Penyebab Otak Tak Ingin Tubuh Berolahraga

Ada saja alasan yang dibuat untuk menutupi rasa malas berolahraga misal tidak punya waktu.

JEDA.ID- Olahraga penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun tetap saja untuk menjalankannya cukup sulit walaupun keinginan untuk mendapatkan tubuh yang sehat sangat besar.

Ada saja alasan yang dibuat untuk menutupi rasa malas berolahraga. Kebanyakan orang mengeluh bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Atas fenomena ini, peneliti di University of British Columbia melakukan penelitian mengapa orang malas berolahraga.

Melansir Times of India dan ditulis Bisnis.com, Rabu (15/7/2020), para peneliti melibatkan 29 orang dan meminta mereka memakai elektroda yang mendaftarkan aktivitas otak dan kemudian diminta untuk melihat gambar aktivitas fisik.

Mereka harus terlebih dahulu memindahkan avatar di layar mereka ke arah gambar yang aktif dan pada tes kedua, mereka diminta untuk melakukan yang sebaliknya.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan bahwa para sukarelawan bergerak lebih cepat ke arah gambar yang aktif secara fisik daripada ke gambar yang tidak aktif. Namun, otak mereka lebih aktif saat memindahkan avatar mereka menjauh dari gambar yang tidak aktif daripada bergerak ke arah mereka.

Cegah Penularan Virus Corona, Hindari Ngobrol di Angkutan Umum

Padahal jika malas gerak (mager) lalu rebahan membuat seseorang jadi tidak bugar. Akibatnya, tubuh mudah terjangkit infeksi apapun termasuk virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

Ilustrasi ukur gula darah (Freepik)

Menurut praktisi kesehatan, Rudy Kurniawan, diperkirakan satu dari lima orang di bawah usia 40 tahun terkena diabetes. Penyebabnya adalah berkurangnya aktivitas fisik pada masa pandemi yang dapat memicu kenaikan kadar gula.

“Untuk anak muda yang suka rebahan pun, tingkat metabolismenya menjadi menurun, sehingga bisa menyebabkan diabetes karena penyakit ini tidak memandang usia. Siapa pun bisa terkena diabetes,” ujar  Rudy dalam diskusi via Zoom seperti dikutip dari detikcom, Jumat (10/07/2020).

Rudy pun mencontohkan beberapa gejala diabetes yang dapat dikenali, seperti cepat haus, mudah merasa lapar, dan mudah terkena infeksi pada luka. Akan tetapi, melakukan medical check up adalah cara terbaik untuk mengetahui resiko diabetes di dalam tubuh seseorang.

“Bahkan, seringkali diabetes muncul tanpa gejala. Makanya, harus lebih dicermati lagi dengan melakukan medical check up. Kurangi rebahan dengan olahraga selama lima kali dalam seminggu. Kurangi juga konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula,” tukas Rudy.

Sering Dianggap Sama, Pilih Sleeping Mask atau Night Cream, Ya?

Cukup sulit memang meyakinkan pikiran untuk menggerakkan tubuh. Tidak peduli seberapa keras berusaha meyakinkan diri untuk melakukan aktivitas fisik apa pun, kemungkinan itu tidak akan berhasil.

Untuk itu, perlu semacam bujukan. Jika merasa berolahraga itu membosankan, pilihlah jenis aktivitas fisik, yang lebih mirip permainan.

Tetap Termotivasi

Tidak perlu bergabung dengan gym atau kelas kebugaran lain yang telah direkomendasikan teman untuk sementara waktu. Temukan sesuatu yang menarik minat, sehingga bisa tetap termotivasi dan jangan lewati berolahraga.

Berikut adalah 4 latihan yang mungkin menarik bagi Anda:

1. Lompat tali

Jika Anda merasa sulit untuk bangun di pagi hari dan pergi keluar untuk melakukan aktivitas fisik, maka cobalah lompat tali. Anda dapat melakukannya di rumah dan kapan saja. Ini adalah aktivitas seluruh tubuh, bermanfaat bagi orang-orang dari semua kelompok umur.

2. Halang rintang

Jika Anda menyukai tantangan, maka Anda bisa melakukan halang rintang. Buat rintangan kecil Anda sendiri di sudut rumah. Anda dapat menggunakan bangku taman untuk melompati, menyeimbangkan balok, dan mencoba memanjat dinding atau melompat rintangan.

3. Permainan olahraga

Jika Anda suka permainan olahraga seperti basket, sekarang saatnya untuk mulai melakukannya lagi. Jika tidak, Anda tidak pernah terlalu tua untuk belajar olahraga baru. Olahraga permainan juga akan membantu Anda bersosialisasi, yang baik untuk kesehatan mental Anda.

4. Olahraga di tempat tidur

Anda tidak perlu pengaturan yang sempurna untuk berolahraga. Ada banyak latihan yang dapat Anda lakukan bahkan di tempat tidur atau saat membuat kopi pagi. Ini adalah beberapa cara kecil untuk menggerakkan tubuh Anda sepanjang hari.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.