Rutin Pakai Masker Wajah, 7 Kesalahan Ini Justru Bikin Kulit Rusak

Setelah menggunakan berpuluh-puluh masker wajah, mengapa kulit tak kunjung mengalami perubahan? Itu mungkin karena penggunaan sheet mask yang salah.

JEDA.ID – Merawat kulit wajah dengan sheet mask atau masker wajah semakin diminati bagi mereka yang ingin tampil lebih fresh.  Tak hanya kaum wanita, kini kaum pria pun tak sungkan merawat wajah mereka dengan sheet mask.

Berbagai produk skincare termasuk sheet mask juga rela mereka beli untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa jenis masker wajah yang beredar di pasaran sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu melembabkan. Namun setelah menggunakan berpuluh-puluh masker wajah, mengapa kulit tak kunjung mengalami perubahan? Selain tidak memberikan efek apa-apa, penggunaan sheet mask yang salah juga membuat kulit wajah rusak.

Walaupun mudah dan praktis, beberapa orang belum mengerti cara penggunaan masker wajah yang benar. Alih-alih mendapatkan hasil yang maksimal, kebiasaan yang salah tersebut justru akan membuat manfaat sheet mask tidak didapatkan secara utuh. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker wajah yang membuat kulit rusak:

Catat, Ini 5 Kondisi Kulit yang Terkait dengan Gejala Covid-19

Kulit dalam keadaan kotor

Setelah menghapus make up dengan cairan pembersih kosmetik, kulit Anda belum sepenuhnya bersih. Melansir dari salah satu sumber, Senin (8/6/2020) pastikan kembali kebersihan kulit dengan mencuci muka menggunakan face wash dan air mengalir. Selain itu, pengaplikasian toner setelah mencuci muka mampu mengangkat kotoran secara maksimal. Ini karena kandungan di dalam toner dapat terserap dengan baik ketika kulit wajah dalam keadaan bersih atau tanpa penghalang seperti make up. Jadi sebelum menggunakan sheet mask pastikan kulit wajah Anda bersih agar hasilnya juga maksimal.

Menggunakan masker terlalu lama

Penggunaan masker wajah terlalu lama ternyata enggak membuat kulit jadi lebih baik lho. Kondisi ini justru membuat tekstur kulit semakin kering dan kehilangan keseimbangannya. Alhasil pertahanan kulit menurun dan menimbulkan sejumlah masalah seperti berjerawat, bruntusan, bahkan kulit berminyak. Oleh karena itu, pastikan untuk melepas masker saat kondisinya masih lembap. Selain itu, jangan sampai Anda ketiduran saat menggunakannya.

Intensitas pemakaian yang terlalu sering

Menggunakan sheet mask yang terlalu sering dapat memicu bruntusan. Khusunya bagi Anda yang mempunyai kulit lembab dan berminyak. Dianjurkan cukup gunakan masker wajah satu hingga dua kali dalam sepekan kalau kulit Anda dirasa cukup dehidrasi. Sedangkan bagi Anda yang memiliki tekstur kulit kering, gunakan masker wajah dua hingga tiga kali dalam sepekan. kalaupun ingin menggunakan sheet mask setiap hari, pastikan itu adalah produk masker wajah yang memang digunakan setiap hari atau biasa disebut 7 days sheet mask.

Tidak cocok dengan jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang tidak sama, tentu pemilihan masker wajah juga berbeda. Kesalahan pemilihan sheet mask yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Seperti yang Anda tahu bahwa fungsi utama masker wajah adalah menghidrasi, melembabkan, hingga membuat kulit wajah cerah. Alhasil untuk mendapatkan manfaatnya tersebut Anda perlu cermat dalam memilih kandungan yang sesuai dengan kulit. Selain itu pemilihan jenis sheet mask yang salah juga dapat menyebabkan kulit wajah over-hydrating atau mengalami kelembapan berlebih yang akhirnya memicu bruntusan.

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, hindari kandungan bahan yang terlalu berat atau oil-based, seperti minyak zaitun, kelapa, atau bunga mawar. Anda bisa memilih bahan yang mampu menghidrasi lebih pada kandungan air atau acid seperti hyaluronic acid, teh hijau, lidah buaya, mentimun, bambu dan charcoal.

Tanpa Lockdown, Virus Corona Bisa Jangkiti 500 Juta Orang, Ini Perinciannya

Menggunakan pelembab

Kalau wajah Anda sudah bersih secara maksimal, maka tidak perlu menambahkan pelembap wajah sebelum menggunakan sheet mask. Pasalnya, fungsi dari sheet mask adalah untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Hal ini didapatkan dari essence yang terkandung dalam sheet mask. Melansir dari Liputan6, kandungan essence pada sheet mask ini biasanya cukup cair atau bahkan sedikit kental.

Tekstur inilah yang bisa Anda gunakan dalam urutan pemakaian skincare. Dimana urutan penggunaan skincare yang benar adalah dengan menggunakan produk yang paling cair hingga ke yang paling kental. Jadi, kalau Anda ingin melanjutkan menggunakan pelembap, gunakan setelah memakai sheet mask.

Tidak mengikuti instruksi yang dianjurkan

Walaupun penggunaanya mudah, ini tidak serta-merta membuat Anda melupakan instruksi yang tertera di kemasan produk. Pastikan untuk membaca keterangan produk sebelum memakaikannya pada wajah. Hal ini untuk menjauhkan risiko adanya kandungan masker yang tidak cocok dengan kulit wajah Anda. Nah, dengan membaca keterangan yang ada pada bungkus sheet mask, Anda juga bisa mengetahui berapa lama masker tersebut sebaiknya digunakan.

Membilas wajah setelah maskeran

Kesalahan dalam penggunaan sheet mask yang sering dilakukan lainnya adalah membilas atau memcuci muka setelahnya. Padahal kandungan essence di dalam masker wajah tersebut memberikan nutrisi tambahan untuk kulit. Kalau Anda dengan sengaja menyingkirkan sisa essence tersebut, membuat pemakaian sheet mask menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, disarankan untuk menekan-nekan atau memijat lembut bagian wajah yang terkena sisa essence untuk membantunya terserap. Kalau sisa essence yang dihasilkan terlalu banyak sehingga membuat tidak nyaman, Anda bisa membaurkan sisa essence ke bagian leher, tangan, atau area tubuh lainnya.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.