Mengetahui Keunikan 7 Hewan Terkecil di Dunia

Ragam hewan di dunia pasti sudah diketahui, tapi dari banyaknya hewan terdapat beberapa hewan paling kecil dibandingkan hewan-hewan sejenisnya

JEDA.ID— Ragam hewan di dunia pasti sudah diketahui, tapi dari banyaknya hewan terdapat beberapa hewan paling kecil atau terkecil dibandingkan hewan-hewan sejenisnya

Memiliki tubuh yang kecil dan lucu, menjadikan hewan-hewan tersebut berbeda dengan hewan pada umumnya. Mungkin sebagian orang belum mengenal beberapa jenis hewan dengan tubuh kecil. Suatu hal yang menarik untuk diketahui akan keberadaannya. Berikut 7 hewan dengan tubuh kecil dan lucu di dunia dilansir dari berbagai sumber, Minggu (2/8/2020).

Awas Tertipu! Pahami Perbedaan Hp Ilegal, Replika, Rekondisi, dan Refurbished

1. Tikus, Pygmy Jerboa

Hewan satu ini adalah spesies tikus terkecil di dunia. Tikus ini lebih sering dikenal dengan nama Pygmy Jerboa. Selain memiliki tubuh yang kecil, hewan ini mampu berlari sampai 15 mil per jam. Kecepatan berlari yang dimiliki, mungkin karena perawakan mereka yang menyerupai kangguru yang memiliki kaki belakang lebih panjang daripada depan, dan menggunakan ekor untuk keseimbangan.

2. Ikan, Paedocypris Progenetica

ikan Paedocypris Progenetica (istimewa)

ikan Paedocypris Progenetica (istimewa)

Paedocypris Progenetica memiliki panjang 7,9 milimeter (mm) dan merupakan hewan asli dari Indonesia yang ditemukan di Sumatera. Ikan terkecil di dunia ini memiliki tubuh yang transparan dan sangat rapuh. Hal tersebutlah yang menjadikan hewan satu ini berada dalam ancaman kepunahan. Selain itu, habitat mereka yang sudah digunakan untuk perkebunan dan rawa gambut juga menjadi faktor kepunahan.

3. Gurita, Wolfi

Octopus Golfi.(isttimewa)

Octopus Golfi.(isttimewa)

Gurita satu ini adalah spesies gurita paling kecil di dunia. Hewan satu ini memiliki nama Octopus Golfi. Hewan ini ditemukan sejak tahun 1913 dan pada tahun itu juga diklasifikasikan dalam proses klasifikasinya tidaklah mudah dan memakan waktu bertahun-tahun. Octopus Golfi memiliki panjang hanya 1,5 cm dan hewan ini dapat diletakan di satu jari Anda. Dan ditemukan di Samudra Indo-Pasifik.

4. Bunglon, Brookesia Micra

Bunglon Brookesia Micra (istimewa)

Bunglon Brookesia Micra (istimewa)

Bunglon ini dapat ditemukan di Madagascar dan merupakan bunglon terkecil di dunia. Hewan satu ini ditemukan pada tanggal 14 Februari 2012. Brookesia Micra memiliki panjang mencapai 29 mm dan untuk menemukan mereka , cukup dibilang sangat sulit ditemukan apabila ingin mencarinya lebih baik dilakukan pada malam hari serta saat mereka tidur di cabang pohon.

5. Kura-kura, Speckled Padloper

Kura-kura terkecil di dunia ini adalah hewan asli Afrika Selatan. Meski sering menjadi hewan peliharan manusia, tetapi hewan ini dalam ancaman kepunahan karena adanya perburuan terhadap mereka. Speckled Padloper memiliki bintik-bintik pada cangkang dan lima jarinya pada kaki depan tidak seperti kura-kura pada umumnya yang memiliki jari empat.

Khasiat Black Sapote, Buah Langka yang Punya Rasa Puding Cokelat

6. Kelelawar, Kitti Hog-nosed

Kelelawar, Kitti Hog-nosed (istimewa)

Kelelawar, Kitti Hog-nosed (istimewa)

Kelelawar yang juga memiliki sebutan sebagai Bumblebee Bat merupakan kelelawar terkecil di dunia dan dalam ancaman kepunahan. Hewan satu ini dapat ditemukan di Thailand, dan biasnaya hidup di goa dengan rata-rata 100 individual pada setiap goa-nya, tetapi mereka juga dapat mencapai 500 ekor.

7. Monyet, Pygmy Marmoset

Monyet, Pygmy Marmoset (istimewa)

Monyet, Pygmy Marmoset (istimewa)

Di Ekuador terdapat satu spesies monyet yang memiliki tubuh terkecil di dunia. Pygmy Marmoset memiliki panjang rata-rata 15 centimeter dari ekor hingga kepalanya. Monyet ini mampu hidup di alam liar 11 sampai 12 tahun, sedangkan di kebun binatang mereka mampu hidup hingga 20 tahun. Selain itu, mereka cenderung senang hidup berkelompok dan makan getah pohon.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.