• Wed, 24 April 2024

Breaking News :

Jangan Galau, Begini Cara Menghadapi Pasangan Posesif

Memiliki pasangan yang sangat sayang bikin bahagia, namun bagaimana jika pasangan kita posesif? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pasangan posesif.

JEDA.ID – Memiliki pasangan yang sangat sayang bikin bahagia, namun bagaimana jika pasangan kita posesif? Ingin ini dilarang, ingin itu dicurigai, serba salah jadinya.

Padahal setiap individu masih memilik hak yang harus dihormati oleh pasangannya. Tidak semua aktivitas harus diatur oleh pasangan, terkadang orang memiliki privasi sendiri yang tidak ingin diganggu oleh siapa pun. Lalu, bagaimana caranya untuk menghadapi pasangan yang posesif? Berikut cara-cara menghadapi pasangan yang posesif seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (14/3/2020).

1. Sabar

Memiliki pasangan posesif memang membuat diri kita menjadi terkekang, tertekan dan tidak bebas dalam menjalani hubungan bersamanya. Lalu apa cara pertama yang dapat Anda lakukan? Cobalah untuk sabar, tenangkan dirimu sejenak dan pikirkan segala hal positif. Sebab, cinta memang membutuhkan pengorbanan. Dengan bersabar, sudah menandakan bahwa Anda benar-benar mencintainya dengan tulus.

2. Jujur

Jika Anda sudah mencoba sabar, namun Anda tidak kuasa lagi menahan kesabaran itu, ada baiknya Anda mengajaknya bicara secara langsung. Ungkapkan secara halus dan tak ada maksud untuk menyinggung apalagi marah. Tegaskan bahwa tidak semua hal harus Anda laporkan pada dirinya dan Anda juga tidak harus selalu meminta persetujuan arinya untuk melaksanakan segala sesuatu terlebih dalam urusan pertemanan.

Lindungi Anak dari Stres Akibat Isu Virus Corona

3.. Sadarkan

Tak ada salahnya jika Anda menyadarkan pasangan Anda yang posesif bahwa setiap orang berhak untuk bebas mengatur kehidupannya masing-masing. Jelaskan padanya bila Anda juga memiliki kehidupan pribadi yang tidak boleh seenaknya diatur secara sepihak.

Anda memiliki hidup dan rutinitas sendiri, begitu pula dengannya. Jelaskan juga pada pasangan bahwa sikap posesif yang berjalan lama bisa mengganggu hubungan kalian. Berilah saran kepadanya untuk tidak selalu mencurigai Anda.

4. Selidiki Sebabnya

Seusai mencurahkan segala rasa yang mengganjal di hati, kini saatnya Anda bertanya kepada pasangan Anda mengenai hal yang membuatnya posesif. Jika alasannya melakukan hal itu karena ia takut akan kehilangan Anda, buatlah ia percaya bahwa Anda juga mencintanya dan tak berpaling darinya, Anda juga tetap mengulani perkataan untuk tidak ingin dikekang dan dikendalikan. Semoga dengan begitu, pasangan Anda akan percaya dan berhenti posesif kepada Anda.

5. Jangan Membalas

Untuk menghadapi tipe pasangan yang posesif, memang dibutuhkan kesabaran yang besar, maka Anda diharapkan bisa mengendalikan emosi sebaik mungkin agar tidak memicu terjadinya konflik.

Jangan membalas sikap posesifnya dengan berbalik marah atau justru ikut mengekangnya, hal ini bukanlah suatu hal yang baik dilakukan dalam menjalin suatu hubungan.

Helikopter di Xuaxi Jadi Transportasi Umum, Ini Potret Desa Terkaya di Dunia

5. Hindari Hal yang Membuatnya Curiga

Jika Anda tak ingin sifat posesifnya muncul, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang akan membuatnya curiga kepada Anda. Maka, buatlah pasangan Anda percaya penuh kepada Anda.

6. Batasi Hubungan agar Tak Semakin Posesif

Dilansir dari PsychCentral, psikolog Leslie Becker-Phelps, Ph.D mengatakan bahwa Anda perlu menentukan batasan di mana Anda dan pasangan boleh bersikap, berbicara dan melarang suatu hal yang dirasa sudah melebihi batas dan akan berdampak buruk pada hubungan berdua.

Pada dasarnya ini bukan hal yang buruk. Batasan berguna untuk menciptakan aturan yang bisa membuat Anda satu sama lain nyaman dan mencegah timbulnya pertengkaran di masa depan. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.