• Mon, 3 October 2022

Breaking News :

Ingin Kaya? Lakukan 6 Langkah Sederhana Ini

Tips kaya bukan hanya bekerja keras, melainkan ada langkah-langkah yang kelihatannya sederhana namun sebenarnya membawa ke tujuan kita kaya raya.

JEDA.ID — Hidup sejahtera dan syukur-syukur kaya raya tentu menjadi impian semua orang. Akan tetapi, meski sudah berusaha dengan keras, status kaya raya tidak segera tergapai. Pengelolaan keuangan saja belum cukup. Lalu, bagaimana caranya supaya menjadi cepat kaya?

Melansir dari laman Detik.com, penulis Sarah Stanley Fallaw melakukan survei pada 600 orang kaya. Tidak peduli berapa usia atau pendapatan mereka, terungkap bahwa terdapat enam faktor yang membuat miliuner memiliki banyak harta berikut ini.

Mampu Berhemat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi orang kaya adalah memperkuat kemampuan berhemat. Hal ini menjadi faktor utama yang membuat miliuner banyak uang. Memiliki komitmen untuk menabung, mengeluarkan uang lebih sedikit, dan setia pada budgeting. Meski kaya, ternyata tak semua miliuner suka hidup foya-foya, kebanyakan dari mereka justru lebih memilih menabung untuk hari tua.

10 Satwa yang Permah Jalani Misi ke Luar Angkasa

Melansir dari laman koinworks.com, Mark Cuban merupakan seorang pengusaha sekaligus pemilik dari Dallas Maverick dengan nilai kekayaan bersih mencapai USD 3,7 Miliar pada tahun 2018. Ia termasuk orang yang membangun kekayaannya dari nol. Salah satu saran yang diberikannya adalah jangan pernah menghabiskan uang untuk hal-hal yang bodoh dan tidak bermanfaat. Lakukanlah penghematan sebanyak yang Anda bisa, jangan terlalu sering makan di restoran, dan jangan menggunakan kartu kredit.

modus penipuan

Hindari berbelanja barang-barang yang tidak kita butuhkan. (Freepik)

Percaya diri

Percaya diri bukan hanya dibutuhkan untuk sukses meraih posisi tinggi. Percaya diri juga menjadi salah satu cara menjadi orang kaya dalam hal investasi dan manajemen keuangan. Menurut perencana keuangan, poin pertama untuk dapat hidup hemat adalah dengan kepercayaan diri yang kuat.

Tanggung jawab

Berdasarkan riset untuk buku The Next Millionaire Next Door: Enduring Strategies for Building Wealth, rasa tanggung jawab juga berperan besar dalam membuat miliuner banyak harta. Dikatakan jika orang-orang kaya menerima peran mereka untuk urusan finansial. Hal tersebut tampaknya mendorong mereka untuk bekerja lebih keras. Meski begitu, orang-orang kaya tidaklah sombong dalam mengakui kekayaan. Sebagian dari mereka percaya jika keberuntung juga memiliki peran yang cukup besar.

Perencanaan

Penting untuk selalu mempunyai rencana serta tujuan finansial yang jelas. 92% miliuner dikatakan punya perencanaan keuangan dalam jangka panjang dan 97% dari mereka selalu berhasil mewujudkannya.

Peneliti Ungkap Cara Mencegah Pandemi di Masa Depan dan Biaya yang Diperlukan

“Miliuner tidak mengandalkan orang lain untuk membuat mereka kaya dan mereka tidak menyalahkan siapapun jika mereka jatuh. Mereka fokus pada apa yang mereka bisa kontrol dan menyesuaikan kebiasaan sehari-hari dengan tujuan yang mereka rancang,” papar Chris Hogan, penulis Everyday Millionaires: How Ordinary People Built Extraordinary Wealth – and How You Can Too dari laman wolipop.detik.com, belum lama ini.

Fokus

Kemampuan untuk fokus pada pekerjaan tanpa gangguan merupakan hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menjadi kaya. Begitu juga saat memiliki sebuah cita-cita yang pada akhirnya menuntun kesuksesan.

“Mereka menghindari gangguan dan ‘sindrom obyek bersinar’ yang dialami kebanyakan orang karena miliuner tidak fokus pada apa yang membuat mereka senang sekarang, mereka fokus pada rencana membangun kekayaan jangka panjang,” papar Chris.

‘Ketidakpedulian sosial’

Banyak orang ‘kalah’ dengan tuntutan sosial. Hal tersebut memaksa mereka menghabiskan banyak uang untuk tampil ‘bersinar’ meski tidak sepenuhnya dibutuhkan. Orang-orang kaya umumnya punya ‘ketidakpedulian’ sosial yang membuat mereka tidak tergoda membeli barang-barang mewah hanya untuk pamer.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah Ans

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.