Insecure Bisa Hambat Perkembangan Potensi, Atasi dengan Cara Ini

Rasa insecure bisa terjadi kepada siapa saja. Perasaan itu biasaya muncul dari rasa iri, takut, dan tidak percaya diri. Ada beberapa cara untuk mengatasi.

JEDA.ID—Rasa insecure bisa terjadi kepada siapa saja. Perasaan itu biasaya muncul dari rasa iri, takut, dan tidak percaya diri.

Insecure menjadi penghambat besar dalam perkembangan seseorang. Rasa insecure bisa membuat seseorang tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Hal ini tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Ada banyak hal yang bisa membuat insecure, seperti wajah, penampilan, nilai IPK atau membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain. Akan menjadi masalah jika insecure membuat kita menjadi kecil hati dan takut untuk melangkah. Jadi, jangan biarkan rasa insecure itu tumbuh di dalam diri Anda.

Seperti dilansir dari liputan6.com, Selasa (11/8/2020) Anda bisa mengatasi rasa insecure dengan beberapa cara berikut ini.

Radang Pernapasan hingga Merusak Sel, ini Efek Amonium Nitrat pada Tubuh

1. Pahami apa yang Anda rasakan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda merasa tidak nyaman sejak awal karena rasa insecure dapat memiliki banyak penyebab. Namun, tak peduli apa penyebabnya, Anda dapat merasa lebih baik jika mengetahui akar dari rasa insecure tersebut.

2. Mengubah perspektif Anda

Cobalah untuk memikirkan diri sendiri dan pikirkan hal-hal yang Anda lakukan serta yang orang lain hargai. Berhentilah memandang diri Anda dengan kritis. Anda adalah satu-satunya orang yang menghakimi diri sendiri dengan keras.

3. Melakukan hal terbaik yang Anda ketahui

Temukan sesuatu yang menarik minat Anda. Anda dapat menemukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, seperti menemukan hobi dan keunggulan Anda, sehingga dapat membantu untuk membangun kepercayaan diri.

4. Berikan hadiah pada diri sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik

Keberhasilan apa pun, sekecil apa pun, harus Anda akui. Untuk setiap tujuan Anda yang tercapai, berikanlah hadiah untuk diri Anda sendiri. Fokus pada penghargaan untuk diri sendiri dapat membantu Anda menghilangkan pandangan negatif pada masa yang akan datang.

5. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain bukan cara yang tepat untuk mengoreksi diri. Justru hal ini akan membuatmu menjadi rendah diri. Terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat melelahkan Anda untuk berjuang melawan rasa insecure.

Sebaiknya, lakukanlah apa yang terbaik untuk Anda sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Selain itu, biasakan untuk selalu bersyukur dengan segala yang Anda miliki agar perilaku dan pikiran Anda menjadi lebih positif. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Gaul Abis! Intip Pesona 5 Artis Cantik Ini saat Naik Sepeda

6. Meminta bantuan kepada orang lain

Jika Anda membutuhkan bantuan dari orang terdekat, seperti orangtua, teman, atau pasangan untuk mendukung serta membimbing anda dalam segala hal. Bisa saja dengan meminta bantuan kepada orang terdekat dapat mengurangi rasa insecure Anda.

Ingat, kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Jangan anggap enteng perasaan insecure, bila tidak ditangani dengan tepat, hal itu bisa mempengaruhi kehidupan Anda.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.