Ingin Hilangkan Bau Kulkas yang Tak Sedap? Pakai 6 Bahan Alami Ini

Masalah bau kulkas pasti pernah dialami banyak orang yang memiliki lemari pendingin itu. Ada beberapa cara mengatasinya.

JEDA.ID – Masalah bau kulkas pasti pernah dialami banyak orang yang memiliki lemari pendingin itu.

Aroma tidak sedap itu berasal dari makanan atau minuman yang disimpan dalam waktu yang lama. Namun, bisa juga terjadi lantaran isi kulkas Anda terlalu penuh dan jarang dibersihkan.

Kulkas merupakan barang elektronik yang berfungsi sebagai pendingin bahan pangan agar tetap segar dan lebih tahan lama. Fungsi utama kulkas atau lemari es adalah untuk menjaga bahan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet.

Daging, sayur mayur, minuman ataupun makanan sisa yang disimpan terkadang membuat kulkas berbau tak sedap. Selain bau tak sedap, kulkas kotor juga membuat barang elektronik ini cepat rusak.

Bau tak sedap pada kulkas umumnya bisa dihilangkan dengan cara membersihkan kulkas secara teratur. Namun, ternyata banyak cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulkas tetap wangi dan segar. Melansir Detik.com Sabtu, (1/8/2020) dan sumber lain, bahan-bahan alami ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir bau tak sedap di kulkas.

Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan, Untung Mana?

1. Kopi Bubuk

Tak hanya cocok dijadikan teman saat bekerja, ternyata kopi juga bisa mengusir bau tak sedap pada kulkas. Cobalah untuk taruh semangkuk bubuk kopi kering di bagian bawah lemari es. Nantinya, bubuk kopi akan menyerap bau membandel.

2. Arang

Sama seperti bubuk kopi, arang memiliki sifat menyerap bau sehingga dapat dimanfaatkan untuk menangkal bau tak sedap dalam kulkas. Cara melakukannya pun gampang, cukup taruh arang ke dalam mangkuk, lalu tempatkan di kulkas. Setting suhu kulkas ke suhu minimum dan tutup kulkas rapat-rapat. Biarkan 24 jam, pasti bau tak sedap dalam kulkas akan hilang.

3. Garam

Garam dapur dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada kulkas. Anda hanya perlu membuat larutan garam dari campuran garam dan air hangat. Setelah garam larut dan tercampur rata, celupkan spons ke dalamnya, lalu mulailah menggosok permukaan kulkas. Tunggu hingga kering, bau tidak sedap yang menempel pada dinding kulkas akan menghilang.

4. Baking Soda

Baking soda biasanya lebih dikenal sebagai bahan dapur yang mampu membersihkan noda membandel pada sofa, tempat tidur, atau gorden. Untuk menghilangkan bau dengan baking soda, Anda bisa taburkan soda kue ke spons basah untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Selanjutnya, taruhlah semangkuk kecil soda kue di bagian belakang kulkas sehingga menyerap bau di kulkas. Agar kulkas tetap wangi, Anda harus pastikan untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali.

5. Cuka

Sama seperti baking soda, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kulkas. Isilah botol semprot dengan setengah cuka putih dan setengah air hangat dan semprotkan bagian dalam lemari es. Cuka berfungsi untuk menetralkan bau tidak sedap pada kulkas. Namun, jika Anda ingin menggunakan cuka, pastikan untuk membersihkan kulkas kembali hingga bau cuka hilang.

6. Vanila

Vanila bisa jadi pilihan bagi Anda yang tak suka bau cuka. Ambilah beberapa helai kapas dan rendam dalam ekstrak vanila yang telah dicampur sedikit air, setelah itu, letakkan di dalam kulkas.

Youtuber Cantik China Berpenghasilan Rp72 Miliar dari Konten Kreatif Ini

7. Lemon

Lemon dengan aroma khas yang segar memang sering dijadikan bahan untuk menghilangkan bau tak sedap. Untuk mengusir bau pada kulkas, letakkan setengah irisan lemon menghadap ke bawah di dalam kulkas selama beberapa hari. Lemon akan menyerap bau tak sedap di kulkas dan menggantinya dengan aroma lemon segar. Selain lemon, Anda juga bisa gunakan kulit jeruk.

8. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan sehat yang kini terkenal di kalangan mereka yang berdiet. Selain sehat, semangkuk oatmeal kering ernyata bisa digunakan untuk menghilangkan bau dalam kulkas. Cukup letakkan dan diamkan, aroma tidak sedap akan terserap oleh oatmeal.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.