Kalahkan Jakarta, Sinyal Video Streaming di Kota-Kota Ini Lebih Lancar

Salah satu kebutuhan penting masyarakat era digital saat ini sinyal video streaming. Mungkin banyak yang beranggapan Jakarta sebagai ibu kota tersedia sinyal video streaming paling lancar di Indonesia. Namun kenyataannya tidak demikian hlo.

JEDA.ID— Salah satu kebutuhan penting masyarakat era digital saat ini sinyal video streaming. Mungkin banyak yang beranggapan Jakarta sebagai ibu kota tersedia sinyal video streaming paling lancar di Indonesia. Namun kenyataannya tidak demikian hlo.

OpenSignal, lembaga pengukur kualitas jaringan merilis hasil pengukuran terbarunya tentang kota di Indonesia yang memiliki sinyal video streaming paling lancar.

Dikutip Bisnis.com dari keterangan resminya, Senin (1/6/2020), kualitas jaringan untuk menikmati layanan video streaming di layar ponsel ternyata cukup beragam.

Berdasarkan pengukuran 1 Januari hingga 31 Maret 2020, secara nasional, pengalaman menikmati layanan ini berada pada rentang sedang hingga sangat baik.

Analis OpenSignal Hardik Khatri menyebut dari hasil pengukuran didapatkan bahwa pengalaman terbaik untuk melakukan video streaming bukan berada di kota besar di Pulau Jawa melainkan di Kota Sorong, Papua Barat.

“Pengguna di Papua Barat, Kota Sorong menikmati kualitas terbaik video streaming melalui ponsel, diikuti dengan Ambon, Kepulauan Maluku dan Jayapura, Papua—ketiganya masuk dalam kategori peringkat paling baik,” katanya.

Tak heran bila kota besar di Jawa bahkan tak masuk dalam 10 besar pengalaman video streaming terbaik. Hardik menyebut Bekasi, Jawa Barat berada di urutan ke-19 dengan nilai 60,3. Kemudian, diikuti oleh Surabaya, Jawa Timur dan Badung, Bali pada urutan ke-22 dan 26 secara berturut-turut.

Sementara itu, Jakarta berada di urutan ke-28. Kota besar lain seperti Makassar, Sulawesi Selatan; Palembang, Sulawesi Selatan; Medan, Sumatra Utara juga kota satelit seperti Tangerang dan Tangerang Selatan berada di ujung kategori baik. Kondisi paling parah yakni di urutan paling buncit terdapat Kota Serang dan Kota Bogor, Jawa Barat dengan kualitas sedang.

“Pengguna kami mendapatkan kategori sedang untuk pengalaman video yang artinya kualitas video streaming ditandai dengan waktu memuat yang lebih lamban dan penghentian berkepanjangan terutama pada resolusi lebih tinggi,” katanya.

Mengungkap Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kecantikan

Kualitas Pengalaman Video

Menurutnya, potret ketimpangan kualitas layanan video di berbagai kota menunjukkan dua hal. Pertama, kompetisi operator seluler. Ketatnya persaingan di kota tertentu memengaruhi kualitas jaringan dan pengalaman video.

Kedua, permintaan harian para pengguna seluler. Konsumen yang semakin boros data akan menyerap kapasitas jaringan.

“Kendati secara umum operator cenderung berkonsentrasi pada jaringannya dan peningkatan kapasitas di kota besar, kerap kali pengembangan itu tak bisa mengikuti perkembangan permintaan konsumsi data di daerah padat penduduk, konsumen yang melek teknologi,” katanya.

3 Hal Penyebab Streaming Video Jadi Lemot

Saat ini akses Internet seakan tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari. Hampir setiap orang membutuhkan jaringan internet baik untuk berkomunikasi, pekerjaan, ataupun menonton video streaming.

Namun sayangnya, saat tengah asyik menonton streaming, seringkali mendapati video yang buffering atau lemot. Jika sudah buffering begitu, tentu akan sangat menyebalkan. Padahal kuota internet masih cukup atau sinyal wifi juga dalam kondisi full.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus tahu cara streaming yang efektif tanpa buffering.

Mengutip Mashable seperti dilansir detikcom belum lama ini, ada 3 hal yang bisa bikin buffering saat menonton video secara streaming. Berikut ulasannya:

1. Pengguna WiFi yang Ramai

Saat menghubungkan elektronik rumah tangga seperti TV kabel, laptop, PC, ataupun banyak smartphone ke suatu jaringan internet, jangan sampai terlalu banyak, sehingga beberapa peralatan tersebut saling berebut koneksi. Terkadang, kamu sering lupa bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka akan semakin lambat koneksi internetnya.

Karena itu, sebelum kamu melakukan streaming, masuklah ke koneksi jaringan, nonaktifkan berbagi internet dan putuskan sambungan perangkat yang tidak digunakan. Selain itu, pastikan kamu mengeluarkan semua aplikasi web yang turut berkompetisi memperebutkan koneksi dengan streaming video yang kamu putar.

Kasus Dwi Sasono dan Ancaman Narkoba di Tengah Pandemi Covid-19

2. Bersihkan Cache

Tak banyak orang yang tahu kalau cache yang menumpuk bisa menghambat kinerja suatu ponsel. Cache awalnya mungkin bisa membantumu lebih cepat mengakses browser yang pernah kamu kunjungi sebelumnya, tapi jika tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu lama, ukuran cache akan membesar, sehingga bisa menghambat performa ponsel saat digunakan streaming.

Sebagai informasi, cache merupakan data bersifat sementara yang mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, ketika kamu akan melakukan streaming, sebaiknya masuklah ke pengaturan browser dan hapus histori terkini. Tak ada salahnya untuk mengosongkan cache agar kinerja ponsel lebih baik dan internet menjadi lancar.

3. Ganti Channel

Jika kamu memiliki tetangga, router dan access point mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal wifi menjadi lambat. Router wifi bisa bekerja di berbagai channel, dan kalian bisa menggunakan channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik ‘netsh wlan show all’. Nantinya kalian melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalia

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.