Siap-Siap Daftar CPNS, Begini Cara Membuat Surat Lamaran

Tips ini bisa dipakai untuk cara membuat surat lamaran untuk CPNS atau pekerjaan lain.

JEDA.ID – Pemerintah resmi membuka proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Senin (11/11/2019). Berbagai Kementrian dan Pemerintahan Daerah telah menyediakan informasi dari cara daftar hingga syarat-syarat penting seperti SKCK hingga yang paling utama membuat surat lamaran.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memberikan informasi alur pendaftaran bagi para pelamar CPNS 2019. BKN juga menyediakan situs pusat informasi dan pendaftaran CPNS 2019.

Sebelum mendaftar, peserta harus menyediakan berkas-berkas utuk lamaran. Beberapa yang paling seperti transkrip nilai, ijazah, pas foto hingga dokumen pendukung lainnnya. Ada pula syarat berfoto bersama kartu identitas dengan cara selfie hingga membuat surat lamaran.

Format Surat

Selain syarat-syarat tersebut, calon pelamar juga harus mencermati syarat-syarat lain di masing-masing lembaga. Dikutip dari surat Menteri Perindustrian tentang pelaksanaan CPNS 2019, Senin (11/11/2019), persyaratan-persyaratan yang diajukan juga disampaikan melalui buku panduan para kelembagaan pemerintah negara lewat masing-masing platform-nya.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahkan mencontohkan cara membuat surat lamaran pada Lampiran I. Lampiran atau contoh surat lamaran yang di halaman 33 dari 36 halaman panduan buku daring yang disediakan.

Kominfo menuliskan hal-hal yang menjadi persetujuan CPNS jika melamar formasi yang disediakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan CPNS dalam membuat surat pernyataan serta menyeragamkan format surat lamaran.

Selain Kominfo Kemdikbud juga membuat contoh surat lamaran yang diunggah di laman cpns.kemdikbud.go.id. Kemenkumham juga memberi format surat lamaran di situs resminya cpns.kemenkumham.go.id.

Selain kedua instansi itu, beberapa juga memberikan format baku dan cara membuat surat lamaran CPNS. Sayangnya, tak semua situs bisa diakses dengan lancar. Hal ini tentu membuat panik.

Namun jangan khawatir, cara membuat surat lamaran tak sesulit yang dibayangkan. Ada beberapa pedoman umum yang bisa dilakukan dalam menyusun surat lamaran.

Berikut beberapa hal penting yang harus ada di surat lamaran;

  • Identitas: seperti nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, nomor telepon atau email.
  • Tanggal dibuat dan tanda tangan pembuat surat lamaran
  • Tujuan surat lamaran: Nama dan alamat instansi dan posisi yang dilamar
  • Menggunakan bahasa formal, sesuai KBBI kecuali jika ditentukan lain.

Format Umum

  1. Tempat dan tanggal penulisan
  2. Instansi yang dituju
  3. Salam hormat
  4. Kata Pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Lampiran dokumen yang dibutuhkan
  7. Penutup
  8. Tanda tangan dan nama terang

Berikut tips cara membuat surat lamaran;

  • Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja
  • Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  • Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh instansi tempat Anda melamar.
  • Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  • Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.
  • Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.
Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.