman masing-masing PTN

Jalur-jalur Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

SNMPTN

Seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi serta portofolio akademik siswa. Beberapa penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah, akreditasi sekolah, prestasi siswa, nilai rapor, serta persyaratan lain sesuai PTN yang dituju.

SBMPTN

Dahulu, jalur ini melaksanakan tes dengan ujian tertulis. Sekarang, pelaksanaan ujian menggunakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Ujian Mandiri

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian SNMPTN maupun SBMPTN dapat mengikuti jalur ini. Jalur masuk ke PTN yang terakhir adalah ujian mandiri diatur dan ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.

Proses seleksi dan penerimaan calon mahasiswa melalui jalur ini bisa menggunakan hasil dari UTBK. Oleh karena LTMPT melayani jasa pengolahan data Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk jalur Mandiri bagi yang lulus pada tahun 2017, 2018 dan 2019.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.