Ingin Melamar Kerja, Kenali Beberapa Macam Tes Bahasa Inggris

Tes atau uji kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris sudah lazin diterapkan lembaga baik negeri maupun swasta jika ingin merekrut pegawai baru.

JEDA.ID – Tes atau uji kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris sudah lazin diterapkan lembaga baik negeri maupun swasta jika ingin merekrut pegawai baru. Kecakapan dalam berbahasa Inggris menjadi komponen penting dalam dunia kerja masa kini. Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi tuntutan karyawan untuk menguasai Bahasa Inggris menjadi hal lumrah.

Kemampuan berbahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat dibutuhkan seperti ketika bertemu dengan klien atau kolega asing atau ketika harus ditugaskan ke lua1r negeri. Dengan tes atau uji Bahasa Inggris saat perekrutan pegawai, lembaga atau perusahaan bisa mengidentifikasi kemampuan calon karyawan dalam berbahasa asing.

Berikut adalah macam-macam tes Bahasa Inggris yang biasa diterapkan lembaga atau perushaan seperti dilansir Jeda.id Rabu, (12/2/2020) dari berbagai sumber.

1. Test Of English as a Foreign Language (TOEFL)

Salah satu tes Bahasa Inggris yang paling terkemuka di Indonesia, yakni TOEFL. Tes ini menjadi salah satu syarat ketika anda ingin melamar pekerjaan. Bahkan jika anda ingin mendaftar menjadi CPNS, anda diwajibkan mengikuti tes TOEFL ini. Skor TOEFL minimal yang harus anda dapatkan sekitar 550. Biaya yang dikeluarkan untuk pendaftaran TOEFL berkisar US$40 atau sekitar Rp550.000.

Tes TOEFL terdiri atas empat bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking dengan durasi sekitar tiga hingga empat jam lama tesnya. Ada berbagai macam TOEFL, yakni Paper Based Test (PBT), Computer Based Test (CBT), Internet Based Test (IBT), Institutional Testing Program (ITP), TOEFL Prediction Test. Selain TOEFL, jika Anda ingin melamar pekerjaan, ada dua jenis tes Bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti yakni TOEIC dan IELTS.

2. Test of English for International Communication (TOEIC)

Berbeda dengan TOEFL, materi yang diujikan di TOEIC hanya reading dan listening dengan rentang skor 10-990. Hasil tes ini untuk mengukur sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain dalam Bahasa Inggris.

Bagi anda yang memiliki impian bekerja ke luar negeri, tes ini bisa jadi salah satu syaratnya. Tak hanya di luar negeri, bahkan beberapa perusahaan di Indonesia juga ada yang mewajibkan mengambil tes ini. Contohnya seperti FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia.

Standar penilaian untuk tes ini memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment). Agar dapat lulus dalam tes ini, setidaknya anda harus memiliki skor 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990. Biaya untuk pendaftaran test ini berkisar $40-$50 atau sekitar Rp600.000-Rp700.000.

3. International English Language Testing System (IELTS)

IELTS merupakan tes yang lebih diperuntukan untuk keperluan edukasi, bekerja, dan tinggal di luar negeri. Tes ini dapat mencerminkan kemahiran seseorang dalam penggunaan bahasa Inggris untuk belajar, bekerja, dan tinggal di lingkungan yang berbahasa Inggris.

Bahasa yang dipakai dalam tes ini merupakan British English, yang dikenal dengan tulisan dan aksen british yang sangat kental. Tes ini populer dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Membutuhkan strategi dalam menjawab soal-soal tes ini. Tak heran jika banyak orang yang harus melewati preparation course agar bisa lulus.

IELTS mempunyai dua jenis tes yaitu General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Tes IELTS memiliki empat materi yakni listening, reading, writing, dan speaking. Setiap negara mempunyai standar skor yang berbeda-beda. Misalnya di Australia, kamu harus memiliki minimum skor sekitar 4,5-5 untuk General Training dan 5,5-7 untuk Academic Training.

Tidak semua pertanyaan yang diuji memiliki tingkat kesulitan yang sama. Sedikit tips untuk mengerjakan soal dengan materi reading, kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu agar anda memiliki sisa waktu lebih banyak untuk mengerjakan soal yang lainnya.

Perlu diingat bahwa setiap butir soal memiliki jumlah waktu serta nilai bobot yang sama. Maka, agar waktu mencukupi, setidaknya anda harus mengejar skor 6,5. Disini, waktu benar-benar harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Jika ingin mengikuti test ini, kamu harus mendaftar di British Council yang hanya berada di kota-kota tertentu seperti Makassar, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Biaya pendaftaran IELTS sekitar Rp2,9 juta.

Berikut beberapa tips dalam persiapan menghadapi tes Bahasa Inggris versi Jeda.id, Rabu (12/2/2020).

1. Pahami Tes

Sebelum mengikuti tes Bahasa Inggris, anda harus mengetahui terlebih dulu bagaimana sistem dari tes tersebut Kenali lebih dalam mengenai tes tersebut. Pelajari materi apa saja yang akan diberikan ketika tes.

2. Belajar

Belajar Bahasa Inggris seperti grammar, vocabulary, pronoun, clause, dan materi mendasar lainnya. Menjadi hal yang cukup penting sebelum menghadapi tes Bahasa Inggris.

Belajar tak selalu melalui buku. Mendengarkan lagu Bahasa Inggris juga dapat digunakan sebagai cara belajar yang tidak membosankan. Ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris, maka kita dapat belajar mengenai listening dan speaking.

3. Mengikuti Kursus

Agar lebih paham mengenai Bahasa Inggris, anda bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris di lembaga pendidikan terkait. Dengan adanya bimbingan dari mentor yang ahli, anda akan mendapatkan pengetahuan lebih luas mengenai Bahasa Inggris.

4. Bertanya kepada Orang Lain

Jika anda mempunyai kerabat atau teman yang sudah pernah mengikuti ujian tes Bahasa Inggris, tidak ada salahnya bila Anda bertanya kepada mereka perihal soal-soal tes yang akan dihadapi. Mintalah saran serta tips dari mereka yang sudah pernah mengikuti tes tersebut.

5. Persiapan diri

Sebelum mengikuti tes, ada baiknya jika anda mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Mulai dari kesehatan, jaga kesehatan anda sebelum mengikuti tes, bila perlu minum vitamin agar tubuh anda terhindar dari serangan penyakit.

Jangan lupa juga untuk selalu berdoa ketika menghadapi tes, semoga beberapa tips di atas dapat membantu ada ketika akan menghadapi tes Bahasa Inggris. Selamat mencoba dan semoga sukses! (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.