Lakukan Hal Ini, Ketika Anda Membenci Diri Sendiri

Mungkin beberapa orang menganggap membenci diri sendiri hanyalah sikap alay. Padahal, ada banyak sekali orang yang membenci diri sendiri.

JEDA.ID—Mungkin beberapa orang menganggap self hatred atau membenci diri sendiri hanyalah sikap alay yang mendramatisir suasana. Padahal, ada banyak sekali orang yang ternyata membenci diri sendiri, bahkan untuk alasan yang tidak jelas.

Setiap hari dan setiap saat Anda mungkin tidak dapat berhenti mengkritik diri sendiri untuk setiap kesalahan dan kegagalan yang terjadi dalam hidup Anda. Anda merasa minder dengan kondisi fisik, kemampuan, serta karakter diri. Anda merasa tak pantas untuk berada di suatu lingkungan atau kondisi tertentu.

Perasaan tersebut pada akhirnya berhasil “membunuh” dan membuat Anda depresi. Pikiran negatif tersebut biasanya muncul karena berbagai faktor, seperti mengalami kegagalan, kebiasaan selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sikap perfeksionis, hingga trauma masa lalu.

Ini Bahaya Sering Membentak Anak, Salah Satunya Berdampak ke Jantung

Itulah mengapa, kini istilah Love Myself sedang ramai digaungkan di berbagai aspek. Tujuannya, agar semakin sedikit orang-orang yang benci terhadap dirinya sendiri dan meningkatkan kadar penerimaannya.

Mengatasi self hatred sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Tips kesehatan mental kali ini membahas mengatasi perasaan membenci diri sendiri.

Seperti yang dikutip dari Suara.com, Sabtu (12/9/2020) Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan ketika Anda merasa gagal dan membenci diri sendiri.

1. Waspadai suara batin Anda yang berkata membenci diri sendiri

Walaupun mungkin terdengar seperti suara dari lubuk hati terdalam, sebenarnya itu adalah musuh terburuk bagi Anda. Hati nurani Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk Anda dan kebencian terhadap diri sendiri bukanlah salah satunya.

2. Menerima diri sendiri apa adanya

Ini bisa dimulai dengan membuat daftar berisi hal-hal baik yang And miliki. Ini bukan tentang penampilan fisik, pekerjaan, atau kekayaan, melainkan dari dalam diri Anda sendiri. Apakah Anda baik, penyayang, murah hati, dan lucu?

10 Aplikasi Penunjang WFH Ini Bikin Anda Tetap Produktif

Perhatikan siapa Anda sebenarnya dan apa yang membuat Anda bersemangat. Penerimaan diri adalah kunci penting untuk belajar mencintai diri sendiri.

3. Maafkan orang lain dan diri Anda sendiri atas kesalahan maupun penyesalan masa lalu

Di sini Anda mungkin memerlukan beberapa dukungan atau bantuan tambahan. Itu bisa datang dari teman dekat, keluarga, hingga terapis yang bisa membantu memandu Anda melepaskan masa lalu dan terus fokus melangkah maju.

4. Adanya belas kasih untuk diri sendiri

Pahami dan maklumi diri Anda sendiri. Jika Anda mulai bisa melihat diri Anda sebagai sahabat baik Anda sendiri, rasa benci itu perlahan akan memudar.

5. Ketahuilah bahwa betapa pun istimewanya diri Anda, Anda tidak sempurna dan tidak dapat mengendalikan dunia atau orang-orang di sekitar Anda

Anda harus belajar untuk mengakui dan menerima apa yang bisa dan tidak bisa Anda kendalikan. Curahkan energi Anda untuk sesuatu yang bisa Anda kendalikan dan lepaskan hal yang tak dapat Anda kendalikan.

 

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.