Nostalgia Lagu-Lagu Hits Sheila on 7

Deretan lagu populer Sheila on 7 seolah bisa menembus zaman, selain dinikmati kalangan remaja 1990-an bisa pula menembus selera kaum post-milenial.

JEDA.ID – Sheila on 7 adalah ikon musik lintas generasi. Mulai populer di akhir era 1990-an, nama Sheila On 7 terus berkibar hingga era keemasan band label telah lewat. Maka tak heran jika deretan lagu Sheila on 7 melekat kuat di ingatan gerenasi 90’an hingga Milenial.

Sheila On 7 bakal tampil di panggung Diplomat Success Challenge X (DSCX) yang akan digelar Wismilak Foundation di De Tjolomadoe, Karanganyar, 16-17 November 2019 mendatang. Sheila On 7 kemungkinan akan membawakan 15 lagu untuk menghibur para peserta DSCX.

Tak cuma bernyanyi, Sheila On 7 juga akan menjadi salah satu pembicara dalam acara yang digawangi Wismilak Foundation tersebut.

DSCX merupakan acara talkshow dan workshop mengenai kewirausahaan. Puluhan pembicara diundang dalam kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada para pengusaha. Menariknya, salah satu pembicara itu adalah personel Sheila On 7.

“Nanti yang akan menjadi pembicara dari Sheila On 7 adalah Adam. Dia akan berbagi pengalaman mengenai manajemen, mempersolid tim, dan lain-lain. Faktor-faktor itu kan juga penting dalam wirausaha. Pokoknya bakal menarik,” kata Program Initiator DSCX Edric Chandra kepada Solopos.com, Selasa (29/10/2019).

Perjalanan karier Sheila On 7 di dunia musik Tanah Air patut diacungi jempol. Dua dekade berkarya, Sheila On 7 telah menghasilkan segudang lagu yang sangat membekas bagi penikmatnya.

Sheila on 7 sudah menelurkan 10 album, yakni Sheila on7 (1999), Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000), 07 Des (2002), Ost. 30 Hari Mencari Cinta (2003), Pejantan Tangguh (2004), The Very Best of Sheila on 7: Jalan Terus (2005), 507 (2006), Menentukan Arah (2008), Berlayar (2011), dan Musim yang Baik (2014).

Dua album, yakni Sheila on 7 dan Pejantan Tangguh atau Pria Terhebat, juga diedarkan di Malaysia dan Singapura.

Meski sudah tidak berada di masa kejayaan, tembang-tembang Sheila on 7 masih bisa dinikmati terutama bagi yang pernah merasakan masa kejayaan era musik alternatif pada 2000-an.

Inilah deretan lagu populer Sheila on 7 sepanjang masa;

Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki (1999)

Menatap langkahmu
Meratapi kisah hidupmu
Terlihat jelas bahwa hatimu
Anugerah terindah yang pernah kumiliki

Demikian penggalan lirik lagi Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki. Lagu ini tak cuma syahdu didengar, tapi juga cukup populer karena video klip yang diperankan Dian Sastrowardoyo.

Lagu ini sangat melekat di benak penggemarnya terutama karena lirik yang mudah diingat dan aransemen musiknya yang sederhana. Lagu dari album perdana Sheila on 7 ini sempat membuat banyak remaja mendengarkannya secara berulang-ulang.

Dan (1999)

Awal kemunculan fenomenal Sheila on 7 di industri musik Indonesia ditandai dengan meledaknya lagu Dan. Lagu ini menjadi populer bukan hanya di kalangan remaja, namun juga dewasa dan bahkan anak-anak.

Dan berhasil membuat band dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal masyarakat. Lagu ini pun langsung melejit dan menduduki tangga-tangga lagu radio Indonesia.

Dan sendiri berkisah tentang sebuah penyesalan seseorang atas kesalahan yang ia lakukan yang ternyata menghancurkan hati orang yang dicintainya.

Melalui formasi awalnya, Sheila on 7 juga turut menggarap videoklip untuk lagu ini dimana nuansa gelap dan suram dengan banyak bohlam yang bergantung menghiasi aksi kelima pemuda ini.

Kita (1999)

Selain Dan, lagu Kita juga turut melambungkan nama Sheila on 7 di awal kemunculannya. Lagu ciptaan Eross ini semakin mendapat tempat dari masyarakat setelah menjadi soundtrack sinetron seri Lupus Millenial.

Para pemain Lupus Millenial, yakni Irgy Fahrezy (Lupus), Mona Ratuliu (Popi), Fanny Fadilah (Boim), dan Fahmi Bo (Gusur), menjadi bintang klip video lagu ini.

Lagu ini banyak diterima karena liriknya yang sederhana dan bercerita tentang kisah pasangan-pasangan yang sedang dimabuk asmara. Bagi sebagian besar pendengarnya, lagu ini seolah tak lekang di makan waktu.

Mudah Saja (2008)

Kalau orang bisa “Ambyar” dengar lagu-lagu Didi Kempot, maka hal yang sama juga harusnya dirasakan saat mendengar lagu ini. Tembang Sheila on 7 ini menjadi salah satu yang paling emosional.

Lagu ini berkisah tentang seorang pria yang sudah ditinggalkan kekasihnya. Ketika pria itu sudah mulai melupakan perempuan tersebut, mantan pacarnya itu justru kembali dan menanyakan kabarnya.

Lagu ini tenar di tahun 2009. Tapi bagi pendengarnya, lagu ini seolah tetap relevan hingga sekarang.

Sephia (2000)

Liriknya bercerita tentang seorang selingkuhan bernama Sephia. Sang laki-laki berharap untuk segera mengakhiri hubungan perselingkuhan dan ingin Sephia cepat melupakannya.

Sephia merupakan salah satu lagu hits dari Sheila On 7 yang populer sampai saat ini. Di balik popularitasnya, lagu tersebut menyimpan segudang kisah misteri. Sudah banyak orang yang mengalami hal-hal mistis saat menyanyikan lagu tersebut.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.