Ingin Klaim Token Listrik Gratis dari PLN, Begini Caranya

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan token listrik gratis bulan Juli dengan mengakses www.pln.co.id dan WhatsApp (WA).

JEDA.ID – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan token listrik gratis bulan Juli dengan mengakses www.pln.co.id dan WhatsApp (WA).

Gratis token bisa mulai didapatkan pada hari ini, Rabu (1/7/2020). token listrik PLN gratis atau diskon untuk bulan Juli sudah bisa diakses mulai hari ini. Bagaimana cara dapatkannya?

Ada dua cara untuk dapat kompensasi ini. Seperti dikutip dari situs resmi PLN, Rabu, pertama pelanggan bisa login langsung ke website resmi www.pln.co.id. Lalu cara kedua dengan mengirimkan pesan via WhatsApp (WA) ke nomor 08122123123.

Token listrik gratis PLN merupakan kompensasi dari pemerintah untuk masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona.

Saat Dunia Tanpa Euforia…

Diskon 50%

Pelanggan yang berhak mendapatkan kompensasi ini adalah pelanggan rumah tangga golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA.

Pelanggan 450 VA dapat token gratis senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Sedangkan pelanggan 900 VA bersubsidi dapat diskon 50%.

Diskon 50% itu dihitung berdasarkan dari pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. PLN memberikan kompensasi ini diperpanjang hingga September 2020 dari semula hanya April-Juni.

Dikutip dari laman Instagram PLN, pembelian token gratis listrik ditujukan bagi masyarakat tidak mampu. Adapun, ketentuannya hanya berlaku pada pelanggan daya listrik rumah tangga 450 VA baik reguler (pascabayar) dan prabayar.

Untuk pascabayar, rekening listrik otomatis akan digratiskan. Sedangkan, bagi pengguna prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

Sedangkan, bagi pelanggan daya listrik rumah tangga 900 VA juga akan diberikan diskon sebesar 50%.

Keringanan

Pemerintah memberikan keringanan biaya listrik kepada masyarakat melalui PT PLN (Persero), stimulus ini diberikan pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi masyarakat akibat wabah virus corona.

Setidaknya sejak April lalu stimulus ini sudah berjalan, PLN memastikan bahwa stimulus listrik COVID-19 bulan Mei akan tetap diberikan kepada masyarakat.

Bagi pelanggan pascabayar, listrik gratis dan diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik bulan Mei. Sementara untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik bisa didapatkan di website PLN.

“Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan WhatsApp yang telah disediakan,” jelas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dalam keterangannya, Kamis (14/5/2020) seperti dilansir detikom.

Made menjelaskan setidaknya 4 golongan yang terjangkau dalam kebijakan stimulus listrik. Pertama, pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA akan mendapatkan listrik gratis selama 3 bulan, terhitung sejak April sampai Juni.

Kemudian, bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA Subsidi akan memberikan diskon 50% selama 3 bulan, terhitung April – Juni.

Ikan Vampir Serang Amerika, Ini Sejumlah Hewan Pengisap Darah di Bumi

Stimulus

PLN juga memberikan stimulus untuk pelanggan bisnis kecil (B1) dan pelanggan industri kecil (I1) daya 450 VA. Mereka akan mendapatkan listrik gratis selama 6 bulan, terhitung Mei sampai Oktober.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah tingkat kecamatan, hingga desa untuk memastikan bantuan listrik tersalurkan dan dapat diterima masyarakat.

“Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkap Made.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan listrik gratis?

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website resmi PLN, begini caranya:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.