Ingin Lepas dari Jeratan Utang? Coba Cara Ini

Memang tidak sepenuhnya buruk, namun Anda harus berhati-hati jika ingin meminjam uang.

JEDA.ID—Jeratan utang makin lama bisa makin mencekik dan mengancam kondisi finansial. Ketahui cara-cara sehat untuk lepas dari jeratan utang.

Tips keuangan kali ini bakal membahas bagaimana lepas dari jeratan utang. Utang atau juga biasa disebut dengan pinjaman merupakan solusi hal yang paling sering dilakukan oleh orang ketika mengalami masalah keuangan. Namun, ternyata utang kebanyakan malah menjadi bumerang bagi si peminjam karena kadang saat berutang mereka tidak memperhatikan risiko jangka panjangnya.

Memang tidak sepenuhnya buruk, namun Anda harus berhati-hati jika ingin meminjam uang. Jangan sampai Anda terlilit utang dan malah membuat kesusahan. Jika sudah terlanjur memiliki banyak hutang Anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Positif Covid-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasan Pakar

Lalu bagaimana cara bebas dari utang dengan cepat dan bisa meraih kebebasan finansial? Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (23/1/2021), berikut ini adalah cara yang bisa Anda coba supaya lepas dari utang.

1. Kenali utang Anda

Tuliskan utang Anda di atas kertas, tulis detailnya harus mencakup nama kreditur, alamat dan nomor telepon, jumlah utang yang belum dibayar, tingkat bunga, pembayaran minimum dan informasi lain yang menurut Anda relevan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan pribadi, dengan menggunakan sumber daya di dalam aplikasi untuk mendokumentasikan utang dan membuat rencana untuk melunasinya.

Mungkin Anda bisa melibatkan orang lain. Penting untuk menyertakan pasangan atau orang penting lainnya. Jika Anda tidak sependapat secara finansial, itu bisa membuat lebih sulit untuk keluar dari utang. Tidak apa-apa jika salah satu dari Anda yang memimpin dalam pengelolaan uang. Tetapi Anda berdua harus ikut serta, terutama saat mengembangkan strategi untuk menurunkan utang.

2. Penganggaran adalah kuncinya

Mulailah dengan membuat anggaran yang mencakup pengeluaran dan pendapatan Anda. Jelajahi cara untuk mengurangi pengeluaran dan pengeluaran, jika mungkin tingkatkan pendapatan, kemudian tinjau anggaran dengan tepat.

Baca Juga:  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Apa Saja Ya?

Pastikan untuk memprioritaskan utang dan pengeluaran, mencantumkan hal-hal yang penting untuk dibayar, seperti hipotek, utilitas, dan tunjangan anak, serta pinjaman yang mungkin kurang penting, seperti pinjaman dari keluarga dan teman atau kartu kredit.

3. Jadilah orang yang realistis

Melunasi hipotek seperti melakukan diet. Anda dapat berjanji untuk tidak pernah makan makanan yang buruk bagi Anda, tetapi apakah itu realistis? Prospek untuk tidak pernah makan makanan cepat saji terlalu berat untuk ditanggung. Hal yang sama berlaku untuk utang.

Ya, untuk mencapai tujuan finansial Anda, pengorbanan harus dilakukan, namun Anda membutuhkan keseimbangan, termasuk kehidupan finansial Anda. Sebelumnya, jadwalkan pengeluaran yang dibutuhkan dan tinggalkan uang tunai untuk kontinjensi. Jika Anda tidak merencanakan dan mencatat pengeluaran, pengeluaran baru akan menggantikan setiap perubahan yang dibuat dalam utang.

4. Cari bunga yang lebih rendah

Memiliki suku bunga serendah mungkin akan membantu mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan utang. Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan kartu transfer saldo jika memiliki posisi kredit yang cukup layak, dan mengkonsolidasikan semua utang Anda dalam satu kartu. Anda akan dapat memfokuskan semua pembayaran pada pokok dengan tingkat perkenalan 0 persen dan secara dramatis memotong pembayaran bunga potensial Anda.

Baca Juga: Ini Cara Menemukan Cinta Sejati di Masa Pandemi

Namun, pastikan bahwa Anda akan melakukan pembayaran penuh pada kartu itu dan mengelola pengeluaran. Jika tidak, Anda akan berakhir dengan utang yang jauh lebih besar dan tingkat bunga pasca perkenalan yang lebih tinggi.

5. Berkomunikasi dengan kreditur

Beberapa pemberi pinjaman sangat ingin bermitra dengan Anda. Mereka mungkin menyetujui jadwal pembayaran, mendorong Anda untuk melewatkan beberapa pembayaran dan menanganinya atau membebaskan biaya keterlambatan di akhir masa pinjaman. Banyak perusahaan kartu kredit bersedia membahas persyaratan dan membuat rencana pembayaran, yang membuat Anda kembali ke jalur yang benar jika berupaya melakukannya.

6. Belanjakan lebih sedikit, hemat lebih banyak

Ketika Anda menjadi lebih sadar akan arus masuk dan arus keluar modal Anda, ini akan mengarahkan Anda untuk mengeksplorasi lebih banyak peluang untuk mengurangi biaya saat ini. Tabungan Anda akan membantu melunasi utang lebih cepat.

Baca Juga: Mengencani Perempuan Berpenghasilan Lebih Besar? Ini Tips agar Tidak Minder

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang telah menginvestasikan uang secara rutin di Jaminan Hari Tua atau akun pensiun, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk membebaskan diri dari beban iuran kartu kredit.

7. Konseling kredit

Jika pendidikan pengelolaan uang atau terapi anggaran adalah yang Anda butuhkan, pertimbangkan untuk mencari dukungan dari agen konseling kredit. Badan-badan ini juga dapat menawarkan solusi untuk penghapusan utang, memberikan nasihat perumahan, dan merujuk Anda ke agen lain yang memberikan bantuan khusus.

Untuk mengatur jadwal pembayaran, beberapa perusahaan konseling kredit mungkin menghubungi kreditor, atau mengembangkan rencana pengelolaan utang. Jika Anda menginginkan bantuan dari agen konseling kredit, pertama-tama periksa kredensial organisasi tersebut.

Tidak semua perusahaan sah; yang lain mengenakan biaya yang tidak wajar, menolak memberikan layanan yang dijanjikan, atau memberikan nasihat yang buruk.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.