Ide 7 Olahan Daging Kurban Antimainstream, Yuk Coba!

Hari Raya Iduladha menjadi satu hari yang ditunggu-tunggu oleh muslim di dunia dan tentunya tidak terlepas dari daging kurban.

JEDA.ID—Hari Raya Iduladha menjadi satu hari yang ditunggu-tunggu oleh muslim di dunia dan tentunya tidak terlepas dari daging kurban.

Saat Iduladha yang disebut juga Hari Raya Kurban, biasanya persediaan daging terutama kambing dan sapi melimpah. Kulkas yang tiba-tiba menjadi tempat penyimpanan daging yang berlimpah, menjadi hal yang lumrah ketika Hari Raya Idhul Adha.

Nah, kira-kira dengan daging yang berlimpah akan diolah menjadi masakan apa ya? Mungkin ada yang merasa bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja dan ingin mengolah daging-daging tersebut dengan cara yang lain.

Berikut olahan daging kurban antimainstream yang patut dicoba dilansir dari suara.com dan  travelingyuk.com.

Viral Embun Es di Dieng, Hati-Hati Efeknya Jika Terkena Kulit

1. Sushi Roll

Sushi roll (istimewa)

Sushi roll (istimewa)

Masakan olahan dari Jepang ini bisa dijadikan salah satu olahan daging kurban. Biasanya sushi roll menggunakan sayuran dan daging tuna atau salmon, nah sekarang saatnya untuk berinovasi. Kalian bisa mengombinasikan dengan daging sapi pada sushi roll yang akan dibuat.

Caranya mudah kok hanya dengan siapkan nasi ketan atau nasi putih. Kemudian siapkan juga wortel dan timun, daging sapi yang sudah dimasak dengan bumbu dan nori. Biar lebih enak, daging dimasak dengan kecap atau tumis biasa dengan penyedap. Setelah semua bahan sudah siap, saatnya tata isian di atas nasi lalu gulung dengan rapi. Sushi roll daging sapi siap untuk disajikan.

2. Kebab kulit lumpia

Kebab (ilustrasi/Istimewa)

Kebab (ilustrasi/Istimewa)

Kalian juga bisa mengolah daging kurban menjadi camilan yang enak dan mudah dibuat. Kebab kulit lumpia menjadi satu camilan yang menarik untuk dicoba. Caranya hanya dengan menggunakan kulit lumpia dan daging yang sudah ditumis dengan berbagai macam bumbu.

Lalu cincang atau diiris tipis-tipis dagingnya. Tata daging di atas daun selada kemudian tambahkan dengan sayuran seperti bawang bombay, wortel, dan tomat yang telah dicampur dengan mayonnaise. Kemudian, gulung kulit lumpia dengan rapi dan sajikan dengan mayonnaise pedas.

3. Kwetiau sapi

Kwetiau sapi (istimewa)

Kwetiau sapi (istimewa)

Bagi para pecinta mi, patut dicoba olahan yang satu ini. Bahan yang digunakan seperti kwetiau, daging sapi, kubis, sawi, daun bawang, dan cabai merah. Untuk mengolahnya, siapkan semua bahan dalam penggorengan dan masak dengan minyak yang sedikit. Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap manis, kecap asin, bubuk cabe, merica, bawang putih, garam dan lain sebagainya. Kalau sudah matang, sajikan dalam piring dan santap selagi masih hangat.

4. Nugget sapi

Nugget sapi (istimewa)

Nugget sapi (istimewa)

Cara untuk mengolah nugget sapi hanya dengan menggiling daging dan diuleni bersama tepung terigu dan bumbu-bumbu. Adonan yang sudah dibentuk kemudian dikukus. Setelah itu, adonan dibaluri dengan tepung panir dengan merekatkannya menggunakan telur. Untuk yang segera ingin menyantap olahan satu ini, bisa langsung digoreng hingga kecokelatan. Jangan lupa simpan nugget yang belum mau dimakan ke dalam freezer.

5. Siomay sapi

Siomay sapi (istimewa)

Siomay sapi (istimewa)

Kalian bisa menjadikan daging sapi sebagai pengganti ikan tenggiri pada siomay. Caranya dengan haluskan daging yang tersedia, kemudian diuleni bersama dengan tepung tapiokan dan telur serta bumbu-bumbu lainnya.

Apabila adonan telah siap, kemudian rebuslah. Kalian juga bisa dengan cara kukus atau goreng, sesuai dengan selera kalian. Untuk menambah rasa nikmat siomay, bisa juga tambahkan pelengkap seperti kubis, kentang, dan pare rebus serta tahu putih kukus. Jangan lupa saus kacang, kecap, dan saus tomat sebagai penyempurna dari siomay sapi kalian.

Fetish Termasuk Gangguan Psikologis atau Seksual? Begini Penjelasan Ahli

6. Sop Iga Kambing

Tak lengkap rasanya jika ada sate daging tanpa sop iga. Kamu bisa mengolah daging pada saat Hari Raya Iduladha dengan membuat sop iga kambing.

Mengolahnya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus iga kambing bersama jahe, daun jeruk, dan daun pandan. Kemudian tumis bumbu halus, seperti jahe, cengkeh, dan kayumanis hingga aromanya harum. Lalu masukkan air hingga mendidih, tambahkan iga, tomat, wortel, dan bumbu sampai matang. Tambahkan taburan bawang goreng dan seledri agar rasanya lebih nikmat.

7. Nasi Goreng Kambing

Olahan santan saat Idul Adha kerap membuat kita bosan saat menyantapnya. Kamu bisa membuat menu yang praktis, yaitu nasi goreng. Tambahkanlah daging kambing agar lebih terasa sensasi Hari Raya Idul Adha. Cukup dengan memotongnya dalam bentuk kecil dan mencampurkannya ke dalam olahan nasi goreng.

 

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.