Sambut Indonesia Great Sale di Solo, Begini Cara Belanja Saat Diskonan

Pesta belanja memang biasanya menawarkan banyak hal menggiurkan agar kita dengan cepat mengambil barang dan membayarnya ke kasir.

JEDA.ID-Shopping merupakan salah satu aktivitas yang paling disuka kaum perempuan. Apalagi shopping itu dilakukan saat great sale alias banjir diskon. Wah pasti mereka lebih bersemangat lagi.

Bagi para penggemar belanja atau shopaholic atau memburu diskon atau great sale, sepertinya event ini tak boleh dilewatkan. Berbagai promo menarik siap memeriahkan event Indonesia Great Sale (IGS) di Solo dan sekitarnya, pada 14-25 Agustus mendatang.

Pusat-pusat perbelanjaan di Soloraya menyiapkan berbagai program mulai dari promo tenant di masing-masing mal hingga 74%, undian voucer, hadiah elektronik hingga mobil.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Solo, Veronica Lahji, mengatakan dalam kegiatan IGS yang baru pertama digelar tahun ini, setiap tenant di mal-mal yang terlibat diharapkan bisa berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

Ada sedikitnya delapan pusat perbelanjaan yang terlibat di antaranya Solo Grand Mall (SGM), Solo Paragon Mall, Solo Square, Beteng Trade Center (BTC), Pusat Grosir Solo (PGS), Hartono Mall, The Park Mall dan Palur Plasa.

“Diskon tiap tenant nanti ada up to 74%. Selain itu masing-masing mal atau pusat perbelanjaan yang terlibat juga akan memberikan promo sendiri-sendiri,” terang dia saat menggelar jumpa pers di SGM, Jumat (9/8/2019) seperti dilansir solopos.com.

Tips Belanja

Pesta belanja memang biasanya menawarkan banyak hal menggiurkan agar kita dengan cepat mengambil barang dan membayarnya ke kasir. Namun sebelum kalap, tips-tips belanja  saat banjir diskon alias great sale yang dirangkum Jeda.id ini bisa jadi panduan.

1. Buatlah Daftar Belanja

Terkadang kita tidak tahu ada barang apa saja yang ditawarkan saat pesta belanja. Namun tidak ada salahnya Anda membuat daftar belanja saat shopping. Catatlah barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Jika tergoda dengan barang di luar daftar belanja, sebaiknya Anda tetap memperhitungkan kemampuan dompet kita.

2. Cek Barang dengan Seksama

Untuk menghindari kekecewaan setelah shopping, Anda perlu mengecek barang sebelum membeli dengan penuh ketelitian.

3. Cari Informasi Lebih Dulu

Sebelum mendatangi pusat perbelanjaan atau brand yang memberikan diskon, perbanyaklah informasi. Intip di media sosial mal atau situs yang menyediakan informasi diskon mengenai brand serta barang-barang apa saja yang susut harga. Dengan begitu, Anda bisa memilih dengan tepat destinasi belanja.

4. Jangan Mudah Tergoda

Meskipun barang yang ingin Anda beli harganya sangat murah, jangan gegabah untuk langsung membelinya. Pikirkan dulu apakah benda tersebut benar-benar dipakai atau Anda hanya tergoda karena diskon semata. Hal ini penting dilakukan agar total pembelanjaan tak membengkak.

5. Hati-Hati Pakai Kartu Kredit

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit sehingga lebih praktis apalagi jika barang yang akan dibeli mahal atau banyak. Namun jangan biarkan fasilitas tersebut kondisi finansial Anda. Pemakaian kartu sering membuat orang lebih boros. Untuk itu, tetap perhatikan berapa uang yang sudah Anda habiskan agar tidak kebablasan.

6. Datang Lebih Awal

Tips aman lain saat ingin berburu barang diskon adalah untuk datang lebih awal. Hal ini penting dilakukan jika Anda mengantisapasi banyaknya pengunjung. Dengan datang seawal mungkin, Anda juga bisa mendapati barang yang lebih banyak dan variatif.

7. Pakai Baju Nyaman

Sebaiknya pakai baju yang simpel dan nyaman saat shopping. Begitu juga dengan sepatu, tas, dan aksesori. Ketika pengunjung membludak dan Anda berebut barang, pakaian yang merepotkan tentu akan menyulitkan bahkan membuat orang terluka. Hindari pula tampilan mewah yang bisa membuat Anda jadi sasaran pencurian.

8. Jaga Barang Bawaan dan Bon

Agar tetap aman saat berburu barang diskon saat shopping, jagalah barang bawaan. Termasuk bon-bon yang kadang tercecer karena Anda sibuk dengan barang belanjaan. Bon tersebut bisa Anda butuhkan jika ingin menukar barang atau terjadi salah hitung.

9. Jangan Ajak-Anak

Sebaiknya jangan mengajak anak-anak kecil memang berniat berburu barang diskon saat shopping. Ditakutkan jika banyaknya pengunjung membahayakan mereka. Jika harus mengajak buah hati, pastikan jika gelaran tersebut tidak ramai hingga berdesakan. Anda juga bisa membawa seseorang untuk membantu menjaga anak.

Selamat berburu diskon !!

Ditulis oleh : Anik Sulistyowati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.