Diawali Gerhana Bulan Penumbra, Ditutup Gerhana Matahari Total

Gerhana bulan penumbra pada 11 Januari 2020 akan bisa diamati dari Indonesia dan berbagai negara lain di Asia, Eropa, dan sebagian besar Afrika.

JEDA.ID–Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020. Gerhana itu menjadi pembuka peristiwa gerhana sepanjang 2020. Diperkirakan sepanjang 2020 akan ada 6 kali gerhana.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di laman resmi mereka, Rabu (8/1/2020), menyatakan ada dua kali gerhana matahari dan empat kali gerhana bulan sepanjang 2020.

Berikut daftar 6 kali peristiwa gerhana sepanjang 2020:

1. Gerhana bulan penumbra (GBP) pada 11 Januari 2020 dapat diamati dari Indonesia.

2. Gerhana bulan penumbra (GBP) pada 6 Juni 2020 dapat diamati dari Indonesia.

3. Gerhana matahari cincin (GMC) pada 21 Juni 2020 dapat diamati dari Indonesia berupa gerhana matahari sebagian, kecuali sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatra bagian selatan.

4. Gerhana bulan penumbra (GBP) pada 5 Juli 2020 tidak dapat diamati dari Indonesia.

5. Gerhana bulan penumbra (GBP) pada 20 November 2020 dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana matahari total (GMT) pada 14 Desember 2020 tidak dapat diamati dari Indonesia.

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Sedangkan gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Puncak Gerhana

BMKG menjelaskan GBP pada 11 Januari 2020 akan dimulai pukul 00.05 WIB dan berakhir pukul 04.14 WIB. Puncak gerhana bulan akan terjadi pada pukul 02.10 WIB.

Proses gerhana bulan  ini dapat dilihat berbagai wilayah yaitu Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian barat, dan Samudera Hindia.

Kemudian proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian timur laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur.

Kilas Gerhana Matahari Total di Indonesia

Berikutnya proses gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian barat laut, Samudera Pasifik bagian barat, dan sebagian besar Australia bagian timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian timur.

BMKG menyatakan gerhana bulan penumbra pada 11 Januari 2020 ini merupakan anggota ke 16 dari 71 anggota pada seri Saros 144.

Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah GBP pada 30 Desember 2001. ”Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 21 Januari 2038,” tulis BMKG.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.