Meredupnya Bisnis Kue Artis di Balik Perseteruan Medina Zein dan Irwansyah

Beberapa waktu lalu, sejumlah artis beramai-ramai membuka bisnis serupa, membuka gerai toko kue beragam varian dan harga. 

JEDA.ID— Beberapa waktu lalu, sejumlah artis beramai-ramai membuka bisnis serupa, membuka gerai toko kue beragam varian dan harga.  Tak hanya di Jakarta, bisnis kue artis juga merambah sejumlah kota lainnya. Belakangan, bisnis yang sempat viral ini meredup dan bahkan menyisakan sejumlah masalah.

Seperti yang terjadi pada bisnis kue milik Laudya Cynthia Bella bersama sejumlah rekannya seperti Zaskia Zungkar dan Medina Zein. Belum lama ini Irwansyah dipolisikan rekan bisnisnya, Medina Zein, karena diduga menggelapkan uang hingga Rp1,9 miliar.

“Jadi Medina Zein selaku pelapor mendirikan suatu usaha atau bisnis kue kekinian dan toko oleh-oleh di Bandung, tahun 2017 bersama para terlapor. Dan Medina ini dewan komisaris, pemegang saham juga di PT Bandung Berkah Bersama. Pada awalnya usaha ini berjalan dengan baik. Namun di tahun kedua sudah tidak ada pembagian profit,” ujar Lukman Azhari suami dan juga kuasa hukum saat ditemui bersama Medina di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019) seperti dilansir detikcom.

Pada tahun ketiga muncul rasa curiga dari Medina lantaran ia menemukan informasi usahanya tersebut memiliki banyak utang. Hal ini membuat Medina menaruh curiga dan mengaudit keuangan usahanya. “Memasuki tahun ketiga, Medina ada kecurigaan terkait keuangan perusahaan yang sudah tidak sehat. Karena ditemukannya sejumlah utang perusahaan,” lanjutnya lagi.

Saat itu telah ditemukan bukti transferan uang ke salah satu perusahaan milik Irwansyah (J-Corps) yang tak memiliki kaitan dengan Medina. Ia juga menemukan bukti transferan uang dari hasil penjualan ke rekening pribadi Irwansyah

Menanggapi pelaporan dirinya, Irwansyah merasa nama baiknya dicemarkan atas kasus dugaan penggelapan uang Rp 1,95 miliar yang dituduhkan Medina Zein. “Kita ke sini mau sampaikan kekecewaan kita. Kita dirugikan secara nama baik, material dan immaterial,” ujar Zaskia Sungkar saat menggelar konferensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019) seperti dilansir detikcom.

Bahkan sahabat mereka pun, Laudya Cynthia Bella juga kecewa atas sikap Medina Zein. Dengan mengklarifikasi, Zaskia Sungkar berharap semoga tidak ada berita liar lagi yang memperkeruh keadaan. “Bella juga sangat kecewa, pasti Bandung Makuta juga kebawa-bawa kan,” kata Zaskia Sungkar.

Relatif Mahal

Tak dimungkiri reputasi kue artis kini agak meredup setelah sempat melejit beberapa tahun belakangan ini. Ada beberapa label artis mulai berguguran dan tidak sanggup mempertahankan bisnisnya. Seperti yang kita tahu, beberapa tahun kebelakang, dunia kuliner khususnya pastry dan bakery menjadi incaran para artis di tanah air. Tak ingin kalah saing, banyak inovasi kue yang mereka lakukan.

Uniknya meskipun dipatok dengan harga yang tidak murah, banyak orang yang rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan kue artis ini. Mulanya, kue-kue artis ini dikabarkan dapat menggerus toko-toko kue kecil yang sudah ada sejak lama, namun kini kebanyakan bisnis tersebut tak lagi terdengar gaungnya bahkan ada beberapa yang gulung tikar. Berikut sejumlah deretan kue kekinian para artis yang saat ini meredup seperti dilansir dari finansialku.

1. Bandung Kanaya milik Amy Qanita

Bandung Kanaya milik Amy Qanita ibunda Raffi Ahmad dan keluarganya ini diketahui sudah tutup sejak 8 Maret 2018. Hal ini terlihat dari postingan akun Instagram @bandungkanaya yang sudah tidak lagi memposting produk.

Sebelumnya, Bandung Kanaya menyajikan berbagai kue mirip brownies dengan harga mulai dari Rp55.000 hingga Rp60.000. Bandung Kanaya menyediakan tiga rasa selai yakni, coklat, macha dan vanilla untuk dicocol. Postingan terakhir dari akun Instagram Bandung Kanaya adalah: “Store kami akan tutup sementara, tapi kami sudah menyiapkan kejutan loh. Kami akan istirahat selama beberapa saat”.

Namun nyatanya hingga saat ini toko yang sedang direnovasi itu tidak kunjung dibuka. Beberapa food blogger juga sempat mengatakan bahwa tekstur kue tersebut bukan brownies tapi seperti bolu biasa dan agak bantet. Selain itu rasanya tawar sehingga harus dicocol dengan selai yang terasa terlalu manis.

2. Bosang Makassar milik Ricky Harun

Toko kue Bosang Makassar diresmikan pada 15 Januari 2017 milik Ricky Harun ini pun dikabarkan sudah tutup. Hal ini terlihat dari kolom komentar akun Instagram @bosangmakassar yang sudah tidak aktif beberapa bulan lalu.
Bosang Makassar merupakan gabungan kue bolu rasa keju dengan puff pastry di bagian tengahnya yang memiliki 7 varian rasa yang dibanderol dengan harga Rp49.000 – Rp55.000.

3. Kuenya Ayu milik Ayu Ting Ting

Pada November 2017, Ayu Ting Ting membuka bisnis kue dengan nama Kuenya Ayu. Berbentuk kue bolu segiempat dengan aneka rasa, Kuenya Ayu menawarkan berbagai kue dengan kisaran harga Rp29.000 hingga Rp40.000.
Kini, toko kue tersebut telah hilang, mulai dari toko offline yang salah satunya ada di Bekasi hingga instagramnya pun kini telah tutup.

Sebelum tutup, Kuenya Ayu banyak mendapat kritik dari beberapa food vlogger yang mengatakan jika rasanya tidak seenak kue artis lainnya. Ada pula yang sampai blak-blakan dengan mengatakan rasa Kuenya Ayu tidak enak.

4. Pisjo Cake milik Arzeti Bilbina

Pisjo Cake milik Arzeti Bilbina ini menawarkan produk berupa sponge cake yang memiliki bahan utama buah pisang.
Dengan adonan pastry dan topping berbagai macam, kue milik Arzetti Bilbina ini dibanderol dengan Rp70.000. Dibuka pada 2017 silam, oleh-oleh asal Kendari ini telah tutup sejak 2018. Akun Instagram @pisjocake sendiri sudah tidak memposting sejak beberapa waktu terakhir.

5. Princess Cake milik Syahrini

Syahrini memiliki dua bisnis kuliner dengan nama Princess Cake dan Bakpia Princess Cake. Dengan berbagai lapisan puff pastry, bolu hingga topping aneka rasa, Princess Cake dibanderol dengan harga Rp72.000 hingga Rp85.000. Untuk Bakpia Princess, keenam varian rasanya dibanderol dengan harga Rp65.000 hingga Rp75.000. Kini, kedua bisnis kuliner yang sempat menjadi topik perbincangan warganet ini tak lagi terdengar kabarnya.

6. Semarang Thal Cake dan Jambi Jambe milik Ruben Onsu & Sarwendah

Di saat jualannya sedang naik daun, pasutri Ruben Onsu dan Sarwendah mundur dari bisnis yang dijalani mereka ini pada 23 September 2017. Belum diketahui secara pasti alasan mengapa mereka mundur dari manajemen kue artis tersebut.

Walaupun sudah tidak dipegang Ruben dan Sarwendah, Semarang Thal Cake yang berganti nama menjadi Semarang Roru Cake tetap buka hingga kini. Admin yang mengelola akun Instagram @semarangrorucake pun sempat menjelaskan kalau mereka hanya melakukan pergantian manajemen. Untuk rasa, produk, dan lokasi tetap sama.

7. Semarang Wife Cake milik Chelsea Olivia

Sejak beberapa waktu terakhir, Semarang Wife Cake tidak pernah lagi membuat postingan baru. Bisnis milik Chelsea Olivia ini, dalam akunnya, menyatakan bahwa tokonya tutup sementara dan akan buka kembali nantinya. Padahal, kue yang ditawarkan cukup unik, berbentuk bulat dengan pie berlapis. Dengan lumuran berbagai rasa, varian rasa Green Tea, Chocomelt, cheese, lemon dan choconut yang dibanderol Rp58.000.

8. Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar

Telah menghilang sejak beberapa waktu terakhir, Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar disinyalir sudah tak lagi aktif. Hal ini bisa dilihat lewat akun Instagramnya @surabayasnowcake yang sudah tidak memiliki postingan apapun dan akun @snowcakesurabaya yang sudah tidak aktif. Dibanderol harga Rp60.000 sampai Rp69.000, Surabaya Snow Cake adalah bentuk modifikasi dari Kue Lapis Surabaya. Yang membedakan hanya Surabaya Snow Cake menumpuk dengan lapisan puff pastry pada lapisan atas dan bawah.

9. Queenroll Bangka & Palembang milik Sandra Dewi

Dibanderol dengan harga Rp58.000, Queenroll Bangka-Palembang adalah cake gulung dengan berbagai rasa isian atau filling. Queenroll ini sejenis cake gulung yang di dalamnya terdapat isian atau filling. Untuk isinya ada beberapa varian rasa, seperti cheese lovers, green tea, salted peanut butter, pineapple, choco melt, dan rasa durian. Sejak beberapa bulan lalu, toko bisnis milik Sandra Dewi ini telah hilang, toko offline dan akun Instagram @queenrollpalembang sudah tidak tersedia lagi.

Ditulis oleh :

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.