• Tue, 25 January 2022

Breaking News :

Ada yang Hanya 24 Jam, Ini Sederet Hewan Berumur Pendek

Beberapa hingga hewan memiliki umur panjang sampai mencapai ratusan tahun. Namun ada juga yang memiliki siklus hidup singkat yakni hanya sehari.

JEDA.ID – Beberapa spesies hewan memiliki umur panjang hingga mencapai ratusan tahun, namun ada juga yang berumur pendek dengan siklus hidup singkat yakni sehari saja. Masa hidup spesies hewan dipengaruhi oleh metabolisme, rasio otak dan tubuh, kondisi lingkungan, serta faktor lain yang belum teridentifikasi.

Walaupun tahu memiliki masa hidup yang singkat, mereka tetap berkembangbiak dan melakukan tugasnya dengan baik. Umur hewan memang cenderung lebih singkat kalau dibandingkan dengan manusia. Walaupun ada juga hewan berumur lebih panjang seperti kura-kura Galapagos yang mampu hidup selama 152 tahun. Diantaranya juga ada hewan dengan usia pendek, bahkan hanya sehari saja. Berikut ini sederet hewan dengan masa hidup tersingkat:

Hati-Hati, 8 Kesalahan Saat Keramas Ini Bikin Rambut Rusak

Mayflies

Serangga air yang mirip seperti capung ini memiliki siklus hidup tersingkat di bumi. Ia bahkan mendapat julukan serangga satu hari, karena hanya mampu bertahan hidup 24 jam saja. Melansir dari themysteriousworld.com, Sabtu (6/6/2020) Mayflies menghabiskan hidupnya sebagai nimfa. Meski hidup hanya sebentar, Mayflies masih bisa berkembangbiak. Singkatnya saja setelah menetas mereka kawin, bertelur dan mati. Mayflies betina bisa mengeluarkan 400 – 3.000 butir telur. Hebatnya telur-telur itu bisa menetas dalam waktu beberapa hari saja.

Gastrotricha

Hewan yang mirip cacing ini masuk ke dalam kelompok hewan mikroskopis berukuran 0,06-3,0 mm. Gastrotricha biasa ditemukan di lingkungan air tawar dan laut. Hewan ini memiliki struktur tubuh transparan dan berenang mengikuti arus. Selain itu ia juga berpindah menggunakan ribuan perekat di bagian bawah tubuhnya. Gastrotricha tergolong hewan hermafrodit yang memiliki organ reproduksi betina, sekaligus jantan. Memiliki siklus hidup yang pendek umumnya mereka hanya bisa bertahan hidup selama tiga hari saja.

Nyamuk

Serangga penyedot darah ini juga memiliki umur yang enggak kalah pendek. Untuk nyamuk betina biasanya memiliki usia yang lebih panjang hingga beberapa bulan, sementara nyamuk jantan hanya sekitar 10 hari saja. Melansir dari salah satu sumber, sebagai informasi tambahan, hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah. Sementara nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengonsumsi madu layaknya lebah.

Drone ants

Semut terbang merupakan sebutan bagi koloni semut jantan yang memiliki siklus hidup 3 minggu saja. Drone ants merupakan hewan pemalas dan tidak pernah berhasil dalam melakukan setiap hal. Walaupun tidak melalukan tugas berat dan hanya makan saja, mereka rela mati demi keberlangsungan koloninya. Ya, mereka akan mati setelah proses perkawinannya dengan semut betina.

Lalat

Lalat (istimewa)

Lalat (istimewa)

Lalat yang biasa kita jumpai di tempat kotor, ternyata hanya memiliki masa hidup selama 4 minggu. Lalat yang hidup di sekitar rumah manusia, memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan lalat yang hidup di alam liar. Namun, meski memiliki siklus hidup yang singkat, lalat betina rata-rata mampu menghasilkan hingga 1.000 telur.

Menebak Kepribadian Wanita Berdasarkan Sepatu Favoritnya

Lebah pekerja

Lebah pekerja ( Liuptan6)

Lebah pekerja ( Liuptan6)

Sama halnya seperti nyamuk dan lalat, lebah juga memiliki siklus hidup yang singkat, yakni sekitar empat atau lima minggu saja. Yang paling umum dari semua spesies lebah yang sering terlihat adalah lebah pekerja. Dalam waktu yang tidak banyak itu mereka benar-benar menghabiskannya seumur hidupnya untuk bekerja, membangun dan memperkuat sarang. Selain itu, lebah pekerja juga bertugas untuk melindungi sarangnya dari predator atau perusak dengan mengorbankan nyawa mereka. Ini karena satu satunya senjata mereka adalah sengat yang akan membuat musuh kehilangan nyawa, setelah dilepaskan.

Capung

Capung. (Wikipedia)

Capung. (Wikipedia)

Seperti menyadur dari Liputan6, ada sekitar 5.000 spesies capung di muka bumi ini. Durasi hidup seekor capung terbatas, yaitu tak lebih dari empat bulan. Namun, kebanyakan dari capung di alam bebas hidup di bawah durasi itu lantaran dimakan oleh laba-laba, burung, kadal dan katak. Angin yang kuat dan kondisi iklim yang keras lainnya juga menghentikan mereka dalam proses berkembangbiak. Sebab, angin akan menghancurkan larva mereka.

Tikus

Tikus. (Wikipedia)

Tikus. (Wikipedia)

Tikus rumahahan rata-rata bisa bertahan hidup selama setahun, kalau tidak diracun atau dimangsa predator seperti kucing. Selain itu, hal yang mampu memperpendek masa hidup mereka adalah rentannya terhadap masalah kesehatan. Kondisi tubuh tikus bisa tumbuh besar dengan cepat, tak berdasarkan umur.Masa hidupnya yang singkat, membuat mereka aktif bereproduksi untuk mempertahankan populasi.

Bunglon

Bunglon. ( Reptilesmagazine)

Bunglon. ( Reptilesmagazine)

Hewan yang termasuk reptil ini menjadi salah satu hewan yang memiliki umur pendek. Umumnya usia bunglon bisa mencapai dua hingga tiga tahun. Tapi untuk beberapa jenis bunglon seperti jenis Panther dan Labord’s, umurnya hanya satu tahun. Bunglon jenis panther chameleon tersebar di bagian utara dan timur Madagaskar. Panther chameleon aktif bereproduksi dan uniknya, bunglon dewasa akan musnah, sebelum telur-telur mereka menetas.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.