Dewa 19 hingga Duo MLI, Ini 5 Kasus Heboh Dugaan Penistaan Agama

Deretan kasus penistaan agama menimpa sejumlah selebriti Tanah Air.Duo

JEDA.ID – Atta Halilintar menambah deretan selebriti yang tersandung kasus penistaan agama. Sebelum heboh dilaporkannya Atta, selebriti lain seperti Andre Taulany hingga duo MLI Coki-Muslim juga sempat dicap penista agama.

Youtuber Atta Halilintar tersandung kasus dugaan penistaan agama. Ia resmi dilaporkan Kepala Departemen Agama Komunitas Pengawas Korupsi Ustaz Ruhimat ke Polda Metro Jaya, Rabu (13/11/2019).

Laporan tersebut dibuat setelah melihat konten video berjudul Pelecehan Penistaan Agama Atta Halilintar yang diunggah akun Youtube Gunawan Swallow.

Di video tersebut Atta Halilintar dan adik-adiknya, keluarga Gen Halilintar, terlihat memperagakan hal-hal yang tidak diperbolehkan saat salat.

Ustaz Ruhimat menyebut adegan-adegan dalam video tersebut sangat bertentangan dengan ajaran islam. “Adegan-adegan tentang salat seperti dipermainkan, jadi kalau dalam salat kan ada adab, syarat dan peraturannya,” ujar Ustaz Ruhimat dilansir Okezone, Rabu.

Atta bukan satu-satunya selebriti yang tersandung kasus penistaan agama. Berikut daftar selebriti TV dan Youtuber yang sempat tersandung kasus penistaan agama;

Candaan Andre Taulany

Seorang advokat bernama Sulistyowati melaporkan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama. Andre dia nilai telah menghina Rasulullah SAW lewat candaan yang dilontarkan dalam sebuah acara televisi. Selain Sulis, Andre akan dilaporkan oleh Persaudaraan Alumni 212 ke Bareskrim Polri.

Lawakan Andre yang dipersoalkan adalah saat Andre dan Sule menjadi host dalam sebuah acara televisi. Saat itu Andre dan Sule mewawancarai penyanyi Virzha. Video wawancara mereka kemudian viral di media sosial.

Dalam video itu, Sule awalnya bertanya kepada Virzha tentang alasan dirinya merambah bisnis parfum. Virzha mengaku mengagumi Nabi Muhammad SAW yang wanginya seperti 1.000 bunga.

“Dulu aku pernah baca kisah jadi Nabi Muhammad dulu, dia tuh aromanya 1.000 bunga, jadi berawal dari situ sih, kalau kita bisa wangi kenapa nggak?” ujar Virzha.

“Wangi, memberikan kenyamanan kepada orang-orang,” timpal Sule.

Di sela-sela pembicaraan itu, Andre lalu melontarkan candaan. Candaan itulah yang kemudian dinilai sebagian orang menghina Rasulullah SAW. “Aromanya 1.000 bunga? Itu badan apa kebon?” ujar Andre.

Kaligrafi Dewa 19

Antara pentolan grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani dan Front Pembela Islam (FPI) memiliki cerita yang dinamis. Mengutip Tempo.co, pada 25 April 2005 FPI melaporkan Dewa 19 ke Polda Metro Jaya.

Masalahnya, sampul album Laskar Cinta Dewa dinilai bermuatan kaligrafi berbunyi “Allah.” FPI menilai hal itu tak pantas dicantumkan di sampul album Dewa.

Barang bukti Dewa 19 menginjak-injak kaligrafi Allah. (Istimewa/Liputan6.com)

Barang bukti Dewa 19 menginjak-injak kaligrafi Allah. (Istimewa/Liputan6.com)

FPI memandang Dewa menyalahgunakan lambang-lambang Islam untuk sampul kaset Dewa berjudul Laskar Cinta. Dewa juga dituding menginjak-injak karpet merah dengan kaligrafi bertuliskan Allah saat konser eksklusif Dewa di Trans TV.

Saat itu, Habib Rizieq dengan dikawal 50 orang dari sejumlah ormas Islam, antara lain Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia dan rombongan langsung menuju ke Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya melaporkan Dewa.

Namun Dewa merasa tidak bersalah dalam penggunaan lambang Islam di kasetnya. Dhani selaku komandan lantas mengultimatum Habib Rizieq untuk minta maaf dalam tempo 3X24 jam. Jika tidak, juga akan melakukan langkah hukum.

Singkat cerita, FPI dan Dewa menyudahi perkara ini. Dewa merevisi logo kontroversial Laskar Cinta itu dan mencetak ulang sampul albumnya. Dewa juga mematuhi saran MUI soal gambar di albumnya.

Joshua Suherman ke Cherly Chibi

Mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman, harus berurusan dengan polisi karena kasus dugaan penistaan agama. Pihak Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) telah melaporkan Joshua terkait materi stand-up comedy yang ditampilkan beberapa waktu yang lalu.

Perkaranya, Joshua Suherman membandingkan popularitas Anisa Rahma dengan Cherly. Keduanya pernah bergabung dalam girl band Cherrybelle.

“Dan yang gue bingung adalah Cherly ini, walaupun leader, dia gagal memanfaatkan kepemimpinannya untuk mendulang popularitas untuk dirinya sendiri,” kata Joshua saat open mic yang videonya telah tersebar luas.

“Terbukti, zaman dulu semua mata laki-laki tertujunya pada Annisa, Annisa, Annisa. Ya kan, semuanya Annisa? Padahal, skill nyanyi, ya… tipis-tipis, ya kan? Skill nge-dance, tipis-tipis. Cantik relatif, ya kan? Gue mikir,”Kenapa Annisa selalu unggul dari Cherly?”Ah, sekarang gua ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam!” lanjutnya sembari tertawa.

Sebagai kuasa hukum, Achmad Budi Prayoga menilai Joshua Suherman tidak menyinggung persoalan agama.

“Menurut kami, materi komik mereka sama sekali tidak menyinggung masalah agama. Sama sekali enggak ada. Bahkan menurut kami itu bagian kreativitas anak muda,” kata sang pengacara dilansir Liputan6.com, Selasa (9/1/2018).

Uus Nyinyir Habib Rizieq

Pada Sabtu 21 Januari 2017, pria bernama asli Rizky Firdaus Wijaksana ini mengomentari poster yang bertuliskan “Sehelai rambut Habib Rizieq jatuh, bukan berurusan dengan FPI, tapi dengan umat Islam” lewat Twitter dengan mengatakan bahwa sang Habib perlu shampoo baru agar rambutnya tak jatuh.

Uus lantas didesak minta maaf. Namun, Uus tampaknya menolak dan menulis sejumlah tweet kontroversial lain.

Emang Rizieq ulama? *booooom*” katanya di 21 januari 2017. “Aku kira pulo doang yang gadung. Ternyata ulama juga ada,” tambahnya.

Tweet-tweet tersebut langsung menuai kontroversi. Ujung-ujungnya, Uus pun dikabarkan dipecat dari dua pekerjaannya. Selama ini, stand up comedian satu ini menjadi pembawa acara Inbox di SCTV dan pengisi acara hiburan Opera Van Java (OVJ) di Trans 7.

Akibat tweetnya yang dianggap menghina ulama, banyak netizen yang meminta Uus tidak lagi tampil di Inbox mau pun OVJ. Puncaknya, pada 23 Januari 2017, Uus mengetweet bahwa dirinya tidak akan lagi tampil di dua acara yang telah membesarkan namanya tersebut.

Ini bukan pertama kalinya tweet Uus menimbulkan pro dan kontra. Uus sempat menuai kontroversi saat dirinya menghina sejumlah artis K-pop. Lalu ia juga dihujani hujatan lantaran mengkritik perempuan berhijab yang fanatik dengan K-pop.

Coki-Muslim

Duo Majelis Lucu (MLI) Aditya Muslim (Tretan Muslim) dan Reza Pardede (Coki Pardede) pernah menjadi bulan-bulanan cyber army lantaran video masak daging babi dicampur saus kurma.

Video Coki-Muslim memasak daging babi dicampur dengan kurma ada di akun Youtube Tretan Universe. Dia membuat konten video bernama Last Hope Kitchen yang tujuannya memasak tanpa harus mencicipi.

Dalam video itu, Muslim ingin memasak babi yang dinilai haram di agama Islam dicampur dengan kurma. Dia dan Coki Pardede juga seperti biasanya memberi lawakan terhadap suatu obyek.

Tretan Muslim dan Choki Pardede saat memasak daging babi saus kurma. (Istimewa/Youtube)

Tretan Muslim dan Choki Pardede saat memasak daging babi saus kurma. (Istimewa/Youtube)

Video memasak itu sudah hilang dari list channel Youtube Tretan Universe. Tapi video itu sudah diunggah ulang akun ustaz populer seperti Hanan Attaki hingga Derry Sulaiman. Hal itu berdampak terhadap komentar pedas netizen untuk Muslim dan Coki Pardede yang dinilai menistakan agama.

Bukan hanya itu, keduanya juga mendapat persekusi hingga ke orang-orang terdekat. Keduanya lantas sempat vakum hingga akhirnya kembali berkarya.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.